6 Cara Membersihkan Kompor Gas Agar Lebih Awet Digunakan

0
1073
6 Cara Membersihkan Kompor Gas Agar Lebih Awet Digunakan- JD.ID
Source: Ibupedia

Kotoran yang menempel di sela-sela kompor gas sering kali sulit dibersihkan. Hal ini yang biasanya membuat malas untuk membersihkan kompor. Bila dibiarkan ini bisa menjadi sarang kotoran, kuman dan penyakit. Agar hal itu tidak terjadi, kamu sebaiknya tahu tentang bagaimana cara membersihkan kompor gas yang mudah.

Apalagi di momen Ramadan ini pastinya kamu akan lebih sering ke dapur untuk memasak menu berbuka dan sahur. Tentu akan lebih betah bila melihat dapur dan kompor gas lebih bersih, bukan? Nah, dari itu yuk kita cari tahu apa saja hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kompor gas!

Baca juga: 5 Peralatan Dapur Elektronik yang Wajib Ada di Rumah!

Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah

Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah- jd.id
Source: Kompas.com

Melansir dari berbagai sumber ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengangkat kotoran di kompor gas, di antaranya dengan membersihkan bagian kompor gas seperti body kompor, dudukan panci, ring kompor hingga ke bagian sekitar kompor.

Adapun cara membersihkannya, bisa disimak melalui pembahasan berikut ini.

1. Pembersihan body kompor gas

Body kompor gas mencakup hampir semua bagian dari kompor yang di dalamnya berisi knop, merk dan seri. Umumnya body kompor gas ini terbuat dari stainless steel anti karat yang mudah dirawat.

Sehingga untuk membersihkannya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah, seperti sabun pembersih piring, lemon, baking soda, garam hingga cuka apel.

Tidak lupa gunakan juga lap microfiber untuk menyapu area yang kotor. Dijamin permukaan kompor gas-mu akan kinclong seperti beli baru.

2. Pembersihan dudukan panci gas

Tidak seperti langkah di atas, dalam hal membersihkan dudukan panci tidak cukup hanya di lap saja. Sebab, dikhawatirkan kotoran di dalamnya tidak akan terangkat sempurna.

Oleh karena itu, ambillah dudukan panci tersebut satu persatu dari tungkunya kemudian rendam selama 2 jam menggunakan air panas, sabun cuci piring dan citrate acid. Sikat bagian yang kotor menggunakan sikat gigi bekas agar kotoran dan kerak yang menempel bisa terlepas.

3. Cara membersihkan kompor gas salah satunya perhatikan komponen penting ring kompor

Ring kompor gas merupakan dudukan tungku. Bagian ini bisa dibersihkan dengan cara melepaskan semua ring kompor untuk direndam di dalam cairan cuka apel selama 30 menit.

Nantinya kamu bisa menyikat ring kompor ini menggunakan sikat gigi bekas serta air dan soda kue untuk menggosok kotoran yang membandel. Selanjutnya bilas dan keringkan.

Baca juga: Niko Hadirkan Kompor Kaca Dengan Teknologi Pengaman Api

4. Hindari membersihkan tungku kompor sembarangan

Tidak seperti bagian lainnya yang mudah dibersihkan, bagian tungku kompor ini sedikit berbeda. Mengingat jika sembarangan membersihkannya bisa berpengaruh pada kualitas api yang dihasilkan. Dalam hal pembersihan bagian ini, kamu harus menggunakan krim khusus.

Setelah itu, baru kamu bisa menyikat bagian yang kotor menggunakan sikat gigi bekas dan mengeringkannya.

5. Cek juga kolong kompor gas

Membersihkan gas secara menyeluruh penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan mengecek bagian kolong gas yang berisi kotoran berupa serpihan makanan yang menumpuk.

Bila lupa dibersihkan, khawatir ini akan menjadi sarang tikus atau serangga lainnya. Adapun cara membersihkan bagian ini cukup dengan mengelap menggunakan lap microfiber guna mengangkat kotoran tersebut.

6. Cek keamanan selang dan regulator

Hal lain yang tidak boleh luput dalam cara membersihkan kompor gas yakni mengecek keamanan selang dan regulator secara berkala. Agar bisa meminimalisir insiden kebocoran gas yang mungkin terjadi.

Kamu juga bisa mengecek tekanan gas supaya tidak lebih rendah atau tinggi karena bisa mengakibatkan ledakan.

Kapan Waktu yang Tepat Membersihkan Kompor Gas?

Kapan Waktu yang Tepat Membersihkan Kompor Gas?- JD.ID
Source: Freepik

Setelah menggunakan kompor gas untuk memasak bagusnya memang langsung dibersihkan, terutama untuk bagian body kompor agar kotoran tidak mengerak.

Sementara untuk bagian lain seperti dudukan panci, ring kompor atau tungku bisa dibersihkan sewaktu-waktu.

Di samping itu, kamu bisa melihat ciri lain lewat nyala api yang tidak konsisten dan mulai berwarna kuning. Ini mengisyaratkan kotoran yang tersumbat dalam tungku. Segera lakukan pembersihan kompor gas secara menyeluruh.

Dengan mengetahui cara-cara di atas, kini kamu bisa menjaga kompor gas dengan baik. Agar lebih awet digunakan dan lebih bersih.

Adapun jika berniat untuk menambah koleksi baru kompor gas, kamu bisa membelinya di platform e-commerce JD.ID. Di sini tersedia berbagai produk kompor gas yang bisa kamu beli mulai dari kompor gas Rinnai 2 Tungku, kompor gas Rinnai 1 Tungku, Kompor gas Miyako, kompor gas Niko, regulator Quantum, tabung gas 3 Kg, tabung gas mini dan sebagainya.

Dengan membeli di JD.ID, kamu bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih murah. Apalagi di bulan Ramadan ini JD.ID memberikan berbagai diskon dan promo yang menarik. Jadi, yuk beli kompor gas impianmu di JD.ID sekarang!