Tips Menghindari Jebakan Lost Mode dan EFI Lock untuk Pengguna iOS dan Mac OS
2017-08-18 13:39:17

Belum lama ini, para pengguna perangkat Apple ramai membicarakan tentang adanya serangan ‘Lost Mode’ di iOS (iPhone dan iPad) serta ‘EFI Lock’ di Mac OS (iMac, MacBook, dan Mac Pro). Serangan ini mengakibatkan perangkat Apple yang dimiliki oleh pengguna terkunci secara tiba-tiba dan terjebak di halaman ‘Lost Mode’ atau ‘EFI Lock’ tersebut. Pada halaman tersebut, pengguna juga diberikan informasi untuk menghubungi sebuah email yang selanjutnya akan dimintai tebusan senilai 50 dolar AS dalam bentuk Bitcoin.

iphone1.jpg

Tidak sedikit pengguna perangkat Apple di Indonesia yang menjadi korban serangan ini. Jika kamu pemilik dari perangkat iPhone maupun iPad yang menjadi korban serangan ini, kamu masih bisa melakukan restore perangkat kamu melalui iTunes. Namun jika kamu pengguna perangkat iMac, MacBook, dan Mac Pro, mau tidak mau kamu harus membawa perangkat kamu ke service center dan apesnya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit agar perangkat kamu dapat kembali normal.

Agar kamu tidak menjadi korban dari serangan ini, JD.ID akan membagikan beberapa tips untuk kamu agar dapat menghindari jebakan ‘Lost Mode’ dan ‘EFI Lock’. Simak tipsnya di bawah ini.

1. Hati-hati terhadap email phising

Salah satu metode yang kerap dilakukan oleh para hacker untuk merebut akun iCloud/Apple ID pengguna adalah melalui email phising. Metode ini dilakukan dengan cara mengirimkan email palsu yang mengatasnamakan Apple dan akan mengarahkan kamu ke laman iCloud/Apple ID palsu yang dibuat menyerupai laman aslinya. Jika kamu tidak waspada dan terpancing untuk memasukkan email dan password di laman tersebut, maka sang hacker telah berhasil untuk merebut akun milik kamu.

2. Gunakan password berbeda

Penggunaan password yang sama antara satu akun dengan akun lainnya juga memperbesar peluang hacker untuk merebut akun milik kamu. Maka dari itu, disarankan kamu menggunakan password iCloud/Apple ID yang berbeda dengan password akun lainnya, seperti akun email, Facebook, Instagram, dll.

3. Buatlah kombinasi password yang sulit ditebak

Mungkin tidak sedikit dari kamu yang membuat kombinasi password sederhana agar mudah diingat. Contohnya seperti tanggal lahir, tanggal jadian, maupun kombinasi nama kamu dan pasangan. Sebenarnya hal tersebut sangat tidak disarankan, mengingat kombinasi tersebut sangat mudah untuk ditebak oleh hacker. Disarankan untuk membuat kombinasi password yang sulit untuk ditebak, seperti password dengan terdiri dari angka, huruf kapital, huruf kecil, dan simbol.

4. Matikan fitur Find my iPhone/Find my Mac

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari jebakan ‘Lost Mode’ dan ‘EFI Lock’ adalah dengan mematikan fitur ‘Find My iPhone’ atau ‘Find My Mac’. Kedua fitur inilah yang digunakan oleh hacker untuk mengunci perangkat yang kamu miliki. Cara mematikannya pun cukup mudah.

  • Find My iPhone

Buka menu Settings, lalu tap Apple ID. Di dalamnya kamu akan menemukan iCloud. Buka menu tersebut lalu scroll ke bawah, dan tap ‘Find my iPhone’. Lalu ubahlah pilihan tersebut menjadi ‘Off’. Kamu akan diminta untuk memasukkan password Apple ID untuk melakukannya.

  • Find My Mac

Klik logo Apple, lalu masuk ke menu ‘System Preferences’. Klik pada iCloud dan hilangkan tanda centang pada ‘Find My Mac’.

iphone2.jpg

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari jebakan ‘Lost Mode’ dan ‘EFI Lock’ yang masih menghantui para pengguna perangkat Apple di Indonesia saat ini. Jika kamu ingin membeli perangkat Apple seperti iPhone, iPad, MacBook, MacBook Pro, ataupun iMac, kamu bisa mengunjungi laman JD.ID untuk menemukan beragam pilihan produk Apple original dengan harga terbaik, pengiriman cepat, dan tentunya kemudahan transaksi karena JD.ID memiliki berbagai macam metode pembayaran.


Referensi dari gentlemancode.id, makemac.com, dan macpoin.com.

Perlindungan Konsumen

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak sesuai dengan deskripsi atau berkualitas buruk

Jaminan Pengiriman

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak terkirim

Pembayaran Aman

Kami menghadirkan pilihan metode pembayaran yang aman dan bervariasi

Respon Cepat

Pertanyaan akan ditanggapi dalam waktu 24 jam

Jaminan Keaslian

Kami menjamin produk yang kami jual 100% bukan barang palsu