Cara Menyimpan ASI di Kulkas Ternyata Mudah, Bagaimana?

0
1419
Cara Menyimpan ASI di Kulkas Ternyata Mudah, Bagaimana?
Foto: PhilipsAvent

Terkesan mudah, namun cara menyimpan ASI di kulkas tidak bisa sembarangan, lho! Agar bisa bertahan lama dan kualitasnya tetap terjaga, ASI (Air Susu Ibu) perlu disimpan sebagaimana mestinya.

Yap, sebagai asupan utama anak agar gizinya terpenuhi dengan baik, ASI memang harus diperhatikan sekali kualitasnya. Maka dari itu, tidak disarankan bagi para ibu menyimpan air susu di kemasan botol atau plastik yang biasa dipakai untuk keperluan umum.

Sebaiknya, jika kamu memiliki produksi ASI berlebih atau tidak bisa sepenuhnya menyusui langsung dari payudara, maka bisa coba menyimpan air susu di wadah yang memang diperuntukkan bagi ASI perah.

Walaupun, kamu juga tidak bisa menyimpannya begitu saja. Ada beberapa cara menyimpan ASI di kulkas yang perlu diketahui dan dilakukan, yang di antaranya akan diulas secara lengkap pada artikel ini khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Baca Juga: Susu Formula Jadi Pilihan Tepat Pengganti ASI, Ini Alasannya!

Lama Waktu Penyimpanan ASI

Lama Waktu Penyimpanan ASI
Foto: Shutterstock

Ketika berencana ingin menyimpan ASI di kulkas, hal pertama yang perlu kamu ketahui, yaitu lama waktu penyimpanan. Mungkin kamu membayangkan kalau di simpan di lemari pendingin sudah pasti aman dan tahan lama.

Tetapi, faktanya adalah setiap wadah memiliki waktu penyimpanannya sendiri sesuai dengan kualitas kemasan. Jadi, meskipun kamu sudah menyimpan ASI perah di botol kaca, botol plastik dengan label bebas bahaya, atau kemasan plastik khusus ASI, hal itu tidak menjamin air susu tahan untuk jangka waktu yang sangat lama.

Maka dari itu, untuk mencegah risiko terjadinya ASI basi dan tidak layak konsumsi, kamu perlu mengetahui waktu penyimpanan yang benar berdasarkan temperatur ruangan, yaitu:

  • ASI yang disimpan di suhu ruangan, bisa digunakan sampai enam jam ke depan
  • ASI yang disimpan di kotak pendingin (cool box) dengan es batu, bisa digunakan sampai 24 jam ke depan
  • ASI yang disimpan di kulkas dengan suhu empat derajat atau lebih dingin, bisa digunakan sampai lima hari ke depan dengan catatan jauhkan dari telur, daging, dan makanan mentah
  • ASI yang disimpan di freezer kulkas satu pintu, bisa digunakan sampai dua minggu ke depan
  • ASI yang disimpan di freezer kulkas dua pintu, bisa digunakan sampai tiga bulan ke depan
  • ASI yang disimpan di freezer khusus dengan suhu di bawah minus 18 derajat atau lebih dingin, bisa digunakan hingga enam bulan ke depan.

Cara Menyimpan ASI di Kulkas

Cara Menyimpan ASI di Kulkas
Foto: Shutterstock

Selain mengetahui lama waktu penyimpanan ASI, tentu kamu harus mengetahui cara menyimpan ASI di kulkas yang benar seperti apa. Adapun cara yang dimaksud tersebut, yaitu:

  • Setelah ASI di perah, taruh air susu di dalam wadah yang sudah disterilisasi
  • Beri tanggal dan jam pada setiap wadah
  • Usahan tidak menyimpan ASI di pintu kulkas atau freezer untuk mencegah kualitasnya menurun, karena temperatur akan berubah saat pintu kulkas dibuka tutup
  • Dinginkan ASI di dalam kulkas, dan simpan sampai batas waktu yang diizinkan yakni sekitar dua minggu
  • Apabila ingin dibekukan, ASI harus dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas selama semalam
  • Untuk penggunaan ASI beku maksimal tiga sampai enam bulan sesuai waktu yang diizinkan
  • Jika ingin mencairkan ASI beku, terlebih dahulu pindahkan ASI ke dalam kulkas di malam sebelumnya, baru setelahnya dicairkan dan dihangatkan
  • Jangan membekukan kembali ASI yang sudah dipindah ke kulkas
  • Jika ingin bepergian, ASI dapat disimpan di dalam cooler bag atau pendingin berinsulasi lainnya dengan kantong es beku hingga 24 jam, dengan catatan sisakan sekitar satu inci ruang di bagian atas wadah.

Baca Juga: 6 Manfaat Pijat Payudara yang Mencengangkan, Apa Saja?

Nah, itulah cara menyimpan ASI di kulkas yang benar serta lama waktu penyimpanan yang sudah kamu ketahui lengkap di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, tidak begitu rumit, bukan?

Jika kamu penasaran dan tak sabar ingin mencobanya, maka kamu bisa mulai menyiapkan wadah yang proper agar ASI tersimpan dengan baik. Setelah itu, kamu bisa langsung mengecek kualitas kulkas untuk memastikan kalau peralatan elektronik tersebut berfungsi dengan baik.

Tetapi jika tidak, maka sebaiknya jangan digunakan untuk menyimpan ASI terlebih dahulu. Kamu perlu membeli kulkas baru yang saat ini bisa dibeli dengan mudah, cepat, dan tentunya hemat.

Yap, salah satunya kamu bisa coba membelinya secara online melalui e-commerce terbaik dan terpercaya seperti JD.ID. Pasalnya, platform belanja ini menyediakan lengkap kulkas dari berbagai merek, model, dan harga yang bisa kamu pilihsesuai keinginan, kebutuhan, serta budget yang ada.

Dengan begitu, kamu bisa langsung membelinya menggunakan sejumlah promo yang tersedia agar makin hemat! Tak hanya diskon, kamu juga bisa menikmati gratis ongkir, cashback, hingga cicilan 0% lho!

Apalagi, semua produk yang dijual sudah #DijaminORI, dan kamu juga bisa membayarnya secara fleksibel menggunakan metode yang diinginkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!