Cara Menghemat Listrik di Rumah Agar Kantong Tidak Jebol!

0
726
cara menghemat listrik
Foto: Freepik

Banyak cara menghemat listrik yang bisa kamu lakukan agar tagihan tidak membengkak. Pasalnya tak bisa dipungkiri kalau tagihan listrik menjadi pengeluaran bulanan yang cukup membebani.

Berbagai alat elektronik yang digunakan sehari-hari seperti AC, TV, kulkas dan lain sebagainya menjadi penyebab utama yang membuat tagihan listrik membengkak.

Oleh karena itu, kamu perlu mengelola penggunaan alat elektronik dengan bijak agar tidak terus-terusan mengeluarkan bujet besar setiap bulan hanya untuk membeli token listrik.

Baca Juga: Cara Isi Token Listrik ke Meteran dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Menghemat konsumsi listrik bukan berarti tidak menggunakan alat elektronik sama sekali. Pasalnya kamu hanya perlu melakukan empat cara menghemat listrik agar tagihan tidak membengkak.

1. Matikan Alat Elektronik Jika Tidak Dipakai

Matikan Alat Elektronik Jika Tidak Dipakai
Foto: Freepik

Cara menghemat listrik pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencabut seluruh peralatan elektronik jika tidak digunakan, salah satunya adalah dengan mematikan lampu saat siang hari.

Selain itu, perangkat lainnya seperti charger HP sebaiknya dicabut dari stop kontak jika memang tidak dipakai. Meskipun konsumsi listrik kecil, tapi jika didiamkan dalam jangka waktu lama, maka akan membuat tagihan menjadi besar.

2. Menggunakan Lampu Hemat Energi

Menggunakan Lampu Hemat Energi
Foto: Freepik

Kamu juga bisa beralih dengan menggunakan lampu hemat energi untuk meminimalisir pengeluaran biaya listrik. Meski harganya lebih mahal, tapi lampu LED menghabiskan listrik lebih rendah dibanding lampu biasa.

Tak hanya hemat, lampu tersebut juga mampu memberikan cahaya yang lebih terang dan bisa bertahan hingga tujuh tahun. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mengganti lampu.

3. Cara Menghemat Listrik dengan Memaksimalkan Ventilasi Udara

Cara Menghemat Listrik dengan Memaksimalkan Ventilasi Udara
Foto: Freepik

Menggunakan AC atau kipas angin memang dapat membuat kamu betah dan nyaman berlama-lama di dalam ruangan. Namun, perangkat elektronik tersebut cukup banyak memakan daya listrik.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memaksimalkan fungsi ventilasi udara dengan membuka jendela pada pagi hari. Selain dapat memberikan suasana udara di dalam rumah menjadi sejuk, sirkulasi udara juga lebih berkualitas.

Baca Juga: 5 Cara Hemat Listrik AC Agar Tidak Boros, Dijamin Ampuh!

4. Pilih Alat Elektronik Hemat Energi

Pilih Alat Elektronik Hemat Energi
Foto: Freepik

Kini sudah tersedia berbagai perangkat elektronik yang sudah dilengkapi dengan fitur hemat energi yang sangat berguna untuk meminimalkan konsumsi listrik.

Dengan menggunakan kulkas, AC, mesin cuci, penanak nasi yang hemat listrik tentu saja dapat membuat tagihan listrik menurun drastis.

Itu dia beberapa cara menghemat listrik sederhana yang bisa kamu aplikasikan di rumah untuk menekan biaya tagihan listrik yang membengkak.

Nah, untuk kamu yang ingin mengganti perangkat elektronik hemat energi, kamu bisa membelinya secara online di website maupun aplikasi JD.ID. Selain lengkap, kualitas produknya juga juara dan tentu saja #DijaminORI. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa memborong alat elektronik yang kamu inginkan dengan harga terbaik melalui berbagai promo yang ditawarkan seperti diskon, cashback hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Tunggu apalagi, yuk beli berbagai alat elektronik yang kamu butuhkan dengan belanja di JD.ID sekarang. Happy shopping!