Kemenparekraf Gelar Game Prime 2021, Usung Tema #MainGameLokal di JD.ID

0
1382

Event industri game terbesar di Indonesia bertajuk Baparekraf Game Prime 2021 Online akan berlangsung pada tanggal 6 hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Acara tahunan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID.

Event Baparekraf Game Prime 2021 Online akan mengusung konsep #MainGameLokal dan akan menjadi wadah bagi para pegiat industri game untuk menunjukkan karya mereka serta meningkatkan kesadaran dan menjadikan produk lokal seperti kejuaraan, ajang apresiasi serta game lokal sebagai pilihan utama yang patut didukung dan diapresiasi.

Pelaksanaan dari Baparekraf Game Prime 2021 Online akan menyesuaikan dengan keadaan pandemi saat ini, yaitu penonton bisa menyaksikan secara langsung melalui penayangan online. Walau pandemi masih melanda, Baparekraf Game Prime tetap berkomitmen untuk menyuguhkan acara esports, gim, edukasi, hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara online atau daring.

Konsep daring yang dibawa oleh Baparekraf Game Prime 2021 Online sebelumnya sudah dilangsungkan pada Baparekraf Game Prime 2020 silam dan disambut dengan animo tinggi oleh para gamer maupun kalangan umum yang menyaksikan secara daring maupun yang mengikuti webinar dan masterclass.

Rangkaian acara yang akan berlangsung dan bisa disaksikan oleh para penonton adalah Online Game Exhibition, Gameprime Show, Game Prime Award, Online Game Development Conference and Class, dan turnamen esports “Free Fire Tournament” yang akan mengundang tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online.

Rangkaian Baparekraf Game Prime 2021 Online akan berlangsung mulai tanggal 2 Agustus 2021 hingga tanggal 8 Agustus 2021. Rangkaian acara dimulai dengan Road to Online Exhibition Game Prime yang melibatkan para content creator lokal yang akan memainkan game lokal terbaik dari tahun 2020 ke belakang, kemudian Game Prime show, online exhibition, online game development conference and class, dan grand final Free Fire Esport Tournament, serta puncaknya adalah Game Prime 2021 Awards.

Kehadiran Baparekraf Game Prime 2021 Online juga merupakan salah satu program nyata dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam mengembangkan industri kreatif maupun game Indonesia. Sebelumnya KEMENPAREKRAF juga memiliki rangkaian program lain untuk mendukung perkembangan game Indonesia yaitu GELORA (Game Lokal Kreasi Indonesia) yang memberikan pendanaan untuk membuat game, Archipelageek yang memberikan jalan bagi developer lokal untuk membawa gamenya ke ajang Internasional yaitu Gamescom serta Tokyo Game Show, serta penyaluran Bantuan Insentif Pemerintah yang memberikan hibah senilai hingga 200 juta rupiah bagi sektor kreatif.

Muhamad Neil El Himam selaku Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Badan Pariwisata Baparekraf mengatakan, “Baparekraf Game Prime selalu konsisten menjadi wadah dan juga dukungan bagi developer dan pelaku industri game Indonesia untuk terus berkembang dalam membuat karya-karya yang bisa dimainkan bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Acara tahunan ini kembali hadir di tahun 2021 dan diharapkan juga akan terus meningkatkan eksposure bagi game-game lokal untuk diketahui lebih luas oleh masyarakat Indonesia dan juga luar negeri.”

“Kemenparekraf bersama dengan AGI telah melakukan kurasi terhadap hampir 100 game yang mendaftar dan dari total tersebut telah terpilih 40 game dari berbagai game developer yang dipamerkan pada event ini. Diharapkan juga melalui event ini, game developer bisa meningkatkan penjualannya serta membawa Indonesia menjadi yang terbaik di pangsa nasional maupun internasional.” lanjut Muhamad Neil El Himam. Dari Asosiasi Game Indonesia menambahkan bahwa kehadiran program Beli Game Lokal selama gelaran Baparekraf Game Prime 2021 Online dan bisa menjadi wujud dukungan bagi karya-karya developer game lokal Indonesia untuk lebih banyak dimainkan khususnya oleh gamer Indonesia.

Beli Game Lokal adalah kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia, dan eCommerce ternama di Indonesia untuk membawa pulang game-game terbaik karya kita sendiri ke dalam negeri, dan memperkenalkan mereka ke pemain game di Indonesia. Melalui program ini, diharapkan para pemain di Indonesia dapat lebih mudah mencoba game buatan negeri sendiri, dan merasakan kualitas game-game lokal yang luar biasa.

