5 Perbedaan TV Analog dan Digital, Mana yang Lebih Baik?

0
1766
5 Perbedaan TV Analog dan Digital, Mana yang Lebih Baik- JD.ID
Source: Freepik

Penghapusan siaran TV analog oleh pemerintah, memaksa masyarakat beralih ke siaran TV digital. Akan tetapi, apakah Sahabat JD sudah mengetahui apa perbedaan TV analog dan digital yang sebenarnya? Mengingat masih banyak orang yang keliru tentang hal ini.

Bila melihat beberapa tahun ke belakang, generasi Baby Boomer hingga Milenial sangat dekat dengan kehadiran TV analog ini. Mengingat banyak waktu dihabiskan untuk menonton tayangan TV yang terdapat pada media siaran tersebut atau khasnya kita mengenal TV tabung.

Nah melalui ulasan berikut ini, Sahabat JD akan diajak kembali untuk mengingat kejayaan TV analog hingga kemunculan TV digital, supaya bisa mendapatkan gambaran yang jelas terkait perbedaan TV digital dan analog. Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk kita simak di bawah ini!

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Soal Migrasi dari TV Analog ke Digital

Nostalgia dengan Kehadiran TV Analog

Nostalgia Kehadiran TV Analog- JD.ID
Source: Republika

Sebelum lebih jauh membahas seputar beda TV analog dan digital, bila diingat kembali kehadiran TV yang satu ini selalu setia menemani perjalanan kita. Di mana TV analog menjadi bagian dari generasi pertama pertelevisian dunia.

Pada masa itu penampakan TV ini cukup sederhana hanya dengan menghadirkan gambar bergerak dan suara dalam bentuk warna layar hitam dan putih. Kemudian sekitar tahun 1964 perusahaan elektronik Amerika mulai memproduksi TV berwarna dengan ukuran 12 inch untuk dijual ke publik.

Saat itu, TV berwarna sudah mulai menggunakan sistem National Television System Committee (NTSC) dan Phase Alternating Lines (PAL) dalam sistem penyiarannya. TV analog kala itu menggunakan tabung katoda di belakangnya, berfungsi untuk menampilkan gambar. Oleh karena itu, engga heran TV analog identik dengan TV tabung.

Untuk mendapatkan siaran televisi, kebanyakan masyarakat menggunakan antena Ultra High Frequency (UHF) yang kabelnya disambungkan langsung ke bagian belakang TV.

Lazimnya antena ini kerap di pasang di atas genteng rumah. Sebab, bila semakin tinggi antena maka makin bagus gambaran tayangan TV yang bisa ditangkap.

Lantas apakah TV analog hanya berupa TV tabung saja? Nyatanya tidak, karena seiring waktu TV analog turut berinovasi dengan kehadiran model baru dalam jenis TV LCD, LED dan plasma TV dengan bentuk panel layar yang lebih datar.

Bahkan sebenarnya Smart TV yang terbilang canggih sekalipun, dalam pemakaiannya beberapa ada yang masih menggunakan sinyal analog dan internet. Oleh karena itu, untuk menghubungkan Smart TV dengan TV digital dijembatanilah dengan menggunakan antena set top box (STB) DVB-T2.

Kelebihan TV Analog yang Menjadi Primadona di Masanya

Kehadiran TV analog yang telah banyak menemani manusia dari generasi ke generasi tidak bisa diabaikan. Sebab, selama puluhan tahun, TV ini menjadi andalan yang belum bisa digantikan. Hal ini karena TV analog memiliki sederet kelebihan, di antaranya:

  • Harganya yang cukup terjangkau bila dibandingkan TV digital pada umumnya, baik fisik TV ataupun aksesori yang mendukungnya seperti antena UHF.
  • Televisi yang mudah menerima siaran TV lokal, melalui pemancar lokal yang banyak dimiliki diberbagai daerah.

