Bagaimana Cara Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagihan Tak Membengkak?

0
786
Bagaimana Cara Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagihan Tak Membengkak?
Foto: Freepik

Bagaimana cara menghemat listrik yang efektif? Pernyataan ini sering dilontarkan oleh mereka yang harus mengeluarkan biaya lebih besar dari biasanya untuk membayar tagihan atau membeli token listrik.

Pasalnya, berita tentang kenaikan tarif dasar listrik (TDL) beberapa bulan terakhir cukup ramai beredar dan membuat masyarakat geger, lantaran panik harus mempersiapkan bujet ekstra di akhir bulan.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena pengeluaran tetap bisa ditekan melalui penggunaan sejumlah peralatan elektronik rumah tangga yang hemat energi.

Maka dari itu, baiknya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu simulasi perhitungan biaya listrik secara rinci, agar nantinya bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Baca Juga: Anti Boros! Ini 5 Cara Hemat Listrik AC yang Wajib Dicoba

Bagaimana Cara Menghemat Listrik yang Mudah?

Bagaimana Cara Menghemat Listrik yang Mudah?
Foto: lifepal.co.id

Menyoal biaya listrik, PLN sebenarnya telah memberikan informasi melalui situs resminya bahwa ada penyesuaian tarif listrik menjadi 13 golongan yang dipertimbangkan dari beberapa faktor, seperti inflasi, harga minyak mentah, serta nilai tukar dolar Amerika terhadap rupiah.

Selain itu, saat melakukan pengisian token listrik pun akan dikenakan biaya Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang setiap golongan dan daerah berbeda-beda. Sebagai contoh, wilayah Jakarta dikenakan PPJ sebesar tiga persen, sementara Bandung enam persen.

Di luar itu, ada rincian tarif kWh untuk pelanggan nonsubsidi hingga Februari 2022 yang juga perlu kamu ketahui seperti berikut ini:

Golongan dan Daya

Tarif per kWh

RI 900 VA Rp 1.352/kWh
RI 1.300 VA Rp 1.444/kWh
RI 2.200 VA Rp 1.444/kWh
R2 3.500-5.500 VA Rp 1.444/kWh
R3 6.600 VA ke atas Rp 1.444/kWh
R2 6.600-200 KVA Rp 1.444/kWh
I3 TM di atas 200 KVA Rp 1.035/kWh
I4 TT 30 MVA ke atas Rp 996/kWh
P1 6.600 VA-200 KVA Rp 1.444/kWh
P2 di atas 200 KVA Rp 1.035/kWh
P3/TR Rp 1.444/kWh
L/TR/TM Rp 1.644/kWh

Cara Menghitung Biaya Listrik

Cara Menghitung Biaya Listrik
Foto: hot.liputan6.com

Untuk bisa mengetahui bagaimana cara menghemat listrik dengan tepat, pertama-tama kamu harus menghitung biayanya. Namun, sebelum itu ketahui dulu kalau kWh adalah singkatan dari kilo watt hour, atau ribuan watt jam.

Jadi, 1 kWh sendiri sama dengan 1.000 watt jam. Jika diaplikasikan dalam simulasi di bawah ini, maka perhitungannya:

  • Ayu bertempat tinggal di Jakarta, PPJ = tiga persen (Rp 1 juta – tiga persen = Rp 30 ribu)
  • Tarif dasar listrik RI 1.400 VA: Rp 1.444/kWh
  • Pulsa listrik: Rp 1 juta (satu bulan)

Maka, (Rp 1 juta – Rp 30 ribu)/Rp 1.444 = 672 kWh. Berdasarkan penjelasan di atas, berarti 672 kWh x 1.000 watt jam = 672 ribu watt jam yang bisa kamu gunakan selama satu bulan.

Misalnya, kamu menggunakan kulkas dengan daya 70 watt yang menyala selama 24 jam. Lantas, dalam satu hari penggunaan lemari pendingin akan memakan daya 70 watt x 24 jam = 1.680 watt atau 1,68 kWh.

Dengan begitu, jika diakumulasikan selama satu bulan, kulkas akan menghabiskan daya sebanyak 1.680 watt x 30 hari = 50.400 watt atau 50,4 kWh.

