Cegah Penipuan di Internet Mengatas Namakan JD.ID

0
35475

Hai Sahabat JD.ID! Agar akun JD.ID kamu aman dari penipuan di internet yang dilakukan penipu, JANGAN BAGIKAN KODE OTP (Kode Verifikasi/Rahasia & PIN) kepada siapa pun, sekalipun karyawan  JD.ID.

Macam – Macam Modus Penipuan

1. Penipuan Lewat Telepon

Pelaku akan menelepon dan konsumen diminta kode OTP, cek selengkapnya disini

2. Penipuan Lewat Seller Chat System

Penipu akan berusaha menghubungi konsumen dengan mengatasnamakan Seller JD.ID dan memberi info untu konsumen mengkonfirmasi nomor resi pesanan.

3. Penipuan Lewat Situs Palsu

Berbagai macam cara dilakukan oleh penipu, salah satunya adalah dengan memberikan link situs palsu JD.ID, cek selengkapnya disini.

4. Penipuan Lewat Chat Whatsapp

Melakukan chat dengan menggunakan whatsapp juga kerap dilakukan dengan mengaku dari JD.ID.

5. Penipu Menginformasikan Status Pengiriman Palsu

Modus penipuan yang dilakukan mengatasnamakan JD.ID sangat beragam, salah satunya adalah mengecoh konsumen dengan menginformasikan pengiriman pesanan melalui whatsapp dan menyuruh konsumen mengklik website palsu https://transaksijdid.com.

Perlu diketahui JD.ID hanya mengirim pesanan konsumen menggunakan J-Express (JX). Konsumen dapat melakukan tracking pembelian melalui https://www.j-express.id/.

 

Bagaimana Solusinya

 

  1. JANGAN Berbagi Kode OTP (Kode Verifikasi/Rahasia) & PIN

Akunmu akan aman jika kamu tidak memberikan kode OTP (Kode Verifikasi/Rahasia) ataupun PIN kepada siapapun.

Selain itu, kalau Sahabat JD menemukan hal yang mencurigakan dan/ atau berhubungan dengan JD.ID ataupun JD.COM, harap segera melaporkan hal ini kepada tim “Customer Service (CS)’ kami, dengan menghubungi melalui layanan Live Chat, Call Center : 1500 618 atau bisa juga ke akun resmi Social Media JD.ID.

Tetap waspada, selalu berhati-hati, dan mari cegah penipuan bersama!