JD.ID Semakin Fokus Melayani Konsumen Perempuan di Indonesia
2017-08-04 10:49:46

JD.ID, sebuah perusahaan e-dagang yang terafiliasi dengan JD.com, toko online terbesar di Asia hari ini mengetengahkan kategori-kategori yang erat dengan keseharian kaum perempuan urban dalam balutan tema “Urban Sisterhood”—sebuah konsep berbagi dan bertukar informasi mengenai hal-hal penting seputar kehidupan perempuan urban yang perannya kian menjadi signifikan terutama dalam hal pengambilan keputusan, dan agen perubahan ke arah yang lebih baik. Terdapat lima kategori di JD.ID yang dihadirkan khusunya untuk konsumen perempuan, yaitu Ibu,bayi dan mainan; Fashion; Home living; Household dan Virtual voucher.

Foto 1.JPG

Kelima kategori ini diharapkan dapat membantu para perempuan menjalani gaya hidup urban masa kini yang menuntut segalanya untuk dapat tersedia secara praktis dan cepat. Sepanjang 2017, kelima kategori yang lekat dengan gaya hidup kaum perempuan urban ini telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan baik secara jumlah katalog produk maupun volume penjualan. Hal ini merupakan indikasi bahwa perempuan semakin melek teknologi dan memanfaatkan online shopping sebagai cara cerdas memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan data internal konsumen JD.ID yang diamati sepanjang 2017, dari sisi jender, hari Jumat adalah hari favorit pelanggan wanita untuk berbelanja aneka kebutuhan di JD.ID mulai dari kebutuhan rumah tangga, hingga aksesoris pelengkap lainnya, dan biasanya waktu sekitar jam 12 hingga jam 1 siang adalah momen yang dimanfaatkan pelanggan wanita untuk melakukan transaksi di JD.ID, dengan nilai rata-rata belanja di keranjang belanja sebesar Rp 2,1 juta per bulan Juli 2017 lalu, atau rata-rata sekitar Rp 2.4 juta sepanjang tahun 2017 ini saja.

 “Di JD.ID selama ini perbandingan pelanggan pria dan wanita hampir selalu 2 berbanding 1, sementara di saat yang sama kami melihat gejala peningkatan pelanggan perempuan seiring dengan bertambah dan bertumbuhnya kelima kategori yang kami punya. Ini sesuai dengan tren dunia yang makin mengakui dan mencatat peranan perempuan terutama di kawasan urban menjadi fakta yang tak terbantahkan. Bagi kami di JD.ID, ini lah momentum yang baik untuk memberikan pelayanan dan fokus pada kebutuhan kaum perempuan yang memiliki banyak peranannya ini. JD.ID kami harap bisa menjadi new online shopping destination bagi perempuan urban, karena semua kebutuhan bisa didapatkan di sini.” ujar Teddy Arifianto, Head of Corporate Communication & Public Affairs JD.ID.

DSC03078.JPG

Kategori Moms, Baby, and Toys merupakan kategori yang sudah cukup lama hadir di JD.ID dan menjadi salah satu yang paling populer. Kategori ini menyediakan kebutuhan sehari-hari untuk Ibu dan bayinya seperti popok, susu, makanan bayi, segala kebutuhan ibu, bayi, dan anak, dekor kamar si kecil, dan juga mainan anak.

Sedangkan untuk kategori Fashion, hanya dalam waktu 6 bulan sejak diluncurkan pada Februari 2017, telah memiliki lebih dari 100.000 SKU yang terdiri dari beberapa sub kategori seperti diantaranya: Pakaian, Baju Muslim, Pakaian Anak, Tas, Sepatu, Aksesoris, dan Kebutuhan Traveling. Kategori Fashion banyak berkolaborasi dengan designer-designer ternama seperti Itang Yunasz dan Rani Hatta untuk memperkaya koleksinya.

Sementara itu, di kategori Home Living dan Household terdapat 6000+ SKU yang terdiri dari berbagai pilihan mulai dari Bedsheet, Tableware, GlasswareCookware, dan juga Home Décor. Brand-brand besar seperti King Koil dan Luminarc telah hadir di kategori ini. Inovasi kategori Home Living tidak hanya dalam bentuk partnership dengan brand besar, saat ini kategori Home Living tengah sibuk mengembangkan private label di bawah brand JD.ID agar konsumen bisa mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Beberapa merek seperti Joysleep dan Joyliving sudah bisa dibeli di JD.ID saat ini.

Salah satu kategori baru yang baru muncul di JD.ID adalah Virtual Category yang menyediakan beragam voucher diskon, layanan pembelian tiket pesawat (bekerja sama dengan Traveloka), tiket bioskop, tiket konser & event, serta pulsa. Saat ini, kategori Voucher telah menyediakan voucher diskon dari lebih dari 200 tenant favorit di seluruh Indonesia. Dengan adanya kategori ini, JD.ID berharap agar konsumen bisa menjangkau serta menikmati layanan dan hiburan terbaik dengan harga hemat.

DSC02996.JPG

“Kami percaya dengan konsep sisterhood yang mengusung 4 tahapan: Inspire – Involve – Engage dan Empower, para perempuan bisa lebih saling berbagi informasi mengenai tren, aneka kebutuhan yang dekat dengan keseharian mereka akan mampu lebih berperan lebih baik lagi mengawal dan menghadirkan generasi berkualitas penerus bangsa ini,” tambah Teddy.

Perlindungan Konsumen

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak sesuai dengan deskripsi atau berkualitas buruk

Jaminan Pengiriman

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak terkirim

Pembayaran Aman

Kami menghadirkan pilihan metode pembayaran yang aman dan bervariasi

Respon Cepat

Pertanyaan akan ditanggapi dalam waktu 24 jam

Jaminan Keaslian

Kami menjamin produk yang kami jual 100% bukan barang palsu