JD.ID Kembali Gelar Lokakarya Untuk Digitalisasi UMKM Disabilitas Kota Solo

0
171

Setelah sukses di dua kota sebelumnya Semarang dan Yogyakarta pada tanggal 20 dan 23 April 2021 lalu, JD.ID bersama dengan ThisAble Foundation kembali menggelar rangkaian kegiatan lokakarya (workshop) yang kali ini memilih lokasi di kota Solo di tanggal 4 Juni 2021. Lokakarya kali ini mengangkat tema “Meningkatkan Softskill Bagi Sahabat Disabilitas”. JD.ID selalu berupaya mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari penyandang disabilitas.

“Saat ini UMKM memang sedang menjadi sorotan pemerintah, serta program digitalisasi UMKM juga hal yang sangat menarik untuk dikembangkan banyak perusahaan yang fokus disitu termasuk kami. Namun kami mengutamakan ke UMKM disabilitas,” ungkap Adhi Pratama selaku Senior Media Relations Manager JD.ID di sela pelatihan di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (RPSDSN) Bhakti Candrasa Surakarta.

Kendala pelaku UMKM disabilitas adalah keterbatasan mereka yang membuat kesulitan mendapatkan akses. Selain itu, mayoritas pelaku UMKM disabilitas kurang percaya diri dalam memasarkan produknya. Maka edukasi yang perlu dilakukan tidak hanya pada cara pemasaran produk secara teknis tetapi juga mengangkat mental dan psikis sahabat disabilitas.

Sejak awal pandemi COVID-19 JD.ID memang memiliki fokus membantu UMKM yang dijalankan oleh penyandang disabilitas yang terdampak oleh pandemi tersebut. Dalam hal ini, JD.ID tidak hanya membantu jualan, tetapi juga memberikan edukasi, termasuk pada bulan April 2021 lalu JD.ID bekerja sama dengan komunitas disabilitas untuk pengembangan UKM disabilitas.

Sementara itu, Chief Financial Officer JD.ID Sandy Permadi mengatakan “Platform e-commerce tersebut memiliki kewajiban untuk bersinergi dengan pemerintah dalam merangsang pertumbuhan ekonomi nasional. Ia mengatakan salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memotivasi, mempersiapkan atau melatih, dan membantu para pelaku UMKM sebagai salah satu aktor penggerak ekonomi.”

Khususnya UMKM milik komunitas penyandang disabilitas yang selama ini belum mendapatkan porsi atensi dan kesempatan yang cukup dalam usaha pertumbuhan ekonomi bangsa. Di tengah situasi pandemi ini salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh pengusaha UMKM adalah proses mengedukasi masyarakat menuju era digital atau digitalisasi.

Saat ini kegiatan jual beli tidak terbatas pada aktivitas tatap muka antara pedagang dan pembeli, semua bisa dilakukan secara digital. Cukup dengan memiliki keterampilan dalam pemanfaatan perangkat komputer atau telepon genggam yang dilengkapi dengan fasilitas internet, pedagang sudah bisa memasarkan produknya.

Kondisi pasar sudah makin matang akan digitalisasi, transaksi secara digital ini tidak dapat bertumbuh secara optimal karena terkendala masalah sumber daya manusia dengan literasi digital yang masih rendah. Inilah yang mendorong JD.ID untuk mengadakan kegiatan ini. Kedepannya, JD.ID akan tetap mendukung sahabat disabilitas yang membutuhkan pelatihan digitalisasi di kota-kota besar lainnya. JD.ID telah mengandekan acara kelanjutan ini untuk bisa diadakan di dua kota lainnya yang rencananya akan berlangsung pada pertengahan bulan Juni dan juga akhir bulan Juni 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here