JD.com Terbangkan JDrone Untuk Pertama Kali di Indonesia

0
148

Hi sahabat JD.ID, beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 8 Januari 2019, JD.com yang merupakan perusahaan ritel online terbesar di China yang juga terafiliasi dengan JD.ID resmi malakukan uji coba terbang pertama di Indonesia. Secara keseluruhan, pilot project ini diselenggarakan untuk membuka pintu bagi penggunaan drone komersial di Indonesia, serta kawasan Asia Tenggara lainnya, dengan focus utama adalah memberikan kemudahan serta efisiensi terhadap jasa pengiriman bagi perusahaan e-dagang dan kebutuhan layanan logistic lainnya. Sebelumnya, inisiatif untuk memulai penerapan teknologi drone di Indonesia sendiri muncul pada akhir tahun 2017 lalu, dimana pada kesempatan tersebut, JD.com dan JD.ID bersama-sama mulai berdiskusi dengan Direktorat Navigasi Penerbangan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia dan AirNav untuk mengadakan penerbangan uji coba teknologi drone untuk layanan logistic yang lebih maju.

Baca juga : Semarak 12.12, JD.ID Beri Kejutan JDOR!

Dalam uji coba terbang tersebut, JD.ID juga turut mengundang beberapa perwakilan dari institusi negara Indonesia, yakni Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, Direktorat Jendral Perhubungan Udara yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoprasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penedrbangan (DNP), TNI AU, dan Lembaga Penyelenggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (atau yang umum dikenal dengan Air Navigation atau AirNav Indonesia).

Pada kesempatan ini, CEO JD.ID, Zhang Li turut mengungkapkan “Kami sangat bangga dan senang sekali JD.ID bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan penacapaian teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk yang pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta. Hal ini menjadi satu bukti kepelolporan, kepemimpinan dan komitmen kami, melebihi dari bisnis utama kami di bidang e-dagang dan juga perusahaan teknologi yang akan berkontribusi secara signifikan terhadap bangsa Indonesia, yang sejalan dengan salah satu misi kami, Advancing Indonesia”

Baca juga : Kuras JD Points dan Nikmati Beragam Keuntungannya

Dengan melibatkan 200 siswa/siswi beserta seluruh jajaran staff dan guru MIS Nurul Falah Leles, Parung Panjang, Jawa Barat. Projek uji coba terbang JDrone pertama ini dilaksanakan dengan mengambil tema aksi social, dimana unit pesawat drone JD.com diterbangkan untuk memberikan bantuan social kepada pihak sekolah berupa tas sekolah, buku anak dan bola sepak.

Dikenal sebagai salah satu perusahaan e-dagang terbesar di China, JD.com sendiri juga telah memiliki rekam jejak untuk berbagai kegiatan filantropi, dengan menjadi mitra pemerintahan China, untuk memberikan bantuan teknologi dan jaringan logistic, dalam memberikan berbagai bantuan cepat tanggap. Sementara itu, uji coba terbang drone pertama di Indonesia ini juga menjadi awal mula bagi JD.ID, untuk mulai berkomitmen dalam memanfaatkan logistic perusahaan dan sumber daya lainnya, dalam mendukung bantuan kemanusiaan, seperti yang baru-baru ini dilakukan pada akhir tahun 2018 di Sigi, Palu, dan Donggala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here