Tidak hanya fokus pada situs belanja online, namun JD.ID pun fokus pada penjualan offline. Dengan membuka toko offline pertamanya yang disebut JD.ID X di Indonesia yang berlokasi di PIK Avenue. JD.ID X tampak seperti toko lainnya dimana produk fashion ditampilkan di etalase utama. Toko offline JD.ID ini mengusung konsep cash-less sehingga pengguna tak memerlukan uang tunai untuk melakukan transaksi. Toko ini juga tak menyediakan kasir. Lantas bagaimana transaksinya dilakukan dan bagaimana cara belanja di toko offline JD.ID?

Untuk berbelanja di JD.ID X, kamu harus memiliki akun JD.ID untuk bisa masuk ke toko JD.ID X. Jika belum memiliki akun, kamu bisa mengunduh aplikasi terlebih dahulu kemudian melakukan registrasi. Tak perlu khawatir saat melakukan registrasi karena staf toko siap membantu kamu.

 

Selain itu, pelanggan juga diharuskan memiliki kartu kredit yang terintegrasi dengan akun JD.ID, atau jika kamu belum memiliki kartu kredit kamu bisa menghubungkan akun gopay kamu untuk melakukan transaksi. Usai registrasi aplikasi, kamu akan mendapatkan kode QR yang digunakan sebagai akses masuk ke toko. Tak hanya itu, gerbang masuk JD.ID X juga disertai layar dan pemindai wajah guna mengenali konsumen.

Proses berbelanja di JD.ID X di yakini akan menjadi pengalaman berbelanja yang tidak akan pernah kamu rasakan sebelumnya. Setelah memastikan produk yang kamu pilih cocok, kamu akan beranjak ke pintu keluar.

Sebagaimana pintu gerbang, di area ini pelanggan harus melalui sensor pemindai wajah dan sensor pendeteksi jumlah produk belanjaan. Tanpa menunggu lama, layar yang tersedia di pintu keluar menampilkan detil dan jumlah produk belanjaan yang telah dipilih beserta total biaya yang harus dibayar.

Mengingat akun JD.ID telah memindai wajah kamu, ketika kamu melalui pintu keluar notifikasi dari transaksi pun lekas muncul. Berbeda dengan JD.ID online, produk di toko JD.ID X tidak terlalu banyak, namun produk yang dijual adalah katagori fashion, produk rumah tangga, kosmetik, elektronik, hingga makanan ringan dan juga games corner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here