Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Agar Bebas dari Kuman!

0
1532
cara membersihkan kulkas
Foto: fullworks

Kulkas memiliki fungsi untuk menyimpan makanan dan minuman agar bisa bertahan lebih lama. Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui cara membersihkan kulkas yang baik dan benar agar kualitas makanan dan minuman tetap terjaga.

Selain itu, kulkas yang bersih juga memberikan banyak sekali manfaat seperti kulkas menjadi lebih rapi dan higienis, terhindar dari bau tak sedap dan tentu saja dapat terbebas dari kuman yang bisa berisiko membahayakan kesehatan.

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

Sejumlah pakar menyarankan agar kamu membersihkan kulkas secara menyeluruh setiap 3-4 bulan sekali untuk menghindari adanya pertumbuhan bakteri.

Lalu, bagaimana cara membersihkan kulkas yang baik dan benar? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Kosongkan Kulkas

Kosongkan Kulkas
Foto: parenting.firstcry

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membersihkan kulkas yaitu dengan mengosongkan lemari es dengan mengeluarkan seluruh makanan dan minuman di dalamnya.

Jangan lupa juga untuk memindahkan barang yang disimpan di freezer ke dalam wadah yang terisolasi agar kesegarannya tetap terjaga.

2. Menyingkirkan Makanan yang Sudah Tak Layak

Menyingkirkan Makanan yang Sudah Tak Layak
Foto: nokout

Pastikan juga untuk menyingkirkan makanan lama yang sudah tak layak untuk dikonsumsi seperti buah dan sayuran yang sudah membusuk maupun sisa-sisa makanan yang sudah tak dimakan lagi.

Kamu juga dapat membuang bumbu yang telah dibuka terlalu lama karena umumnya produk tersebut hanya bisa bertahan selama beberapa minggu setelah dibuka.

3. Cara Membersihkan Kulkas dengan Melepas Rak

Cara Membersihkan Kulkas dengan Melepas Rak
Foto: homedepot

Jika semua makanan dan minuman sudah dikeluarkan, maka selanjutnya adalah melepas seluruh rak bagian dalam, termasuk rak yang ada pada pintu.

Setelah itu, mulailah untuk menggosok bagian dalam kulkas dengan menggunakan air sabun. Pastikan untuk mengeringkan rak-rak tersebut sebelum diletakkan kembali ke dalam kulkas.

4. Bersihkan dengan Baking Soda

Bersihkan Kulkas dengan Baking Soda
Foto: histarmar

Untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas, kamu bisa menambahkan sedikit lemon ke dalam air sabun. Selain itu, kamu juga bisa menggantinya dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan 500 ml air untuk membersihkan kulkas.

Campuran air dan baking soda terbukti ampuh membuat kulkas bersih dengan sempurna sekaligus menghilangkan bau yang menempel pada lemari es kamu.

5. Membersihkan Seluruh Bagian Kulkas

Membersihkan Seluruh Bagian Kulkas
Foto: grime-scrubbers

Tak hanya rak, seluruh bagian kulkas juga harus dibersihkan seperti saluran drainase yang berupa lubang pembuangan kecil di bagian belakang dan di bawah dinding belakang kulkas.

Bagian tersebut harus dibersihkan secara teratur agar tidak tersumbat yang bisa membuat air menjadi menumpuk di saluran pembuangan dan dinding kulkas.

Agar kulkas bersih dengan sempurna, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian luar kulkas, terutama pada bagian gagang pintu yang berpotensi adanya pertumbuhan kuman dan bakteri lantaran sering disentuh.

Gimana, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membersihkan kulkas yang benar? Nah, buat kamu yang ingin membeli atau mengganti lemari es di rumah, kamu bisa membelinya secara online melalui website dan aplikasi JD.ID.

Soalnya selain produknya lengkap dan #DijaminORI, kamu juga bisa membeli kulkas incaran kamu dengan harga terjangkau melalui berbagai promo yang ditawarkan seperti diskon, cashback, gratis ongkir ke seluruh Indonesia hingga cicilan 0%.

Nikmati juga promo JD Sayang Semua untuk mendapatkan diskon hingga 80% dan voucher belanja mencapai 14% yang hanya berlaku pada 13-15 Februari 2021. Sebelum kehabisan, yuk belanja sekarang di JD.ID.