Beranda > Kebijakan Purna Jual

Kebijakan Purna Jual


Jika situasi di bawah ini terjadi, layanan purna jual JD.id berjanji bahwa pelanggan dapat mengembalikan produk yang sudah dibeli dan mendapatkan pengembalian uang dengan cara mengirimkan aplikasi pengembalian secara online. Namun hal ini hanya dapat dilakukan dalam waktu 7 hari sejak tanggal pelanggan menerima produk kami.


Kriteria spesifik dalam pengembalian produk adalah sebagai berikut:

Kategori

Deskripsi Spesifik

Apakah termasuk dalam kategori 7 hari pengembalian

Apakah akan dikenakan biaya  pengiriman

Tips

Kemasan belum dibuka

Kemasan logistik telah dibuka, namun kemasan produk belum dibuka dan masih lengkap

Ya

Tidak

Kegagalan fungsional atau terdapat  masalah dalam kualitas produk

Departemen purna jual JD.id memastikan bahwa permasalahan terdapat pada kualitas produk.

Ya

Tidak


Kesalahan JD.id, seperti kerusakan saat pengiriman, aksesoris produk tidak lengkap, atau tidak cocok dengan deskripsi produk yang tertera di website.

Kerusakan saat pengiriman merujuk pada kerusakan, kebocoran, dan kegagalan fungsional yang disebabkan oleh proses pengiriman yang perlu diverifikasi oleh departemen purna jual JD.id.
Aksesoris produk tidak lengkap merujuk pada tidak lengkapnya aksesoris original dari produk. 

Ya

Tidak

Dalam proses pemeriksaan oleh JD.id, kami mungkin akan meminta anda untuk mengirimkan foto produk asli atau konfirmasi/sertifikasi dari staf logistik, agar staff purna jual kami dapat mengambil keputusan tepat waktu dan mempercepat prosesnya.

Lainnya

Alasan lainnya kecuali tiga alasan di atas,seperti alasan personal yang menyebabkan pengembalian produk, dengan syarat produk dalam kondisi baik dan lengkap.

Ya

Ya

Anda harus membayar biaya pengiriman  untuk mengembalikan produk ke JD.id, biaya pengiriman merujuk pada standar biaya pengiriman.


Tips:

1. Aturan untuk menentukan tanggal pengiriman aktual:


1) Pengantaran memakai JD.id express delivery atau pengambilan pesanan sendiri: menggunakan tanggal tanda tangan pelanggan;


2) Pengantaran selain JD.id delivery, menggunakan tanggal aktual yang tertera dalam platform logistik pihak ketiga. Jika logistik pihak ketiga tidak dapat memberikan tanggal penerimaan aktual, maka staff layanan pelanggan JD.id akan mendiskusikan dengan pelanggan untuk menentukan tanggal penerimaan berdasarkan jarak dan faktor lainnya.


2. Jika produk dalam kondisi baik dan tidak memiliki masalah, garansi JD.id adalah anda dapat

    mengembalikan produk dalam waktu 7 hari sejak tanggal penerimaan, dengan catatan anda

    setuju untuk membayar biaya pengiriman.


Catatan khusus, kondisi-kondisi di bawah ini tidak dapat dikategorikan sebagai kondisi pengembalian produk:


1) Produk apapun yang bukan dijual oleh JD.id (nomor seri tidak cocok);


2) Produk yang telah melewati masa garansi;


3) Pemeliharaan atau reparasi yang tidak terotorisasi, kesalahan penggunaan, terjatuh, kemasukan cairan, kecelakaan, kesalahan instalasi, dan sebagainya yang menyebabkan permasalahan dalam kualitas produk,serta merubah atau merusak stiker garansi, nomor seri atau tanda keaslian;


4) Tidak dapat melampirkan faktur, kartu garansi dan sertifikat garansi lainnya atau kartu garansi tidak sesuai dengan produk;


5) Hal lainnya yang tidak sesuai dengan kebijakan pengembalian.


Tips: dalam prosedur pengembalian, kami akan mengurangi porsi promosi pada saat melakukan pembelian. Contohnya jika pembelian produk menggunakan poin reward, maka kami akan mengurangi porsi poin reward untuk pengembalian dana.


Garansi Layanan Purna Jual untuk Komoditas Ritel


- Layanan online. Anda dapat masuk ke halaman website www.jd.id dan mengirimkan formulir aplikasi layanan online dari halaman “JD.id saya”, dan staff kami akan melakukan pemeriksaan secepatnya.


- 7 hari x 10 jam kerja. Jam Kerja Layanan Purna Jual JD.ID adalah Senin-Minggu, 9:00 – 12:00, 13:00 – 20:00.


- Layanan konsultasi hotline. Dalam jangka waktu garansi, jika anda perlu melakukan konsultasi dengan Layanan Pelanggan kami, silahkan hubungi layanan hotline kami di 021-6330202 atau 021-6330101 pada hari:


- Senin - Jumat, jam 08:00 - 21:00,

- Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional, jam 08:00 - 17:00.


- Konsultasi online. Jika anda memiliki pertanyaan, anda dapat klik pada logo “Hubungi layanan pelanggan online JD.id”, dengan waktu layanan:


- Senin - Jumat, jam 09:00 - 21:00,

- Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional, jam 08:00 - 17:00.


- Waktu pengerjaan layanan purna jual. Kami berjanji untuk memproses prosedur pengembalian dalam waktu 5 hari setelah kami menerima pengembalian produk anda.


JD.id berpedoman pada “utamakan pelanggan, utamakan kejujuran” dan target utama kami adalah “untuk membuat belanja lebih mudah dan menyenangkan!”, dengan memberikan pelanggan kami produk dan layanan dengan kualitas yang terbaik. Oleh karena proses produksi atau alasan logistik gudang, beberapa produk elektronik yang kami jual mungkin akan mengalami masalah saat diterima atau digunakan. JD.id tidak menjamin bahwa semua produk yang kami jual akan sempurna, tetapi kami menjamin bahwa semua produk yang dijual adalah produk asli/otentik dan baru, dan kami memberikan proteksi purna jual yang formal. Kami menjamin kualitas produk kami, jika anda meragukan kualitas produk kami, silahkan mengirimkan kepada kami penilaian tertulis dari produsen atau pihak yang berwenang. Kami akan merespon sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku. Tetapi untuk setiap tindakan penipuan, JD.id akan tetap menggunakan haknya untuk menuntut sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku. Aturan ini harus ditafsirkan sesuai dengan peraturan hukum dan perundangan yang berlaku dan sesuai dengan peraturan dan regulasi JD.id.

Perlindungan Konsumen

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak sesuai dengan deskripsi atau berkualitas buruk

Jaminan Pengiriman

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak terkirim

Pembayaran Aman

Kami menghadirkan pilihan metode pembayaran yang aman dan bervariasi

Respon Cepat

Pertanyaan akan ditanggapi dalam waktu 24 jam

Jaminan Keaslian

Kami menjamin produk yang kami jual 100% bukan barang palsu