Waspadai Modus Penipuan Lowongan Kerja saat Pandemi

0
1049

Saat masa pandemic sekarang ini, modus penipuan lowongan kerja semakin marak terjadi, Sahabat JD.ID harus lebih teliti dan mengetahui seperti apa modusnya. Situasi ini justru banyak dimanfaatkan oleh banyak pihak yang berniat jahat. Tak bisa dipungkiri, ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan dimasa pandemic COVID-19 saat ini. Di sisi lain, tak banyak lowongan kerja yang tersedia. Alasannya tentu tak jauh-jauh dari situasi pandemi. Akhirnya, lowongan palsu muncul di mana-mana.

Kira-kira, bagaimana cara kerja penipuannya? Selain itu, apa saja langkah untuk menghindarinya?

1. Meminta Uang

Secara umum dan seharusnya terjadi adalah, proses perekrutan pegawai tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis. Jika Sahabat JD.ID mendapatkan undangan interview kerja dengan modus meminta uang untuk biaya transport/akomodasi bisa di pastikan itu penipuan. Pasalnya, uang ini digunakan untuk transpor korban dari rumah ke “lokasi wawancara”. Padahal, korban takkan dijemput oleh siapa pun.

2. Meminta Data Pribadi

Modus penipuan lowongan kerja kerap meminta data pribadi seperti KTP, foto copy ijazah, transkrip nilai, dan juga NPWP. Padahal, sejatinya, dokumen ini tak perlu, lho.

Memang, untuk keperluan administrasi, pajak, hingga BPJS, data-data di atas dibutuhkan oleh perusahaan. Namun, data ini baru diminta setelah kamu benar-benar diterima oleh rekruter tersebut.

3. Panggilan Interview Tidak Menyebutkan Jabatan

Ciri-ciri penipuan lowongan kerja juga bisa terlihat jika kamu dihubungi oleh perekrut yang tidak menyebutkan jabatannya. Pelaku penipuan biasanya hanya mengaku sebagai perwakilan sebuah perusahaan.

Padahal, perekrut resmi harusnya menyebutkan nama dan jabatan sebagai staf Human Resource Development atau staf Human Capital. Selalu jeli dan teliti saat melamar pekerjaan. Jika ada hal-hal yang mencurigakan, langsung hentikan proses seleksi kerja dan laporkan ke pihak berwajib.

Sejatinya, cara menghindari penipuan lowongan kerja saat pandemi tak jauh beda dengan saat biasanya.  Sahabat JD.ID harus lebih teliti dan mencari tahu kebenarannya. Biasanya di beberapa perusahaan besar, informasi perihal lowongan pekerjaan mudah di dapatkan melalui social media seperti Linkedin.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JD.ID Workspace (@jdidworkspace)

Kamu baru menemukan lowongan kerja, namun memenuhi ciri-ciri loker palsu di atas? Nah, tak ada salahnya melakukan konfirmasi secara langsung. Coba cari email atau telepon perusahaan, lalu tanyakan soal lowongan kerja yang kamu temukan.