Oleh karena itu, sebagai upaya menekan konsumsi listrik, kamu bisa menggunakan elektronik lain yang lebih hemat namun tetap mengacu pada watt yang ditawarkan.

Barang Elektronik Rumah Tangga Hemat Listrik

Tanpa perlu berlama-lama, di bawah ini merupakan enam daftar barang elektronik rumah tangga yang direkomendasikan karena memiliki daya kecil, yaitu:

1. AC Daikin FTC 15NV14

Bagaimana Cara Menghemat Listrik - AC Daikin FTC 15NV14
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - AC Daikin FTC 15NV14 - 2
AC-Daikin-Hemat-Listrik
AC-Daikin-Hemat-Listrik-2
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Konsumsi listrik: 389 watt 

Sebagai salah satu barang elektronik yang keberadaannya selalu dibutuhkan, AC kerap kali membuat orang-orang yang menggunakannya ketar-ketir dengan besarnya watt yang dimakan, karena memicu besarnya tagihan listrik.

Padahal, jika menggunakan produk hemat energi seperti Daikin FTC 15NV14, semua kekhawatiran tersebut dapat diminimalisir. Pasalnya, AC ini memiliki konsumsi daya sebesar 389 watt saja.

Selain itu, fitur-fitur unggulan yang dihadirkan seperti Energy Saving, Quiet Operation, dan Comfortable Airflow Control juga mampu membuat penggunaan AC semakin nyaman dan hemat, terlebih kualitas dan keamanan produknya sudah terjamin andal.

2. Kulkas LG GN-B195SQMT

Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Kulkas LG GN-B195SQMT
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Kulkas LG GN-B195SQMT - 2
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Kulkas LG GN-B195SQMT - 3
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Kulkas LG GN-B195SQMT - 4
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Kulkas LG GN-B195SQMT - 5
KULKAS-HEMAT-LISTRIK
KULKAS-HEMAT-LISTRIK-2
KULKAS-HEMAT-LISTRIK-3
KULKAS-HEMAT-LISTRIK-4
KULKAS-HEMAT-LISTRIK-5
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Konsumsi listrik: 70 watt 

Barang elektronik selanjutnya yang mampu menjawab pertanyaan bagaimana cara menghemat listrik yang tepat, yaitu Kulkas 2 Pintu LG GN-B195SQMT.

Dengan penggunaan daya 70 watt, produk ini mampu memberikan suhu dingin maksimal dengan cepat dan merata, karena sudah dilengkapi multi air flow di setiap sudutnya.

Oleh karena itu, sangat wajar apabila kulkas ini menjadi tempat menyimpan sayur dan buah yang aman. Apalagi, kapasitas yang ditawarkan pun besar untuk lemari pendingin dua pintu, yakni 15,9 liter.

3. Rice Cooker Kirin KRC 389 Solusi Bagaimana Cara Menghemat Listrik

Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Rice Cooker Kirin KRC 389 - 3
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Rice Cooker Kirin KRC 389
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Rice Cooker Kirin KRC 389 - 2
RICE-COOKER-HEMAT-LISTRIK-3
RICE-COOKER-HEMAT-LISTRIK
RICE-COOKER-HEMAT-LISTRIK-2
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Konsumsi listrik: 400 watt 

Selain dua produk di atas, kamu juga bisa menggunakan Rice Cooker Kirin KRC 389 yang diketahui memiliki daya sebesar 400 watt untuk memasak dan 58 watt untuk memanaskan makanan.

Meski terbilang kecil, namun barang elektronik ini hadir dalam tiga fungsi sekaligus, yakni memasak, mengukus, dan menghangatkan. Semua itu bisa dilakukan dalam jumlah besar, mengingat ukuran penanak nasi ini cukup besar yaitu dua liter.

4. Xiaomi Mi LED TV 4A Smart TV

Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Xiaomi Mi LED TV 4A Smart TV
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Xiaomi Mi LED TV 4A Smart TV - 2
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Xiaomi Mi LED TV 4A Smart TV - 3
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Xiaomi Mi LED TV 4A Smart TV - 4
TV-HEMAT-LISTRIK
TV-HEMAT-LISTRIK-2
TV-HEMAT-LISTRIK-4
TV-HEMAT-LISTRIK-3
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Konsumsi listrik: 60 watt 

Ingin menonton TV sepanjang hari tanpa khawatir tagihan listrik membengkak? Eits, tenang. Xiaomi Mi LED TV 4A Smart TV adalah jawabannya, karena televisi pintar ini sudah dibekali kontrol Android canggih berbasis online dan Bluetooth.

