Beranda > Pengembalian Produk dan Dana

Layanan Pengembalian Dana JD.ID 


Kami menunjang pengembalian dana dalam waktu 7 hari


Keterangan Umum


Dari tanggal pertama pelanggan menerima barang dari JD.ID, kami menunjang pengembalian dana dalam jangka waktu 7 hari


Gratis biaya pengiriman barang kembali, pengembalian dana penuh kepada pelanggan dengan ketentuan seperti dibawah ini:


1. Biaya pengiriman kembali barang: dapat reimburse ke JD.ID jika barang yang dikirim disebabkan oleh masalah salah kirim barang dan/atau kerusakan fungsi dan fisik barang saat diterima.


2.Produk harus terdapat kemasan original dan terdapat invoice 


3.Pastikan terlebih dahulu seluruh perlengkapan dan aksesoris yang terdapat dalam produk telah lengkap; jika dokumen atau invoice hilang, pelanggan bisa menuliskan kembali nomor order dan alasan pengembalian dana di selembar kertas dan dikirim kembali bersama barang yang ingin dikembalikan, akan tetapi dimohon untuk tidak menempelkan kertas tersebut diatas produk, untuk menghindari rusak atau cacat pada produk.


4.Pengembalian produk yang butuh penanganan khusus: Peralatan rumah tangga berukuran besar, furnitur rumah, produk elektronik, perhiasan emas,  jam tangan dan high-end watches and produk fashion yang telah memenuhi kondisi bahwa produk yang bersangkutan tidak rusak dan tidak pernah digunakan sebelumnya, semua aksesoris masih lengkap dan kemasan masih dalam keadaan rapi, maka produk tersebut dapat dikembalikan dalam jangka waktu 7 hari. 


Selain masalah kualitas barang, kondisi barang seperti apa yang harus memenuhi syarat agar bisa didaftarkan pada “Jaminan pengembalian dana dalam 7 hari":


1. Peralatan rumah tangga berukuran besar: Barang dalam kondisi bagus, dan semua dokumen / invoice dalam keadaan lengkap serta belum digunakan sebelumnya


2. Furniture rumah berukuran besar: Semua barang dalam kondisi bagus, dan semua dokumen / invoice dalam keadaan lengkap serta belum digunakan sebelumnya.  


3. Barang-barang elektrik; Semua barang dalam kondisi bagus, tidak ada tanda perbaikkan oleh pihak luar, sudah dimodifikasi, perubahan sertifikat barang dan instruksi stiker barang, serta nomor serial pada barang,  tidak meninggalkan bekas pada penampilan produk yang akan mempengaruhi prosess restorasi atau aktivasi data, autorisasi informasi pengguna serta meninggalkan jejak data personal.   


4.Perhiasan dan aksesoris wanita; Semua barang dalam kondisi yang bagus, sertifikat barang lengkap dan tidak ada tanda pemakaian sebelumnya.


5.Jam tangan; Semua barang dalam kondisi yang bagus, tali strap jam tangan tidak pernah di modifikasi sebelumnya, dan plastik segel dalam keadaan belum dilepas. 


6.Produk Fashion; Semua produk dalam keadaan utuh, tidak ada tanda penggunaan sebelumnya, dan semua aksesories harus lengkap. 


7.Pakaian dalam, kaus kaki, dan barang personal lainnya; Barang masih dalam keadaan segel dan kemasan asli tidak rusak. (Catatan: Jika barang yang dikembalikan tidak memenuhi syarat dan kondisi 7 hari pengembalian dana, maka barang akan dikembalikan lagi ke alamat pelanggan)



proses pengembalian produk-02.jpg


Alamat pengiriman untuk pengembalian produk :

Gedung JD.id Lantai 1

UP: Team After-Sales
Jl. Biak No.46, Cideng, Gambir
Jakarta Pusat 10150

No Pesanan: [Isi No Pesanan]

 


Mengisi Form Pengembalian


1.      Di halaman website JD.id, masuk ke “Akun Saya”




2.      Klik “Purna jual saya”, pilih barang dan klik tombol “Pengajuan”




3.      Pilih kategori pelayanan


- Perbaiki

- Tukar Barang

- Pengembalian Dana

 

4.      Isi informasi yang dibutuhkan, dan jika perlu Anda dapat melengkapi dengan mengisi tabel “Keterangan” dan mengunggah gambar untuk memudahkan penjelasan.



