Cermat Memilih Alat Pendingin Ruangan, Kenali Dulu Beragam Tipenya di sini!
2017-02-14 17:43:16

Memilih produk elektronik yang cocok untuk kita gunakan memang tidak mudah. Termasuk memilih alat pendingin ruangan. Di tengah panasnya suasana Pilkada, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk memiliki atau memperbarui alat pendingin ruangan agar suasana kamar maupun tempat tinggalmu menjadi lebih sejuk. Nggak mau kan momen santai-santai di kamar kamu jadi kurang nyaman karena udara yang gerah?


Namun apakah kamu tahu jika jenis-jenis alat pendingin ruangan itu ternyata ada banyak lho! Tidak hanya air conditioner (AC) saja, tapi juga ada beberapa jenis lainnya. Apa sajakah? Simak di bawah ini yuk.

 

• Kipas angin

 jdnews kipas.jpg

Kipas angin merupakan barang yang kerap dijumpai hampir di setiap kamar dan ruangan .Alat ini memiliki banyak fungsi, namun salah satu fungsi utamanya adalah untuk menyejukkan udara. Kipas angin adalah bentuk dari alat pendingin ruangan yang paling sederhana. Terdiri dari beberapa sirip kipas yang berputar untuk menghembuskan udara. Dengan menggunakan kipas angin, kamu bisa merasakan kesejukan udara yang dihasilkan dari alat ini. Namun hati-hati ya, kalau kelamaan kena angin dari alat ini bisa-bisa kamu kena masuk angin.

 

Alat pendingin ruangan jenis ini cocok untuk kamu yang memiliki budget ngirit dan tidak memiliki daya listrik yang besar. Terutama bagi para anak kos yang memang daya listriknya terbatas untuk kamar mereka saja.

 

• Air cooler

 jdnews aircooler.jpg

Air cooler merupakan wujud kipas angin yang lebih canggih. Prinsip kerjanya serupa, yakni menyemburkan angin menggunakan sirip kipas, namun dengan tambahan komponen ice pack yang membuat angin tersebut terasa lebih dingin. Istilahnya ini adalah kipas angin rasa AC.  Selain ice pack, ada juga yang menggunakan air, biasanya disebut dengan evaporative cooler. Alat pendingin ruangan jenis ini cocok untuk kamu yang memiliki budget lebih tinggi namun ingin menghemat biaya listrik. 

 

• Air conditioner

 jdnews ac.jpg

Air conditioner atau biasa disingkat AC adalah sebuah alat pendingin ruangan yang banyak digunakan oleh masyarakat, terutama di daerah perkotaan. Alat ini tidak hanya digunakan di rumah saja lho, tapi juga di tempat umum seperti mal ataupun gedung kantor. AC memiliki dua unit yang terpisah, yakni unit outdoor dan indoor. Secara sederhana, unit outdoor berfungsi untuk menyedot udara dari luar ruangan yang nantinya akan dihembuskan oleh unit indoor setelah melalui beberapa tahap proses pendinginan udara.

 

Alat pendingin ruangan yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki budget berlebih dan memiliki daya listrik besar. Meskipun banderol harganya lebih mahal dibandingkan alat pendingin lainnya, namun AC memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah mengatur suhu ruangan yang kamu kehendaki, dimana hal ini tidak bisa dilakukan oleh alat lain.

 

• Air purifier

 jdnews air purifier.jpg

Sebenarnya alat yang satu ini tidak memiliki fungsi khusus untuk mendinginkan ruangan, namun lebih kepada melengkapi fungsi dari alat pendingin ruangan. Air purifier memiliki fungsi utama untuk menyaring udara kotor menjadi udara yang lebih bersih. Alat ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di kota-kota besar, dimana udara dari kota-kota tersebut biasanya sudah tercemar oleh asap kendaraan bermotor maupun asap pabrik. Dengan menggunakan alat ini, kualitas udara di ruangan kamu akan menjadi lebih baik dan tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan.

 

Pilihan kamu yang mana? 

Perlindungan Konsumen

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak sesuai dengan deskripsi atau berkualitas buruk

Jaminan Pengiriman

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak terkirim

Pembayaran Aman

Kami menghadirkan pilihan metode pembayaran yang aman dan bervariasi

Respon Cepat

Pertanyaan akan ditanggapi dalam waktu 24 jam

Jaminan Keaslian

Kami menjamin produk yang kami jual 100% bukan barang palsu