Kekurangan TV Analog dengan Keterbatasannya

Meskipun TV ini selalu setia menemani berbagai aktivitas yang kamu lakukan, sayangnya dalam beberapa hal TV analog memiliki keterbatasan, meliputi:

  • Gambar TV analog mudah mengalami bintik-bintik, terutama jika jarak pemancar sinyal dan TV cukup jauh.
  • Dalam pemakaian TV analog termasuk cukup boros listrik, terutama jenis TV tabung.
  • Perubahan cuaca seperti hujan dan badai juga banyak mempengaruhi kualitas gambar pada TV model ini.

Kehadiran TV Digital sebagai Inovasi Teknologi TV Terbaru 

Kehadiran TV Digital sebagai Transformasi Televisi- JD.ID
Source: Pixabay

Seiring berkembangnya waktu, sekitar tahun 1990-an seorang Insinyur dari Korea bernama Woo Paik berhasil menemukan televisi yang bisa membuat tampilan gambar di TV lebih cerah dan cemerlang dibanding TV analog pada umumnya.

Dari sinilah kita mulai mengenal istilah High Definition Television (HDTV) dengan tampilan visual yang lebih jernih. Penangkapan siaran televisi juga tidak membutuhkan antena UHF lagi, karena cara kerjanya adalah dengan mengubah sinyal TV digital menjadi kode binary yang nantinya akan diterjemahkan dalam bentuk suara dan gambar.

Walaupun begitu, pemiliki TV analog masih bisa menggunakan perangkat elektroniknya dengan menyambungkan siaran TV digital menggunakan set top box (STB) DVB-T2. Ini merupakan alat yang membantu mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara.

Untuk jenis TV digital sendiri, masih banyak berasal dari Smart TV, meskipun tidak semua Smart TV termasuk TV digital karena sebagiannya mungkin masih analog.

Baca Juga: Ketahuilah Perbedaan Smart TV dan Android TV Sebelum Membeli

Agar tidak terjebak membedakan mana TV digital dan analog, kamu bisa menyimak berdasarkan beberapa ciri TV digital di bawah ini:

  • Menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus hingga High Definition (HD) dan 4K.
  • Dilengkapi dengan fitur set top box (STB) DVB-T2 yang bisa menerima sinyal digital.
  • Mendukung fitur pencarian siaran Digital (DTV).
  • Beberapa Smart TV yang tergolong TV digital juga sudah dilengkapi dengan fitur menonton program streaming seperti YouTube atau Netflix.

Di samping itu, kamu juga memeriksa TV yang dibeli termasuk TV digital atau bukan dengan langkah sederhana ini.

  1. Kunjungi halaman resmi kominfo di alamat https://siarandigital.kominfo.go.id/
  2. Pada bagian bar atas pilih menu, “Perangkat TV digital”
  3. Nantinya akan muncul table isian, kemudian pilih menu “Pilih Kategori”, lalu ‘Televisi’ baru setelah itu masukkan merek hingga tipe TV yang kamu ingin cari.

Jika terdaftar biasanya akan muncul nama merek hingga tipe TV yang sedang kamu cari. Sementara jika bukan, maka akan ada keterangan yang menjelaskan jika perangkat elektronik tersebut bukan TV digital.

Kelebihan TV Digital sebagai TV yang Modern

Dari uraian di atas, Sahabat JD bisa memperhatikan beberapa poin keunggulan TV digital yang meliputi:

  • Memiliki gambar yang lebih jernih dibanding TV analog.
  • Sinyal pemancar TV digital akan lebih stabil dan tidak terpengaruhi oleh kondisi cuaca.
  • Keberadaan fitur tambahan di TV berupa EPG (Electronic Program Guide) yang memungkinkan kamu mengetahui program apa yang sudah dan akan tayang.

Kekurangan TV Digital 

Walaupun kehadiran TV digital cukup bisa diandalkan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait hambatanya, yakni:

  • Pelemahan sinyal TV digital bisa menyebabkan tayangan TV menjadi blank spot atau patah-patah sehingga sangat menggangu ketika ditonton.
  • Tidak memungkinkan tertangkapnya pemancar TV lokal, sehingga program TV daerah sulit didapatkan.
  • Keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia) yang mengerti tentang TV digital karena terbilang teknologi yang baru.
  • Kesenjangan yang cukup besar antara pengguna TV digital dan analog.

