Membeli Kebutuhan Dengan Menggunakan Kartu Kredit Secara Bijak

0
237

Sejak pandemi corona mewabah di Indonesia pemerintah mulai menerapkan social distancing dan juga beraktifitas dari rumah saja, yakni dengan belajar dan bekerja dari rumah. Namun sebagai makhluk hidup, manusia tidak bisa hanya berdiam diri agar bisa memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan untuk bertahan hidup. Pemenuhan kebutuhan pangan khususnya harus tetap dilakukan untuk menyambung hidup walaupun segala aktifitas dilakukan di rumah saja.

Akan tetapi sejak adanya pembatasan jam operasional supermarket dan pembatasan mobilitas warga keluar dari rumah, upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan harus kini harus dilakukan dengan berbelanja secara online.

Selain itu pemerintah juga menyarankan untuk mengurangi belanja cash. Sebab uang kertas bisa menjadi salah satu media penyebaran virus COVID-19. Pemerintah mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dan menggunakan kartu kredit atau cash less untuk sistem pembayaran online saat berbelanja.

Melakukan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit menjadi satu-satunya pilihan untuk mengurangi interaksi yang dapat dilakuka ketika berbelanja online. Belanja menggunakan kartu kredit juga lebih praktis, kamu hanya perlu memasukan nomor kartu dan tagihan dapat dibayar secara bulanan maupun tahunan.

Untuk mendapatkan total belanja yang lebih hemat dan aman saat pandemi COVID-19 melanda, ada sejumlah trik yang bisa kamu praktikan ketika belanja kebutuhan secara online di tengah pandemi COVID-19 menggunakan kartu kredit, berikut diantaranya:

1. Ketahui Limit Kartu Kredit

Di saat pandemi corona ini berlangsung, banyak orang beramai-ramai memborong belanjaan (panic buying), kita sering terprovokasi untuk ikut belanja banyak hal yang sebetulnya tidak diperlukan.

Yang perlu diingat adalah kartu kredit memiliki limit terbatas, sehingga kamu tidak bisa berbelanja melebihi batas limit. Sebelum berbelanja sebaiknya cek dulu limit kartu kredit kamu sehingga lebih dapat mengendalikan nafsu berbelanja.

2. Tetap Jaga Kerahasiaan

Meski saat penerapan social distancing semua supermarket memberlakukan aturan jaga jarak di bagian kasir, namun kamu tetap harus waspada ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Hal ini karena ancaman kejahatan kartu kredit masih marak terjadi, salah satu modusnya adalah dengan memasang alat skimming di mesin EDC kartu kredit yang dapat membaca semua informasi penting di dalam kartu kredit.

Selain itu jaga dengan benar kerahasiaan pin dengan tidak memberi celah kepada siapapun untuk bisa melihat kombinasi pin yang kamu masukkan. Tidak hanya itu ketika kamu berbelanja online dari rumah, pastikan nomor kartu kredit yang kamu gunakan tidak kamu save secara instan. Memang jika kamu menyimpan nomor kartu kreditmu akan lebih mudah untuk melakukan pembayaran ketika belanja selanjutnya. Namun, untuk menjaga keamanan dari hacker ada baiknya nomor kartu kredit yang kamu gunakan tidak di simpan pada situs belanja online.

3. Catat Kebutuhan Kamu

Berbeda dengan hari biasa dimana kita bisa bebas berlama-lama memilih produk yang akan dibeli. Ditengah pademi COVID-19 ini, kita dianjurkan untuk menyelesaikan transaksi secepat mungkin. Jadi saat akan berbelanja sebaiknya kamu sudah menyiapkan catatan berisi kebutuhan yang harus dibeli.

Kalau perlu cek di beberapa website mengenai produk-produk yang tengah mengadakan promo, sehingga ketika kamu berbelanja dapat langsung memilih produk yang kamu butuhkan dan bisa membuat kamu lebih praktis ketika berbelanja.

4. Cek Promo Kartu Kredit

Penting juga untuk kamu selalu mengecek promo yang disediakan kartu kredit dengan berbagai merchant tertentu. Hal ini dapat menghemat pengeluaran kamu ketika berbelanja segala kebutuhan kamu selama berada di rumah.

Biasanya beberapa perbankan bekerjasama dengan sejumlah retail, supermarket, dan situs belanja online yang aktif memberikan promo,  dan diskon, cek penawaran mereka lewat situs resminya.

Itulah beberapa tips aman berbelanja menggunakan kartu kredit di tengan pandemi COVID-19 seperti saat ini. Perlu kamu ketahui, per tanggal 1 Juni 2020 untuk setiap transaksi yang yang kamu lakukan di JD.ID dengan menggunakan metode pembayaran Cicilan Kartu Kredit akan dikenakan tambahan biaya layanan.

Berikut untuk penjelasan lebih lanjut:

  1. Biaya Layanan yang dikenakan ke customer adalah sebesar 0% – 4% dari total transaksi, dengan detail sebagai berikut :

  1. Berikut ini adalah contoh transaksi cicilan kartu kredit menggunakan Bank BCA dan Bank lainnya selain BCA :

Cicilan Kartu Kredit tenor 6 bulan – Kartu Kredit CIMB Niaga

Total transaksi         :  Rp1.500.000

Biaya layanan           :  Rp30.000 (2% x Rp1.500.000)

Total pembayaran   :  Rp1.530.000

Cicilan Kartu Kredit tenor 6 bulan – Kartu Kredit BCA

Total transaksi         :  Rp1.500.000

Biaya layanan           :  Rp45.000 (3% x Rp1.500.000)

Total pembayaran   :  Rp1.545.000

Belanja aman tanpa resah hanya di JD.ID, hanya di JD.ID segala kebutuhan yang kamu inginkan, mulai dari fashion, elektronik, beauty, sport, otomotifkebutuhan rumah tanggabahan pangan, bahkan keperluan ibu dan anak dapat kamu cari dan lebih mudah tanpa harus antri membayar dan juga terjamin kualitasnya #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here