Lewat Bangga Buatan Indonesia, Begini Cara JD.ID Dukung Karya Nasional

0
282

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah penggerak ekonomi yang penting di Indonesia. Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Kemenkop UKM) pada 2018, sektor ini menguasai 99,99 persen pangsa pasar di Indonesia dengan unit usaha sebanyak 64,19 juta UMKM.

Oleh karena itu, memberdayakan UMKM adalah salah satu kunci untuk menggerakkan ekonomi Indonesia. Upaya tersebut juga diambil oleh JD.ID untuk meningkatkan UMKM ke taraf yang lebih tinggi untuk membantu para pelaku bisnis di tengah pandemi saat ini dengan meningkatkan penjualan secara online.

JD.ID sendiri sebenarnya telah berkomitmen mendukung UMKM lokal melalui kanal khusus bernama ‘Bangga Buatan Indonesia’. Dalam halaman khusus ini, JD.ID hanya mengkurasi produk yang 100 persen dibuat secara lokal, mulai dari fesyen, produk elektronik, hingga kecantikan.

Sebagian masyarakat Indonesia sering merasa lebih berkelas ketika memakai produk berlabel luar negeri, buatan rumah fashion ternama misalnya. Padahal kenyataannya, saat ini, banyak produk dalam negeri yang justru menjadi pemasok merek-merek mahal dan terkenal di mancanegara. Hal itu yang menjadi concern JD.ID untuk menaik kelaskan produk lokal Indonesia.

Dukungan konkret JD.ID bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) online untuk menampilkan produknya melalui Gerakan #BanggaBuatanIndonesia. Bukan hanya karena dampak pandemi COVID-19 saja, tapi memang sudah waktunya UMKM juga merambah jalur digital guna mengembangkan usahanya.

JD.ID selaku perusahaan e-commerce yang terafiliasi dengan JD.com mendukung penuh gerakan tersebut. Hal ini bertujuan agar dapat memperluas jangkauan UMKM yang ada di seluruh pelosok Indonesia, dan juga itu merupakan tujuan JD.ID yang utama untuk merangkul seluruh UMKM di Indonesia.

Hal tersebut pun sejalan dengan apa yang telah di lakukan JD.ID selama ini. JD.ID telah memberikan edukasi dan juga para pelaku UMKM yang ada di JD.ID pun telah dilatih agar dapat membantu penjualan mereka dan nantinya akan menginspirasi pelaku UMKM lain untuk dapat menggunakan platform JD.ID dalam usaha mereka kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here