Belum lagi, prosesor inti 64-bit quad core, RAM 16 GB, memori internal 8GB, UI PatchWall, serta layar resolusi HD dengan kontras yang solid dan maksimal membuat pengalaman menonton semakin menyenangkan.

Tak hanya itu, TV keluaran Beijing, China ini juga dilengkapi dengan remote control bawaan yang sudah mendukung Google Assistant sehingga dapat memudahkan kamu mengoperasikan TV ini di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Cara Menghubungkan HP ke TV Terlengkap, dari Android hingga iOS!

5. Mesin Cuci Sharp T85CR

Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Mesin Cuci Sharp T85CR
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Mesin Cuci Sharp T85CR - 2
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Mesin Cuci Sharp T85CR - 3
MESIN-CUCI-HEMAT-LISTRIK
MESIN-CUCI-HEMAT-LISTRIK-2
MESIN-CUCI-HEMAT-LISTRIK-3
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Konsumsi listrik: 245 watt

Berikutnya ada mesin cuci Sharp T85CR yang direkomendasikan sebagai barang elektronik rumah tangga hemat listrik yang wajib dimiliki. Mengapa demikian? Karena produk ini hadir dalam fitur low watt system.

Maka dari itu, konsumsi listriknya hanya sebesar 245 watt untuk mencuci dan 105 watt untuk mengeringkan pakaian. Selain itu, yang membuat produk ini semakin menarik adalah desainnya yang compact dan memiliki lebar 85,5 cm serta tinggi 95,5 cm.

Dengan begitu, wajar apabila mesin cuci ini mampu menampung pakaian hingga delapan kilogram, atau setara dengan penggunaan baju dan celana dua sampai empat orang.

6. Dispenser Sanken HWD-C520IC

Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Dispenser Sanken HWD-C520IC
Bagaimana Cara Menghemat Listrik - Dispenser Sanken HWD-C520IC - 2
DISPENSER-HEMAT-LISTRIK
DISPENSER-HEMAT-LISTRIK-2
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Konsumsi listrik: 350 watt

Produk terakhir yang tak kalah penting untuk dimiliki, yaitu dispenser Sanken HWD-C520IC. Dibanderol harga Rp 1 jutaan, alat elektronik ini memiliki banyak keunggulan yang di antaranya, yaitu hadir dalam tangki 2 liter, konsumsi listrik 350 watt, serta dilengkapi berbagai fitur unggulan seperti IC Cool dan QYA Bacticlean Pipe.

Tak hanya itu, material yang digunakan pun 100 persen Stainless Steel dengan Thermal kontrol yang mampu menjaganya agar tetap aman dari suhu panas. Bahkan, secara desain juga bisa dibilang sempurna sehingga cocok untuk memperindah rumah.

Jadi, Mau Beli yang Mana?

Kini kamu sudah tahu kan bagaimana cara menghemat listrik yang benar? Yap, salah satunya dengan mengganti sejumlah barang elektronik rumah yang memakan daya besar menjadi hemat energi.

Apalagi, pada pembahasan di atas juga telah diberikan enam rekomendasi produk terbaik yang bisa kamu pilih dan beli secara online, misalnya melalui e-commerce terbaik dan terpercaya yaitu JD.ID.

Di sini, kamu tidak hanya menemukan banyak produk AC, kulkas, rice cooker, TV,  mesin cuci, dan dispenser. Namun, juga bisa membelinya menggunakan sejumlah promo yang tersedia seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan 0%.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa membayarnya secara fleksibel dengan memilih metode yang ingin digunakan, baik itu transfer bank, e-money, atau cash on delivery (COD). Bagaimana, sangat mudah kan berbelanja di JD.ID?

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, buruan beli produk elektronik yang kamu butuhkan sekarang juga sebelum kehabisan!