Program ini adalah langkah awal untuk mengubah sudut pandang pemain game di Indonesia. Setelah merasakan kualitas game buatan negeri sendiri, diharapkan di masa depan para pemain semakin terbuka terhadap game-game lokal. Jalan masih panjang, namun Beli Game Lokal adalah bukti bahwa kita bukan hanya bermimpi bahwa suatu hari game lokal akan berjaya di Indonesia, tapi juga mengambil gerakan nyata untuk mencapai impian tersebut.

Ricky Setiawan selaku CEO GGWP.ID mengatakan bahwa Baparektaf Game Prime 2021 Online hadir untuk mewujudkan mimpi game developer lokal yang memiliki potensi luar biasa untuk semakin dikenal secara global. “Melalui Baparekraf Game Prime 2021, GGWP.ID ingin membangkitkan kembali mimpi-mimpi game developer Indonesia untuk tampil di panggung global. Indonesia dengan segala potensinya harus bisa menjadi salah satu pusat industri game dunia. Baparekraf Game Prime 2021 Online menjadi langkah pertamanya.” tutur Ricky Setiawan.

Masih dalam rangkaian pelaksanaan Baparekraf Game Prime 2021 Online sekaligus mendukung game lokal dan merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif akan me-launching program Beli Game Lokal. Pelaksanaan program Beli Game Lokal ini merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf bersama dengan eCommerce di Indonesia melalui pemberian insentif game-game lokal Indonesia dengan nilai diskon sampai dengan seratus ribu rupiah. Akan ada 20 game lokal berbasis PC yang akan mendapat promosi di e-commerce salah satunya, JD.ID dari tanggal 2 Agustus 2021 sampai dengan 8 Agustus 2021.

“Harapannya program ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan konsumsi game lokal di Indonesia semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk game lokal tidak kalah dengan produk game negara lain.” ujar Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf.

Program Beli Game Lokal

Untuk gamer yang hendak membeli game lokal Indonesia, masih dalam rangkaian pelaksanaan Baparekraf Game Prime 2021 Online sekaligus mendukung game lokal dan merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif akan me-launching program Beli Game Lokal.Pelaksanaan program Beli Game Lokal ini merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf bersama dengan eCommerce di Indonesia melalui pemberian insentif game-game lokal Indonesia dengan nilai diskon sampai dengan seratus ribu rupiah. Akan ada 20 game lokal berbasis PC yang akan mendapat promosi di berbagai marketplace termasuk di JD.ID dari tanggal 2 Agustus 2021 sampai dengan 8 Agustus 2021.

Chief Marketing Officer (CMO) JD.ID, Leo Haryono, mengungkapkan rasa antuasiasnya. “JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce di Indonesia sangat antusias menyambut gelaran Baparekraf Game Prime 2021 ini, karena meskipun saat ini situasi dan kondisi masih pandemi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID berkolaborasi dengan menyuguhkan acara e-sports, game, edukasi, hingga hiburan yang tentunya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kami tentunya akan turut mendorong, sekaligus mendukung game lokal dan juga merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI) melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dengan meluncurkan acara yang bertema #MainGameLokal tersebut. JD.ID akan menjadi wadah bagi para gamers untuk bisa menghadirkan 20 game lokal berbasis PC yang akan segera tersedia di JD.ID pada periode tanggal 2 – 8 Agustus 2021. Dengan adanya program ini, kita harus memanfaatkan sebaik mungkin agar konsumsi game lokal di Indonesia semakin meningkat, terdepan, berkualitas dan pastinya tidak kalah dengan produk game negara lain” jelas Leo.

Developer game lokal Indonesia sudah memiliki banyak karya game yang sudah dihasilkan dan dipublikasikan bahkan dimainkan oleh gamer di seluruh dunia. Namun tidak sedikit gamer maupun masyarakat umum di Indonesia yang tidak tahu dan tidak memainkan game karya developer lokal Indonesia.

Baparekraf Game Prime 2021 Online menghadirkan Online Game Exhibition yang menjadi wadah untuk menampilkan 40 game karya developer lokal Indonesia yang lolos kurasi di gameprime.org. Dari 40 game yang nantinya akan mengisi Online Game Exhibition, akan disaring menjadi 10 game terbaik, dan akan dimainkan oleh konten kreator pada tanggal 7-8 Agustus 2021 di kanal YouTube masing-masing konten kreator.