5.      Klik tombol “Kirim”


6.      Selesai



Syarat dan Ketentuan


Selain masalah kualitas, kondisi khusus seperti apakah yang memenuhi syarat dibawah ini agar bisa diproses ke "Jaminan pengembalian dana dalam 7 hari"


                                    image.png 


Konsumen dapat mengembalikan produk dengan alasan berikut:


No

Alasan Pengembalian Produk

Pengembalian Dana

(jaminan 7 hari setelah produk diterima konsumen)

Tukar Unit

(jaminan 15 hari setelah produk diterima konsumen)

1

Produk rusak (fisik/fungsi)

//findicons.com/files/icons/2256/hamburg/32/check.png

//findicons.com/files/icons/2256/hamburg/32/check.png

2

Produk tidak sesuai dengan deskripsi atau tidak lengkap

//findicons.com/files/icons/2256/hamburg/32/check.png

//findicons.com/files/icons/2256/hamburg/32/check.png

3

Pengiriman produk melebihi waktu pengiriman yang dijanjikan

(produk masih disegel)

//findicons.com/files/icons/2256/hamburg/32/check.png

 

4

Pembatalan transaksi

(produk masih disegel)

//findicons.com/files/icons/2256/hamburg/32/check.png

 

 

Untuk kategori produk tertentu yang termasuk dalam "Berubah pikiran tidak diperkenankan" atau “Pembatalan/ Pengembalian” dengan alasan apapun, ketentuan tambahannya tercantum di bawah ini:


No.

Kategori

Berubah pikiran tidak diperkenankan/ Pembatalan dan Pengembalian.

1.

Media, Musik & Buku

eBooks, surat kabar, majalah, journal

Download digital (video game, software, film, lagu)

2.

Fashion

Lingerie & Pakaian tidur, shapewear, Pakaian dalam wanita/ Pria, kaus kaki & celana ketat wanita

Pakaian renang

Perhiasan (Anting, Aksesori rambut, Tangan, leher ),Jam Tangan.

3.

Olahraga & Outdoor

Pakaian dalam, Pakaian renang and kaus kaki

4.

Ibu & Anak

Susu Formula & Makanan bayi, Popok bayi, Pakaian dalam

5.

Perkakas DIY & Outdoor

Cat

6.

Makanan & Minuman

Bahan masakan & kue

Minuman

Makanan sarapan

Permen & Coklat

Es krim

Makanan kaleng, makanan kering & kemasan

Bingkisan makanan & parsel

 

7.

Otomotif

Kendaraan bermotor, Ban, Suku Cadang Motor, Velg Mobil, Apparel Motor (Helm, Jaket & Decker, Jas hujan,

Sarung tangan) Parfume, Pembersih Mobil, Oli & Pelumas.

8.

Kesehatan & Kecantikan

Make-up, Parfum, Perawatan tubuh & Spa, Perawatan wajah, Farmasi & Suplemen Kesehatan

9.

Lainnya

Toner, Inkjet, Tiket, Voucher, Pulsa isi ulang, Jasa/ Layanan, Pre-paid Game Cards

10.

Produk Luar Negeri

 

11.
Luxury
Tas, Small Leather Goods, Aksesoris, Baju, Sepatu, Jam, Perhiasan, Lifestyle, Semua produk kecantikan

 

Kondisi produk yang tidak dapat dikembalikan


1. Kendala dan kerusakan produk yang disebabkan oleh pengiriman, telah lewat 2x24 jam dari waktu penerimaan.

2. Produk yang bukan dijual oleh JD.id (Serial Number/ IMEI tidak cocok).

3. Produk yang sudah melewati masa garansi.

4. Pemeliharan atau reparasi yang tidak terotorisasi, kesalahan penggunaan, terjatuh, terkena cairan, kecelakaan,

    kesalahan instalasi, dan sebagainya yang menyebabkan permasalahan dalam kualitas produk, serta merubah atau

    merusak stiker garansi, nomor seri, atau tanda keaslian.

5. Tidak dapat melampirkan faktur, kartu garansi, dan sertifikat garansi lainnya, atau kartu garansi tidak sesuai dengan produk.

