Beranda > Pengembalian Produk dan Dana

Layanan Pengembalian Produk & Dana JD.ID 



Bagaimana mekanisme pengembalian produk di JD.id?



Produk yang dijual di JD.idberada dalam jaminan 7 hari pengembalian dan 14 hari pengembalian, tergantung pada layanan pengembalian yang tersedia. Berikut ketentuan layanan pengembalian JD.id:


Tabel.png


CATATAN: Penghitungan dimulai sejak tanggal Anda menerima barang sampai tanggal Anda mengajukan pengembalian barang, baik melalui Akun JD.id maupun laporan kelayanan pelanggan kami, atau sampai paket pengembalian Anda sampai ke alamat pengembalian kami.


Syarat dan Ketentuan Umum Pengembalian Produk


1) Produk yang dikembalikan merupakan produk yang dijual di JD.id (serial number/IMEI cocok).

2) Produk yang dikembalikan masih dalam ketentuan periode pengembalian atau masa garansi.

3) Sertakan bukti pembelian di JD.id (nomor pesanan, invoice atau faktur pembelian).

4) Isi pengajuan formulir pengembalian di Akun JD: ‘Pesanan Saya’ kemudian klik produk yang ingin dikembalikan, lalu pilihPurna Jual’.

5) Alasan dan syarat pengembalian harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku (lihat tabel pada bagian: "Apakah produk yang saya terima dapat saya kembalikan?")

6) Alasan pengembalian produk dengan kendala dan kerusakan produk yang disebabkan oleh pengiriman hanya dapatdiajukan dalam waktu 2x24 jam setelah barang diterima; lebih dari itu JD.idtidak akan memproses pengajuan pengembalian.

7) Alasan pengembalian produk dengan kendala dan kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan,terjatuh, terkena cairan, kecelakaan, kesalahan instalasi, pemeliharaan atau perbaikan yang tidak ter-otorisasi, yang mengubah atau merusak stiker garansi,nomor seri, dan tanda keaslian; tidak dapat diproses pengajuan pengembalian.

8) Untuk memudahkan proses pemeriksaan produk yang dikembalikan,apabila berupa gadget atau perangkatyang dilengkapi dengan kata sandi (password) mohon pastikan untuk unlock atau menghapus kata sandi tersebut sebelum dikirim ke alamat pengembalian kami.

9) Pengajuan pengembalian produk tidak berlaku untuk kategori produk Kecantikan dan Kesehatan.

10) Jika terdapat syarat dan ketentuan lain yang ditentukan pada halaman deskripsi atau halaman promosi mengenai kebijakan pengembalian produk, maka yang dinyatakan berlaku adalah syarat dan ketentuan yang terdapat pada halaman deskripsi atau halaman promosi tersebut.



Apakah produk yang saya terima dapat saya kembalikan?



Produk yang Anda terima dapat dikembalikan karena beberapa kondisi tertentu, Anda dapat mengetahui keterangan lengkap pada tabel dibawah ini:


Tabel 2.png


*Pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran tidak berlaku untuk semua jenis produk. Lihat tabel dibawah untuk mengetahui kategori produk yang tidak dapat dikembalikan karena alasan berubah pikiran:


Tabel 3.png


CATATAN:

1) Apabila pengembalian barang Anda dinyatakan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, maka ongkos kirim yang Anda keluarkan untuk mengirimkan barang tidak akan diganti.

2) Beberapa produk memiliki ketentuan pengembalian produk khusus yang tercantum pada halaman deskripsi/promosi produk.



Bagaimana melakukan pengembalian produk di JD.id?



Anda dapat mengembalikan produk dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di JD.iddengan cara berikut ini:



Cara Return.png



Kemana saya harus mengembalikan produk saya?



alamat return.png



Apakah ada ketentuan khusus untuk pengembalian produk mobile phone & tablet?   



