5 Perbedaan Smart TV dan Android TV, Jangan Sampai Salah!

0
2088
Perbedaan Smart TV dan Android TV
Source: Freepik

Tahukah kamu perbedaan Smart TV dan Android TV?

Pasalnya, kedua perangkat tersebut kini menjadi favorit masyarakat Indonesia. Kenapa? Soalnya, baik Smart TV maupun Android TV menawarkan berbagai jenis tayangan yang sangat menghibur, seperti menonton acara Netflix hingga mendengarkan musik.

Meskipun harus mengeluarkan kocek yang cukup besar, namun nyatanya kedua jenis TV ini masih jadi primadona di sebagian kalangan.

Lalu, apa sih yang membuat Smart TV dan Android TV begitu populer? Tapi sebelum itu, ketahui dulu yuk pengertian kedua TV ini.

Baca Juga: Cari Smart TV Terbaik dengan Harga Murah Meriah? Ini Dia Produknya!

Apa Itu Smart TV dan Android TV?

Apa itu Smart TV
Source: Freepik

Bagi kamu yang masih bingung mengetahui perbedaan Smart TV dan Android TV, singkatnya kedua perangkat tersebut merupakan televisi pintar yang memiliki kemampuan untuk terkoneksi secara langsung ke jaringan internet. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Smart TV

Source: Tek.id

Smart TV merupakan versi lebih canggih dari televisi tabung dan sudah mengalami peningkatan, serta memiliki kemampuan untuk terkoneksi secara langsung ke jaringan internet.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga dilengkapi processor tambahan yang berfungsi untuk memperlancar segala fitur yang ada pada Smart TV, seperti mengakses konten atau tontonan dari berbagai macam platform mulai dari sosial media hingga layanan video streaming.

Pengertian Android TV

Source: Detik

Sedangkan, Android TV merupakan perangkat televisi yang termasuk ke dalam kategori Smart TV karena juga memiliki komponen processor hingga koneksi internet. Namun,  Android TV sedikit lebih canggih karena dilengkapi dengan teknologi operating system berbasis Android.

Dengan teknologi besutan dari Google tersebut kamu bisa menghubungkan perangkat TV dengan Google Play Store. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh beberapa aplikasi favorit yang tersedia dalam layanan tersebut.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Perbedaan Smart TV dan Android TV
Source: Kaskus

Setelah mengetahui pengertian kedua perangkat tersebut, perbedaan Smart TV dan Android TV menjadi hal yang penting untuk di perhatikan. Berikut di antaranya:

  Smart TV Android TV
Fitur Browsing, Streaming dan Bermain Game Browsing, Streaming, Bermain Game, Google Cast, Google Assistant
Sistem Operasi Sistem OS Tergantung Produsen TV Android OS (Upgradeable)
Akses ke Google Play Store Tidak Memiliki Akses Memiliki Akses Langsung
Pembaruan Sistem Tidak Tersedia Tersedia Jika Diperlukan
Penggunaan Remote Menggunakan Satu Jenis Remote Menggunakan Dua Jenis Remote (untuk televisi dan sistem android)
Bentuk dan Tampilan Memiliki Desain yang Menarik Hanya merupakan sistem tambahan bukan berupa fisik

 

Seperti yang terlihat di tabel, perangkat Android TV memiliki fitur dan kegunaan yang lebih fleksibel dibandingkan Smart TV.

Buat kamu yang ingin memiliki pengalaman menonton tayangan yang lebih banyak dengan sistem OS yang selalu dapat di-upgrade, maka Android TV merupakan pilihan yang tepat. Sedangkan, jika kamu hanya membutuhkan perangkat yang sekadar “pintar” dan tidak terlalu fokus dengan fitur terbaru, Smart TV bisa jadi solusi terbaik.

Baca Juga: 5 Perbedaan TV Analog dan Digital, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Smart TV dan Android TV, Kelebihan dan Kekurangannya

Source: Myg

Setelah mengetahui beberapa perbedaan Smart TV dan Android TV, kamu juga perlu mengetahui kelebihan dari setiap perangkat ini agar tidak salah pilih. Berikut kelebihan dari kedua TV pintar tersebut.