Perbedaan TV Analog dan Digital

Perbedaan TV Analog dan Digital- JD.ID
Source: Freepik

Peraturan pemerintah yang telah menyetop siaran TV analog, memaksa masyarakat untuk perlahan pindah menggunakan TV digital.

Ada yang memilih masih menggunakan TV analog dengan bantuan set top box (STB) DVB-T2 sampai ada yang benar-benar mengganti perangkat TV nya secara langsung menjadi TV Digital.

Namun, sebelum Sahabat JD memilih upaya kedua ada baiknya mengetahui juga perbedaan TV analog dan TV digital. Kemudian menimbang apakah ini layak untuk beli atau pun tidak, berikut penjelasannya!

1. Perbedaan TV Analog dan Digital Dilihat dari Bentuk TV

Bila diperhatikan bentuk TV analog dan digital cukup berbeda. Yang mana pada umumnya TV analog khususnya TV tabung, memiliki bobot yang berat dan tempat yang luas untuk pemasangan.

Sementara TV digital tidak, sebab pada umumnya bentuk TV ini hadir dengan layar datar. Yang mana hampir semua TV digital berupa Smart TV.

2. Daya Listrik

Kebanyakan TV analog hadir dalam bentuk TV tabung. Inilah yang membuat TV analog cukup boros listrik bila dibandingkan dengan TV digital yang hadir dalam bentuk layar tipis yang hemat energi.

3. Perbedaan TV Analog dan Digital dari Segi Kualitas Gambar dan Suara

Dari segi kualitas gambar TV analog memang cukup tertinggal jauh dibandingkan TV Digital. Hal ini karena TV digital telah mendukung kualitas tayangan yang lebih cemerlang dan suara jelas hingga dukungan High Definition (HD) sampai 4K.

4. Stabilitas Sinyal

Perbedaan TV digital dan analog lainnya, bisa dilihat dari stabilitas sinyal. Lazimnya TV analog akan mudah terpengaruh oleh kondisi cuaca seperti hujan, yang membuat tayangan televisi mengalami noise atau bintik-bintik karena pemancar sinyal semakin melemah.

Berbeda halnya dengan TV digital yang tidak terpengaruh sama sekali oleh cuaca sebab menjanjikan sinyal yang stabil dengan kualitas gambar yang baik.

5. Perbedaan TV Analog dan Digital dari Harganya

Sebagai teknologi yang baru, tentunya kehadiran TV digital bukanlah barang yang murah. Melainkan produk yang cukup mahal untuk didapatkan oleh masyarakat. Tidak hanya televisinya, tapi juga perangkat tambahannya seperti antena set top box (STB) DVB-T2.

Berbeda dengan TV analog yang menjadi elektronik favorit banyak kalangan masyarakat karena memiliki harga yang terjangkau.

Dengan mengetahui beberapa poin penjelasan tentang beda TV analog dan digital, kini TV mana yang akan kamu pilih? Mengingat sebenarnya untuk mendapatkan tayangan televisi, kamu masih bisa menggunakan TV analog dengan bantuan antena set top box (STB) DVB-T2 yang bisa disambungkan pada bagian belakang TV.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik. Setidaknya memang kamu lebih baik beralih ke TV digital. Nah, jika kamu sedang mencari produk TV digital yang lengkap, tidak ada salahnya untuk menengok berbagai produk TV digital yang dimiliki oleh JD.ID.

Dengan membeli produk TV digital di sini termasuk perangkat tambahannya seperti set top box (STB) DVB-T2 kamu akan mendapatkan harga produk yang ramah di kantong. Pasalnya JD.ID memberikan beragam promosi produk dalam bentuk diskon potongan harga hingga voucher belanja yang menguntungkan.

Apalagi hingga 10 Agustus 2022 nanti, kamu bisa mendapatkan promo besar-besaran dalam rangkaian acara ‘Super8 Electronic Mega Sale’ di mana banyak produk elektronik seperti TV yang dijual dengan diskon berlimpah. Jadi, yuk belanja sekarang di JD.ID dan nikmati berbagai keuntungan dalam berbelanja serta produk #DijaminORI.