Ada, terdapat ketentuan pengembalian khusus yang diberlakukan untuk beberapa produk tertentu dan salah satunya adalahproduk Mobile Phone & Tablet. Terkait dengan detail persyaratan, dapat dilihat pada point di bawah ini:


1. Untuk produk tertentu seperti mobile phone dan tablet memiliki ketentuan khusus untuk pengajuan pengembalian, berikut ketentuan layanan pengembaliannya:


tabel 4.png


2. Pengembalian dana dan penukaran produk tidak berlaku untuk kondisi sebagai berikut :


a) Pengembalian dana dan produk karena alasan berubah pikiran

b) Alasan pengembalian karena kemasanmengalami kerusakan minor (tidak mempengaruhi kualitas produk)

c) Pengembalian dana dan produk tidakdapat dilakukan jika segel box sudah tidak ada

d) Aksesoris dalam keadaan rusak

e) Jika produk adalah brand Apple, produk tidak dapat dilakukan pengembalian dana, JD.id akan melakukan penukaran produk jika kesalahan terjadi karena JD.id dan akan melakukan perbaikan jika kesalahan dilakukan oleh pengguna (pelanggan akan dikenakan biaya)


3. Pengembalian dana dan penukaran produk dapat diproses jika:


a) Produk terbukti mengalami cacat produksi yang bukan disebabkan karena kesalahan penggunaan

b) Produk yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan pelanggan contoh: pelanggan memesan warna kuning, JD.id mengirimkan warna merah

c) Produk dan kemasan masih utuh seperti saat pertama kali diterima


4. Syarat dan ketentuan perbaikan produk melalui layanan platform JD.id adalah sebagai berikut:


a) Jika masa garansi resmi produk masih berlaku, JD.id akan membantu proses klaim dari pelanggan ke pihak service center brand terkait.

b) Biaya perbaikan yang dibutuhkan karena kesalahan pemakaian akan ditanggung oleh pelanggan.

c) JD.id akan membantu proses klaim kerusakan dari pelanggan apabila produk yang mengalami kerusakan sudah diterima oleh tim purna jual JD.id maksimal 14 hari sebelum masa garansi resmi berakhir. Jika lebih dari waktu yang telah ditentukan, maka biaya perbaikan akan ditanggung oleh pelanggan.

d) JD.id bertindak sebagai platform yang akan membantu proses klaim kerusakan dari pelanggan bukan sebagai service center.

e) Keputusan final hasil klaim garansi terdapat pada pihak service center.

f) Keputusan dari JD.id bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.



Apakah ada ketentuan khusus untuk pengembalian produk home appliances?   



Untuk produk tertentu seperti Home Apliances memiliki ketentuan khusus untuk pengajuan pengembalian, berikut ketentuannya:


1. Waktu Pengajuan


a) Pengembalian dana dan penukaran produk hanya dapat dilakukan jika diajukan dalam waktu maksimal 7-15 hari sejak produk diterima.

b) Jika pengajuan melebihi 7-15 hari sejak produk diterima, maka solusi yang akan diberikan oleh JD.id adalah perbaikan produk. (Apabila produk yang mengalami kerusakan memiliki garansi resmi, mohon untuk menghubungi service center brand terkait)

c) Pengiriman ulang apabila produk yang diterima tidak lengkap hanya dapat dilakukan dalam waktu maksimal 3 hari sejak produk diterima.

d) Pengajuan khusus jika layanan pemasangan/pembongkaran AC di JD.id dikarenakan rusak/tidak sesuai dengan deskripsi, dapat dilakukan dalam waktu maksimal 15 hari garansi sejak produk diterima. (Untuk pemasangan/instalasi seperti penambahan freon, pemasangan TV/Kulkas lainnya mengikuti syarat ketentuan dan kebijakan layanan purna jual JD.id)


2. Ketentuan Pengembalian


a) Pengembalian dana dan penukaranproduk tidak berlaku untuk kondisi sebagai berikut:

-  Jika kemasan (kardus), manual book, kartu garansi & aksesoris (seperti remote,rak kulkas, dan lain-lain) sudah tidak ada, maka pengembalian dana tidak dapat diproses.

-  Alasan pengembalian karena berubah pikiran.

b) Pengembalian dana dan penukaran produk dapat diproses jika:

-  Produk terbukti mengalami cacat fungsi atau fisik yang bukan disebabkan karena kesalahan penggunaan.

-  Produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan pelanggan.

c) Jika produk yang Anda terima tidak lengkap karena JD.id belum mengirimkan kekurangannya, maka pengajuan dapat diproses.

d) Produk harus dikembalikan dengan kondisi yang utuh seperti sejak produk pertama kali diterima termasuk dengan kelengkapan produk yang datang bersama produk terkait, lengkap dengan kemasan dan aksesoris yang terdapat pada kemasan produk.


