Beranda > Biaya dan Jaminan Pengiriman

Secara umum, produk yang dijual JD.id dibedakan menjadi 2 (dua) jenis berdasarkan ukuran dan berat dari produk tersebut, yakni produk ukuran kecil dan produk ukuran besar. Untuk lebih jelasnya, silakan cek perbedaan kedua jenis tersebut dibawah ini:

 

1) Produk kecil

Jenis produk ini ada di seluruh kategori produk yang dijual JD.id. Umumnya jenis produk ini memiliki ukuran dan berat yang kecil dan mudah untuk dikemas serta dikirimkan. Karena tidak membutuhkan perlakuan khusus dalam pengiriman produknya, jenis produk ukuran kecil ini memiliki kebijakan ongkos kirim yang berbeda dari jenis produk ukuran besar.

 

2) Produk besar

Jenis produk ukuran besar yang dijual langsung JD.id pada umumnya ada pada 3 kategori produk. Jenis produk ini membutuhkan penanganan khusus dalam proses pengemasan dan pengirimannya karena ukuran dan berat produknya, sehingga untuk penghitungan ongkos kirimnya memiliki kebijakan khusus. Berikut ini kategori produk yang termasuk jenis produk besar:



3.png



* kategori di atas adalah kategori yang memiliki lebih banyak produk ukuran besar daripada kategori lainnya, tapi tidak semua produk dalam kategori ini merupakan produk ukuran besar.


Catatan: Produk yang dijual oleh seller yang bekerjasama dengan JD.id dapat tergolong dalam jenis produk ukuran kecil atau produk ukuran besar. Ongkos kirim produk yang dijual seller memiliki kebijakan yang berbeda dengan produk ukuran kecil dan produk ukuran besar yang dijual langsung oleh JD.id, cek pada halaman checkout pesanan Anda untuk mengetahui biaya pengiriman produk terkait.



Seperti Apa Kebijakan JD.id Untuk Ongkos Kirim Produk Kecil?



Kebijakan ongkos kirim bagi jenis produk ukuran kecil mengikuti ketentuan berikut ini (kecuali untuk wilayah pengiriman khusus):



1.png



Untuk lebih jelas, Anda dapat melihat contoh simulasi pembelanjaan produk ukuran kecil di JD.id berikut ini:



2.png



Seperti Apa Kebijakan JD.id Untuk Ongkos Kirim Produk Besar?



Kebijakan ongkos kirim bagi jenis produk ukuran besar mengikuti ketentuan berikut ini (kecuali untuk wilayah pengiriman khusus):



4.png



Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat contoh simulasi perhitungan ongkos kirim dari pembelanjaan produk ukuran besar berikut ini:



5.png



Seperti Apa Kebijakan JD.id Untuk Ongkos Kirim Produk Seller?



Untuk produk yang dijual langsung oleh penjual lokal dan global, besaran biaya pengiriman yang dikenakan akan disesuaikan dengan pembelanjaan minimum dan bisa dicek pada halaman checkout saat proses pemesanan. Berikut ini kebijakan ongkos kirim produk seller di JD.id:

 

a. Potongan biaya pengiriman sebesar Rp 10.000 akan diberikan untuk transaksi dengan akumulasi nominal pembelanjaan produk seller sebesar ≥ Rp 50.000 sampai dengan < Rp 90.000.


b. Potongan biaya pengiriman sebesar RP 20.000 akan diberikan untuk transaksi dengan akumulasi nominal pembelanjaan produk seller sebesar ≥ RP 90.000.


c. Ketentuan ini berlaku untuk pembelian produk-produk dari satu seller atau seller berbeda dalam satu kali transaksi, potongan biaya pengiriman tidak berlaku apabila pesanan merupakan gabungan produk seller lokal dan global.



Apakah kebijakan biaya pengiriman JD.id berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia?



Untuk produk yang disediakan dan dijual langsung oleh JD.id, pengiriman ke wilayah tertentu akan dikenakan ongkos kirim berdasarkan ukuran produk, berat, jarak dan tidak mendukung metode pembayaran COD. Untuk tarif ongkos kirim dan detail kota pengiriman khusus, silakan lihat pada tabel berikut ini:


1. Ongkos Kirim


Ongkos kirim produk kewilayah pengiriman khusus berbeda dengan wilayah lainnya, berikut ketentuannya:



6.png



Untuk lebih jelasnya, silakan cek simulasi perhitungan ongkos kirim berikut ini:



7.png



3. Area



8.png




Apakah JD.id Menjamin Pengiriman Pesanan Saya?



1) Selama produk yang Anda pesan belum diterima, maka produk tersebut masih menjadi tanggung jawab JD.id dan pihak pengiriman. Apabila terdapat kendala pada produk yang diterima, Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan kami dalam waktu 2x24 jam sejak penerimaan produk.


2) Ketika Anda melakukan pemesanan, Anda harus memastikan bahwa nama penerima, alamat pengiriman, dan kontak yang dapat dihubungi sudah sesuai. Karena apabila Anda telah memproses pemesanan, maka Anda tidak dapat melakukan perubahan atas informasi tersebut dengan alasan apapun.


3) Ada atau tidaknya potongan biaya pengiriman pada pesanan Anda dapat dilihat pada jumlah biaya pengiriman Anda yang tertera pada halaman checkout, yaitu sebelum Anda mengonfirmasi untuk melakukan pembayaran pesanan.

Perlindungan Konsumen

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak sesuai dengan deskripsi atau berkualitas buruk

Jaminan Pengiriman

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak terkirim

Pembayaran Aman

Kami menghadirkan pilihan metode pembayaran yang aman dan bervariasi

Respon Cepat

Pertanyaan akan ditanggapi dalam waktu 24 jam

Jaminan Keaslian

Kami menjamin produk yang kami jual 100% bukan barang palsu