JD.ID Berikan Pelatihan Online Untuk Dukung Kemandirian Ekonomi Disabilitas

0
350

Setelah sukses menggelar rangkaian kegiatan lokakarya (workshop) di 5 kota yaitu, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Denpasar. JD.ID bersama dengan ThisAble Foundation kembali gelar pembinaan secara online untuk teman-teman disabilitas dengan mengangkat tema “Peningkatan Pendapatan dan Pemberdayaan Sahabat Disabilitas dengan Memanfaatkan Platform Digital”.

Melalui kegiatan ini, JD.ID dan ThisAble Foundation memberikan dukungan akses bagi para penyandang disabilitas dalam pemanfaatan teknologi digital. Kegiatan ini diikuti dengan pengenalan, pelatihan, dan pendampingan usaha atas aplikasi social-commerce afiliasi resmi JD.ID, bernama ‘JD Fans’.

JD Fans adalah aplikasi social-commerce afiliasi resmi JD.ID yang dapat membantu para pengguna-nya (disebut ‘promoter’) untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, produk harga murah dan komisi. Melalui aplikasi JD Fans, para penyandang disabilitas mampu berpenghasilan secara mandiri melalui komisi yang ia dapatkan.

Sebagai calon ‘promoter’ dari JD Fans, para penyandang disabilitas peserta pembinaan online ini, mereka diberikan pembekalan langsung oleh pakar mengenai cara kerja dan proses bisnis dari aplikasi ini. Seperti cara mempromosikan produk pada platform e-commerce JD.ID, cara membagikan link produk melalui akun sosial media, dan banyak hal lainnya.

Lebih lanjut, kegiatan pelatihan daring ini JD.ID juga berkesempatan memberikan edukasi dan pemaparan kepada para penyandang disabilitas mengenai industri e-commerce. Terutama lini bisnis marketplace secara umum, rangkaian upaya pemberdayaan mitra seller lokal atau UMKM oleh JD.ID bersama pemerintah.

Saat ini kegiatan jual beli tidak terbatas pada aktivitas tatap muka antara pedagang dan pembeli, semua bisa dilakukan secara digital-daring. Cukup memiliki keterampilan dalam pemanfaatan perangkat komputer atau telepon genggam yang dilengkapi fasilitas internet, seorang pedagang sudah bisa memasarkan produknya.

Berlandaskan tujuan untuk memberikan solusi atas keterbatasan pemanfaatan teknologi serta memberikan pelatihan keterampilan bagi para pelaku UMKM penyandang disabilitas, JD.ID berharap kelak dapat tercipta ekonomi nasional yang semakin maju, sehat, dan inklusif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here