Catatan:


1) Pengembalian dana dan penukaran produk tidak berlaku untuk produkdengan merek Daikin, Akari, Cosmos,Domo, Krups, Modena, Winn Gas, Sanken, Severin, & Zojirushi.

2) Penukaran produk hanya berlaku untuk produk dengan merek Rinnai, Miyako, Maspion, Sekai, Bolde, Pure It, Regency, Ariston, Kangaroo, KitchenAid, Sayota, Ozen, Fotile, Tokebi, Kenwood, Deonghi, Princess, Sanex, Starco, Tecstar, & Uchida.

3) Pengembalian dana hanya dapat diajukan dalam waktu maksimal 3 hari sejak produk diterima berlaku untuk produk dengan merek Aqua, Sanyo, Panasonic & Toshiba.



Apakah saya bisa menggunakan layanan penjemputan (pick up) untuk pengembalian produk saya?



Layanan pick up dapat digunakan untuk pengembalian produk pada jenis produk tertentu yang mengalami kerusakan atau kendala lain yang mengurangi fungsi utama produk. Di bawah ini adalah kategori produk yang dapat dilakukan pick-up yaitu:


pickup service.png


Syarat dan Ketentuan Umum Penjemputan Produk:


tabel 5.png


CATATAN: Untuk satu produk yang masih dalam proses perbaikan, penjemputan dapatdilakukan maksimal 2x (dua kali). Jika melebihiitu, pengiriman dapat dilakukan menggunakan jasa ekspedisi nasional. JD.id akan menanggung biaya pengiriman produk terkait (untuk keterangan lebih lanjut mengenai pengembalian ongkos kirim silakan baca pada "Bagaimana Ketentuan Refund Ongkos Kirim Pada Pengembalian Produk?").



Apakah alamat saya mendukung layanan pick-up untuk pengembalian produk?



Layanan pick-up untuk pengembalian produk dapat digunakan di kota-kota berikut ini:


1. Jabodetabek

2. Kota Denpasar

3. Kota Malang

4. Kota Medan

5. Kota Pontianak

6. Kota Semarang

7. Kota Solo

8. Kota Surabaya

9. Kota Yogyakarta

10. Kota/Kab.Bandung



Bagaimana ketentuan pengembalian dana di JD.id? 



Pengembalian dana dapat diproses dalam kasus pembatalan pesanan atau pengembalian produk. Demi keamanan dan kenyamanan Anda, pengembalian dana akan diproses berdasarkan metode pembayaran yang Anda gunakan pada saat melakukan transaksi. 


tabel 6.png


CATATAN:


1) Pengembalian dana untuk kartu kredit dan debit online pada umumnnya memakan waktu 7-14 hari kerja. Namun, untuk beberapa bank pengembalian dana lebih lama dari estimasi yang telah ditentukan. Hal itu merupakan kebijakan masing-masing bank.

2) Pengembalian dana untuk metode pembayaran Go-Pay akan diproses ke saldo Go-Pay untuk permintaan pengembalian dana dalam jangka waktu 45 hari sejak pembayaran diterima. Apabila permintaan pengembalian dana dilakukan melebihi batas waktu tersebut, maka pengembalian dana akan diproses melalui saldo rekening. Mohon menghubungi layanan JD.id apabila terjadi hal demikian.

3) Apabila pada pengajuan pengembalian dana dengan metode debit online khususnya untuk Bank DBS dan CIMB Niaga belum diterima hingga batas waktu yang ditentukan, Anda dapat membuat surat sanggahan yang ditujukan kepada pihak bank penerbit. Untuk bank DBS pengajuan surat sanggahan dapat melalui aplikasi Digibank.



Bagaimana mekanisme pengembalian ongkos kirim jika pesanan dibatalkan/dikembalikan?

 


Berikut ini mekanisme pengembalian dana ongkos kirim apabila Anda melakukan pembatalan pesanan atau adanya proses pengembalian produk ke JD.id:


1) Pengembalian dana ongkos kirim untuk pesanan yang masih diproses oleh JD.id


Proses pengembalian dana ongkos kirim untukpesanan yang masih diproses oleh JD.id dibagi menjadi 2, yaitu:


a. Pembatalan untuk pesanan yang belum diproses ke jasa pengiriman (status masih pada PembayaranSelesai atau Dalam Pengemasan),pengembalian dana akan diberikan secara penuh yakni sejumlah harga produk dan biaya ongkos kirim.


