Simak Tips Belanja Berikut, Agar Bisa Kurangi Sampah Plastik

0
356

Selain berhenti menggunakan kantong plastik sekali pakai saat belanja, masih banyak cara yang bisa Sahabat JD.ID lakukan untuk mengurangi sampah plastik. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, jumlah timbulan sampah di Indonesia mencapai 65,8 juta ton per tahun.

Sebanyak 44 persen merupakan sisa makanan, 13 persen ranting, daun, atau sampah organik. Sementara itu, sebanyak 57 persen dari sampah itu merupakan sampah anorganik yang terdiri dari plastik (15 persen), kertas (11 persen), kain/tekstil (3 persen), logam (2 persen), karet/kulit (2 persen), dan lain-lain (8 persen). Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah:

  1. Atur Kebutuhan Sebelum Berbelanja

Lebih dari 40 persen sampah di Indonesia merupakan sampah makanan. Karenanya sebelum membeli, pastikan kita akan menghabiskannya. Di rumah, cek berkala isi kulkas dan tempat penyimpanan makanan, jangan sampai makanan dibiarkan sampai tanggal kadaluwarsa dan akhirnya terbuang percuma.

2. Pilih Dalam Kemasan Besar

Salah satu cara untuk mengurangi sampah dari belanjaan adalah membeli dalam kemasan besar. Kebiasaan sederhana ini bisa memberi perbedaan signifikan jika dilakukan banyak orang.

3. Bawa Kantong Belanja Sendiri

Berapa banyak kantong belanja yang Anda bawa pulang dalam seminggu? Ini termasuk saat belanja di pasar. Kalikan 52 untuk mengetahui berapa banyak plastik yang dihasilkan dalam setahun dari aktivitas belanja saja. Jika Sahabat JD.ID belanja di tempat offline, bawalah kantong belanja dan pastikan kamu memakainya berulang-ulang sebelum menggantinya dengan yang baru.

4. Pilih Produk Lokal

Produk lokal, terutama untuk produk segar, cenderung lebih segar karena dipetik dalam kondisi siap panen. Selain itu kita juga mendukung petani lokal, sekaligus mengurangi polusi yang diakibatkan oleh transportasi produk lintas negara.

Itulah beberapa tips singkat yang harus Sahabat JD.ID lakukan ketika hendak berbelanja offline agar bisa kurangi penggunaan sampah plastik. Untuk mengurangi penggunaan sampah plastik ada baiknya Sahabat JD.ID beralih dalam belanja online khususnya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here