Cegah Penipuan di Internet Mengatas Namakan JD.ID

5
27415

Hai Sahabat JD.ID! Agar akun JD.ID kamu aman dari penipuan di internet yang dilakukan penipu, JANGAN BAGIKAN KODE OTP (Kode Verifikasi/Rahasia & PIN) kepada siapa pun, sekalipun karyawan  JD.ID.

Macam – Macam Modus Penipuan

1. Penipuan Lewat Telepon

Pelaku akan menelepon dan konsumen diminta kode OTP, cek selengkapnya disini

2. Penipuan Lewat Seller Chat System

Penipu akan berusaha menghubungi konsumen dengan mengatasnamakan Seller JD.ID dan memberi info untu konsumen mengkonfirmasi nomor resi pesanan.

3. Penipuan Lewat Situs Palsu

Berbagai macam cara dilakukan oleh penipu, salah satunya adalah dengan memberikan link situs palsu JD.ID, cek selengkapnya disini.

4. Penipuan Lewat Chat Whatsapp

Melakukan chat dengan menggunakan whatsapp juga kerap dilakukan dengan mengaku dari JD.ID.

5. Penipu Menginformasikan Status Pengiriman Palsu

Modus penipuan yang dilakukan mengatasnamakan JD.ID sangat beragam, salah satunya adalah mengecoh konsumen dengan menginformasikan pengiriman pesanan melalui whatsapp dan menyuruh konsumen mengklik website palsu https://transaksijdid.com.

Perlu diketahui JD.ID hanya mengirim pesanan konsumen menggunakan J-Express (JX). Konsumen dapat melakukan tracking pembelian melalui https://www.j-express.id/.

 

Bagaimana Solusinya

 

  1. JANGAN Berbagi Kode OTP (Kode Verifikasi/Rahasia) & PIN

Akunmu akan aman jika kamu tidak memberikan kode OTP (Kode Verifikasi/Rahasia) ataupun PIN kepada siapapun.

Selain itu, kalau Sahabat JD menemukan hal yang mencurigakan dan/ atau berhubungan dengan JD.ID ataupun JD.COM, harap segera melaporkan hal ini kepada tim “Customer Service (CS)’ kami, dengan menghubungi melalui layanan Live Chat, Call Center : 1500 618 atau bisa juga ke akun resmi Social Media JD.ID.

Tetap waspada, selalu berhati-hati, dan mari cegah penipuan bersama!

 

5 COMMENTS

  1. Sehari setelah saya melakukan peesanan di jd.id saya ditlpn m3ngatasnamakan jd.id.minta OTP. Saya mohon pihak jd.id melakukan pembenahan kenapa data kami setelah pemesanan bisa sampai bocor ke oknum yg tidak bertanggung jawab. Untuk nemberikan kenyamanan terhadap pepanggan mohon pembenahannya. Terima kasih.

  2. Tadi sy ada yang ngebel lewat wa, bilang dr jd.id tempat sy beli hp oppo reno 4, tp g say tanngapin, ini nomornya 6281 35040036
    Apa ini benar dari jd.id, ataukah ini penipuan, tlg d balas

  3. Soal pesanan saya no. 1034641587 mohon sy di hub di telp 085719238693 hri ini anak sy yg order an Gladys Fiandra…saya dah transfer ke VA yg saya kirim melalui rek BCA ke VA 72102008687 sebesar Rp. 2.508.000,- utk pembelian dua buah TV Xhiaomi 55inci dengan Penjual Smart Elektro, dan Uang tsb masuk ke rek a.n Asih Nuradjijah, No. telp. Penjual nomer nya +62 819-0555-6239 mengaku bernama Syamsul, kl bermasalah transaksi ini mohon balikin saja deh uang saya ke rek BCA saya Indra Usdriansyah No. nomer nya 6850254581 sebesar Rp. 2.508.000,- krn No Telp Syamsu terkesan diblokir, agar tdk ada korban2 lain selain sy dikemudian hari,tk

  4. Saya mengenal jd.id sbg satu2nya aplikasi belanja online yg menjamin keaslian produk, shg saya tdk perlu ragu lagi.. dibanding aplikasi belanja online yg lain. namun hari ini saya sdg mencari produk smartphone, dimana biasanya harganya beda-beda tipis, tp skrg harga bisa beda hingga 50%, dan seller menyebutkan tidak melayani diskusi/pertanyaan saat ini, shg hal ini membuat saya menjadi curiga/khawatir. kalo memang benar harga bisa turun 50% dgn produk asli (bukan penipuan), maka ini sebuah keuntungan buat konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here