Misal:

Produk A        = Rp 20.000

Produk B        = Rp 30.000

Ongkos kirim = Rp 9.0000

Total bayar    = Rp 59.000

 

Pembatalan dilakukan saatstatus Dalam Pengemasan, maka dana yang dikembalikan sejumlah Rp 59.000 termasuk ongkos kirim


b. Pembatalan untuk pesanan yang sudah diproseske jasa pengiriman (status Dalam Pengiriman), pengembalian dana akan diberikan hanya sejumlah harga produk yang telah dibayarkan


Misal:

Produk A        = Rp 20.000

Produk B        = Rp 30.000

Ongkos kirim= Rp 9.0000

Total bayar    = Rp 59.000


Kondisi A: Pembatalan dilakukan saat status Dalam Pengiriman dengan alasan pribadi customer maka dana yang dikembalikan sejumlah Rp 50.000 (hanya harga produk).

Kondisi B: Pembatalan dilakukan saat status Dalam Pengiriman yang disebabkan JD.id maka dana yang dikembalikan sejumlah Rp 59.000 (harga produk dan ongkos kirim).


2) Pengembalian dana ongkos kirim untuk pesananyang telah terima customer


Proses pengembalian dana ongkos kirim untuk pesanan yang telah Anda terima dengan harga di atas Rp 90.000 (sembilan puluh ribu rupiah) namun terdiri atas beberapa produk, maka:


a. Untuk pengembalian salah satu atau beberapa produk dengan alasan pengembalian pribadi maka pengembalian dana akan diberikan setelah dikurangi biaya ongkos kirim.

b. Untuk pengembalian salah satu atau beberapa produk dengan alasan yang terbukti disebabkan oleh kesalahan JD.id maka pengembalian dana yang akan diberikan adalah sejumlah harga produk tanpa di kurangi biaya pengiriman.



Bagaimana ketentuan refund ongkos kirim pada pengembalian produk?



Ongkos kirim yang Anda keluarkan untuk mengirimkan produk dalam proses pengembalian produk akan kami gantikan dengan ketentuan dibawah ini:


1) Pengiriman produk harus dilakukan dalam batas waktu pengajuan pengembalian produk yangberlaku di JD.id (7, 15 hari, atau mengikuti masa garansi)

2) Ongkos kirim hanya akan digantikan apabila Anda menggunakan jasa pengiriman lokal yang memiliki nomor resi dengan layanan pengiriman reguler. Biaya pengiriman produk dengan layanan ekspres atau pengiriman dengan jasa transportasi online tidak dapat kami gantikan.

3) JD.id memproses penggantian biaya pengiriman dengan proses verifikasi bukti pengiriman berupa foto/scan resi/airwaybill pengiriman produk terkait. Pastikan Anda menyimpan bukti pengiriman setelah melakukan pengiriman.

4) Penggantian biaya pengiriman dilakukan melalui metode bank transfer jika nominal ongkos kirim diatas Rp 10.000. Apabila nominal dibawah Rp10.000, pengembalian dana akan di proses dalam bentuk voucher belanja JD.id.

5) Penggantian biaya pengiriman tidak dapat diproses dengan alasan pengembalian pembatalan transaksi atau berubah pikiran.



Customer Service JD.id



Telepon               : 1500 618 atau 021 8062 7007

Live Chat             : www.jd.id atau dari Aplikasi JD.id

Twitter                 : @cs_jdid

Jam Kerja            : Senin - Minggu ( 24 Jam )


image.png



Perlindungan Konsumen

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak sesuai dengan deskripsi atau berkualitas buruk

Jaminan Pengiriman

Kami akan mengembalikan uang Anda secara penuh, jika barang tidak terkirim

Pembayaran Aman

Kami menghadirkan pilihan metode pembayaran yang aman dan bervariasi

Respon Cepat

Pertanyaan akan ditanggapi dalam waktu 24 jam

Jaminan Keaslian

Kami menjamin produk yang kami jual 100% bukan barang palsu