6. Kelengkapan produk tidak sesuai dengan pada saat dikirimkan termasuk dus, aksesoris dan free gift.

7. Kategori produk Kecantikan dan Kesehatan.

8. hal-hal lain yang tidak sesuai kebijakan pengembalian.


Syarat dan Ketentuan Penukaran Produk Fashion, Sport dan Lifestyle*


- Produk tidak dibeli dengan diskon 50% atau lebih

- Produk yang dikembalikan belum digunakan dan masih dalam kondisi aslinya lengkap dengan label harga dan tanpa kerusakan termasuk noda, jahitan yang rusak, kancing yang hilang, benang yang mengendur, atau kondisi lainnya yang membuat produk tersebut dianggap cacat atau rusak.

- Kotak/bungkus dari brand/produk dalam kondisi aslinya dan lengkap dengan benda pelengkap dagangan lainnya seperti karton/gantungan baju/stiker/pita/tali/poly bag/plastic dan benda lainnya yang merupakan bagian dari keseluruhan pembungkus produk.


*semua ketentuan penukaran di atas tidak berlaku untuk barang impor dari luar negeri 


Perbaiki


Tiap produk memiliki ketentuan garansi sesuai keterangan yang tertera pada informasi produk, seperti kartu garansi yang ada dalam kemasan produk, keterangan garansi pada buku manual, website resmi produk, dsb.


Selama masa garansi produk, pembeli dapat mengajukan perbaikan untuk produk yang dibeli di JD.id, dengan membawa produk langsung ke service center resmi dari produk, atau konsumen dapat membawa ke kantor JD.id untuk kemudian dibantu perbaikan di service center resmi.

 

Pengembalian Dana


Pengembalian dana dilakukan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan ketika konsumen melakukan transaksi seperti yang tertera pada tabel di bawah ini:


image.png

Untuk metode pengembalian dana ke rekening konsumen, silahkan informasikan detail rekening bank Anda ke Customer Service JD.id:

Telepon               : 1500 618 (khusus pengguna XL, hubungi 021-1500 618)

Live Chat            : www.jd.id atau Apps JD.id

 

Klaim Biaya Pengiriman


Klaim biaya pengiriman tidak berlaku untuk alasan “Pengiriman produk melebihi waktu pengiriman yang dijanjikan” dan “Pembatalan transaksi”.

Silahkan kirimkan foto/scan/copy bukti pengiriman/airway bill ke Live Chat kami.


Alamat pengiriman untuk pengembalian produk : 


Jakarta :

Gedung JD.id Lantai 1 
Jl. Biak No.46, Cideng, Gambir Jakarta Pusat 10150 

UP : Team After-Sales
No Pesanan : [Isi No. Pesanan]


Telepon : +62 822 98611111

Jam kerja : Senin – Jumat, Jam 09:00 – 17:30, Sabtu dan Minggu, Jam 09:00 – 14:00

e-mail: aftersale@jd.id


Surabaya :

Komplek Pergudangan Multi Bulagon Makmur 

Jl. Raya Bareng No. 111 Ds. Sidorejo Krian Kab. Sidoarjo, Jawa Timur           

Up : Team After-Sales                                                             

No Pesanan : [Isi No. Pesanan]


Pontianak :

Komplek Pergudangan Prima Lestari Blok D.3

Jl. Trans Kalimatan Dusun Sela, Desa Durian RT 001 / RW 001

Kabupaten Kubu Raya, Kalimatan Barat

Up : Team After-Sales

No Pesanan : [Isi No. Pesanan]


Customer Service JD.id

Telepon               : 1500 618 atau 021 8062 7007

Live Chat             : www.jd.id atau dari Aplikasi JD.id

Twitter                 : @cs_jdid

Jam Kerja            : Senin - Minggu ( 24 Jam )


Perlindungan Konsumen

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak sesuai dengan deskripsi atau berkualitas buruk

Jaminan Pengiriman

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak terkirim

Pembayaran Aman

Kami menghadirkan pilihan metode pembayaran yang aman dan bervariasi

Respon Cepat

Pertanyaan akan ditanggapi dalam waktu 24 jam

Jaminan Keaslian

Kami menjamin produk yang kami jual 100% bukan barang palsu