Selamat Hari Bumi Sedunia ! Ketahui 5 Cara Berpartisipasi dari Rumah

0
262

Happy Earth Day Sahabat JD.ID! Hari ini, tanggal 22 April 2021 adalah ‘Hari Bumi Sedunia’ ke-51. Tahun ini, temanya adalah ‘Restore Our Earth’ yang fokus pada bagaimana kita bisa memulihkan (restore) ekosistem dunia.

Dengan merayakan Earth Day ini, Sahabat JD.ID udah jadi bagian dari komunitas yang berpartisipasi di perayaan ini setiap tahunnya. Hari ini adalah tentang naikin kesadaran kita akan pentingnya melindungi planet Bumi dengan berbagai aksi. Walaupun kecil, berikut 5 hal yang bisa Sahabat JD.ID lakuin untuk merayakan Earth Day dari rumah:

No waste challenge’ sepanjang Hari Bumi

Sampah udah jadi salah satu masalah terbesar yang ngerusak Bumi kita. Makanya, penting untuk sadar hal ini dengan kurang-kurangin produksi sampah sehari-hari. Untuk hari ini, setidaknya kamu bisa coba untuk nge-challenge diri kamu dan sekitar untuk semaksimal mungkin gak ngehasilin sampah, terutama sampah plastik atau kertas.

Misalnya, bawa reusable bag untuk belanja, bawa sedotan, tumbler dan alat makan kayak tempat makan, sendok, garpu sendiri. Daripada harus nyampah dengan plastik sekali pakai!

Tanam sesuatu di Rumah

Hari ini, Sahabat JD.ID  bisa isi kegiatan sekaligus ambil peran dalam menanam sebuah pohon, bisa jenis apapun. Satu pohon, walaupun kedengerannya kecil dan gak ngaruh, kamu sudah menjalankan aksi nyata dalam visi me-restore Bumi.

Selain itu, Sahabat JD.ID bisa juga belajar menanam tanaman (khususnya sayuran) hidroponik. Ini menarik banget, selain bisa nge-recycle botol atau gelas bekas sebagai tempat tanamannya, hasilnya pun nanti bisa jadi bahan makanan. Udah gitu, tanaman hidroponik tampilannya lebih rapi dan cenderung lebih mudah perawatannya.

Itulah tips singkat yang harus Sahabat JD.ID lakukan mulai dari sekarang untuk memulihkan bumi kita yang sudah mulai terancam dengan pemanasan global. Lakukan dari hal sederhana yang mana kamu bisa lakukan di rumah. Sahabat JD.ID juga bisa temukan alat untuk menanam atau pun tas yang bisa di daur ulang di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here