6 Penyebab AC Bocor di Rumah dan Cara Mengatasinya!

0
7226
6 Penyebab AC Bocor di Rumah dan Cara Mengatasinya!- jd.id

Bagi Sahabat JD yang memiliki AC atau Air Conditioner di rumah, tentu pernah mengalami AC Bocor. Namun, apa penyebab AC bocor ini? Bisa beragam, seperti karena pemakaian yang terus menerus atau pun karena faktor lain.

Jika sudah begini, tentu ini sangat merepotkan karena kamu harus rajin mengepel lantai atau menyediakan ember agar air yang menetes tidak membuat lantai licin. Agar masalahmu segera bisa ditangani, langsung saja kita simak penyebab AC bocor dan cara mengatasinya!

Baca juga: Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mudah Mengatasinya!

Apa Saja Penyebab AC Bocor?

Apa Saja Penyebab AC Bocor?- JD.ID
Source:Pesonamitratama.co.id

Dengan mengetahui apa pemicu yang menyebabkan air di AC terus menetes alias bocor, kamu bisa mengidentifikasi dari mana masalah tersebut berasal.

1. Kebocoran Udara

Faktor pertama mungkin disebabkan oleh kebocoran udara. Ini terjadi apabila udara yang mencapai AC tidak melewati ventilasi. Padahal fungsi optimalnya udara yang mencapai AC harus melewati ventilasi.

Cara mengatasinya:

Coba kamu cek bagian-bagian ventilasi AC apakah mungkin ada kebocoran di sela-selanya. Jika ada, maka cara mengatasinya adalah dengan memperbaikinya dan memastikan ini tidak terulang lagi.

2. Pipa Pembuangan Tersumbat

Dalam cara kerjanya, kelembapan yang dikumpulkan oleh AC dalam proses dehumidifikasi akan menyebabkan terangkatnya debu dan serpihan kotoran. Kotoran ini kemudian akan dialirkan melalui pipa pembuangan. Nah jika pipa pembuangan menumpuk, maka akan mengakibatkan penyumbatan.

Penyumbatan yang terus tertahan oleh kotoran lambat laun akan membuat air di dalamnya tumpah ke luar yang menyebabkan bocor.

Cara Mengatasinya:

  • Temukan saluran pembuangan dan periksa seberapa parah penyumbatan yang terjadi. Bersihkan menggunakan sikat kawat panjang dan gosok menyeluruh. Untuk kotoran yang tebal, mungkin diperlukan vakum khusus untuk menyedot kotoran tersebut.
  • Periksa juga panci pembuangan genangan air, buang airnya dan bersihkan agar tidak terjadi pertumbuhan jamur.
  • Untuk pencegahan, bersihkan secara rutin pembuangan kondensat dengan menuangkan cairan pemutih ke saluran pembuangan setiap enam bulan sekali. Ini bisa  menghilangkan jamur dan kuman. Tapi, jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan korosi.

3. Penyebab AC Bocor Salah Satunya karena Kumparan Evaporator Membeku

Kumparan evaporator adalah salah satu bagian dari unit AC. Ini sangat penting karena bisa menyerap udara panas dari luar lalu mengubahnya menjadi udara dingin. Sewaktu-waktu kumparan ini bisa membeku akibat udara yang terus tersumbat.

Pembekuan yang terjadi kemudian akan membuat penumpukan kelembapan, menyebabkan panci pembuangan meluap dan air di AC menjadi bocor.

Cara Mengatasi AC Bocor karena Kumparan Evaporator Membeku:

  • Periksa dan bersihkan bagian unit AC berupa saluran, ventilasi balik, filter udara dan kumparan sirip.
  • Periksa juga apakah kumparan evaporator kekurangan zat pendingin atau refrigerant. Sebab ini menyebabkan pembekuan dan saat meleleh menyebabkan kebocoran.

4. Filter Udara Kotor

Dalam unit AC fungsi filter udara sangatlah penting, salah satunya untuk menyaring udara dari luar sehingga memastikan kita mendapatkan udara yang sehat.

Proses penyaringan udara ini yang kadang-kadang membuat filter udara mudah kotor.  Ini bisa memengaruhi kualitas udara dan melemahkan cara kerja dari aliran udara HVAC.

Cara Mengatasi:

  • Bersihkan filter AC dan biarkan hingga kering sebelum memasang ulang.
  • Usahakan untuk membersihkan filter maksimal setiap 2 minggu sekali dan menggantinya setelah 3-4 bulan.

Baca juga: Jangan Keliru! Ini Perbedaan Air Purifier, Humidifier dan Diffuser

5. Terjadi Karat Pada Panci Pembuangan

Setelah pemakaian AC yang cukup lama sekitar 15-20 tahun, kemungkinan ini akan menyebabkan unit AC yakni panci pembuangan berkarat.

Terlebih bukan hanya karena usia, unit ini juga terbuat dari logam yang bisa mengalami korosi. Bila dibiarkan ini bisa membuat penyumbatan dan kebocoran pada AC.

Cara Mengatasinya:

  • Tambal panci pembuangan tersebut menggunakan lem tahan air.
  • Ganti panci pembuangan AC dengan yang baru.

6. Pemasangan yang Tidak Benar

Tidak hanya karena faktor unit AC yang bermasalah, kebocoran juga bisa terjadi karena human error. Terutama untuk kasus AC yang masih baru. Bisa jadi ini karena pemasangan AC dan pipa pembuangannya yang tidak optimal memungkinkan panci pembuangan tidak bisa mengalirkan air dan akhirnya terjadi bocor.

Cara Mengatasinya:

Dengan memanggil tukang pasang dan bongkar AC yang profesional untuk memeriksa ulang apakah settingan AC nya sudah betul atau tidak. Diharapkan dengan cara ini, AC yang kamu miliki bisa kembali normal.

Bolehkah AC Bocor Dinyalakan?

Bolehkah AC Bocor Dinyalakan?- JD.ID
Source: KLY

Dengan mengetahui penyebab di atas, mungkin dari Sahabat JD ada yang bertanya-tanya apakah AC bocor masih boleh digunakan?

Boleh, namun unit tidak akan bekerja secara maksimal. Dalam beberapa kasus yang parah ini bisa menyebabkan kompresor rusak serta mengalirkan udara yang kurang bagus untuk kita hirup. Jadi, dari pada berisiko lebih baik matikan unit AC di rumah.

Promo Pendingin RUangan- JD.ID

Adapun jika kamu berniat membeli unit AC yang baru, kamu bisa mendapatkan produknya dengan membeli melalui platform JD.ID.

Di sini menjual beragam peralatan elektronik rumah tangga, salah satunya Air Conditioner (AC) ½ PK hingga 1 PK dari berbagai merek yang terkenal, seperti Sharp, Panasonic, Samsung, Aqua, LG, Daikin dan sebagainya.

Dengan membeli di JD.ID kamu bisa mendapatkan harga yang terbaik dan produk yang original dan FREE Instalasi unit AC. Apalagi pengirimannya juga cepat dan aman. Yuk dipesan sekarang AC di JD.ID produk #DijaminOri.