Jenis TV Kelebihan Kekurangan

Smart TV

Memiliki fitur perekaman layar yang bisa menyimpan tayangan film kesayangan Kurang di rekomendasikan untuk menggunakan antenna biasa karena hasil gambarnya kurang baik.
Tampilan interface yang sederhana dan mudah digunakan Harganya lebih mahal di bandingkan Android TV

Android TV

Bisa Mendownload beragam aplikasi dari Google Play Store Pengoperasiannya menggunakan dua jenis remote.
Memiliki Google Voice Input dan Google Cast dan bisa di hubungkana dengan smartphone Membutuhkan beberapa komponen tambahan agar bisa berfungsi dengan baik
Bisa dihubungkan ke perangkat TV biasa dan merubahnya menjadi TV pintar.

Tips Memilih Smart TV dan Android TV

Tips Memilih Smart TV dan Android TV

Mendapatkan perangkat Smart TV yang tepat bisa dibilang susah susah gampang. Pasalnya, walaupun sudah memiliki informasi tentang perbedaan Smart TV dan Android TV, kita masih sering dipusingkan dengan banyaknya pilihan produk yang tersedia.

Pemilihan perangkat televisi juga tidak boleh sembarangan karena waktu penggunaanya cukup panjang. Oleh karena itu, kamu harus lebih hati-hati dalam menentukan produk yang tepat.

Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan produk TV yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut penjelasannya:

1. Merek

Merek menjadi salah satu aspek yang cukup penting untuk diperhatikan ketika memilih sebuah perangkat Smart TV. Kamu dapat memilih produk dengan merk ternama yang kredibilitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Mengapa demikian? Karena biasanya produsen yang sudah kredibel memiliki tes produk yang ketat, sehingga kualitas barangnya akan sangat diperhatikan.

2. Pilih Ukuran Layar yang Sesuai

Selain merek, kamu juga harus menentukan kenyamanan ketika sedang menonton yaitu dengan memilih ukuran layar TV yang sesuai dengan kondisi ruangan. Jika ukuran ruangan yang terbatas, TV 32 hingga 43 inci bisa jadi pilihan tepat.

Sedangkan, untuk ruangan yang lebih besar kamu bisa menggunakan perangkat TV dengan ukuran 46 hingga 55 inci. Dengan memilih ukuran yang tepat, kamu bisa mendapatkan posisi menonton yang lebih nyaman.

3. Perbedaan Smart TV dan Android TV dari Spesifikasi dan Fitur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kedua perangkat TV ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, seperti Smart TV mempunyai fitur recording untuk menyimpanan tayangan film. Sedangkan, Android TV dapat mendownload aplikasi dari Google Play Store. Dengan begitu, kamu dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Cek Kualitas Audio

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengalaman menonton TV akan jadi lebih maksimal jika didukung oleh audio yang berkualitas dan menggelegar. Hal tersebut bisa kamu dapatkan dari Smart TV dan Android TV yang sudah dilengkapi dengan fitur Smart Dolby Atmos.

5. Pilih Produk yang Memiliki Garansi

Garansi merupakan salah satu jaminan penting dan aman yang harus kamu miliki di setiap  perangkat elektornik seperti televisi. Soalnya, garansi akan memudahkan kamu untuk mengajukan penggantian spare part ketika mengalami kerusakan.

Itu dia beberapa perbedaan Smart TV dan Android TV yang perlu kamu perhatikan secara seksama. Semoga dengan mengetahui informasi tersebut kamu bisa mendapatkan produk yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan produk televisi dengan kualitas jempolan, JD.ID bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyediakan semua kebutuhan tersebut.

Bukan hanya produknya yang #DijaminORI, kegiatan belanja di JD.ID juga terasa lebih menyenangkan karena selalu menghadirkan promo dan diskon yang menggiurkan. Mulai dari voucher belanja, diskon potongan harga hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia bisa kamu nikmati setiap harinya.

Tidak hanya itu, JD.ID juga menyediakan banyak pilihan metode pembayaran mulai dari transfer antar bank, cicilan 0% hingga Cash On Delivery (COD) bisa mempermudah kegiatan transaksi yang kamu lakukan. Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi website atau aplikasi resmi JD.ID dan nikmati pengalaman belanja yang berbeda dari sebelumnya!