Ciri-Ciri Freon AC Habis Serta Biaya Tambah dan Isinya!

0
140
freon ac
Foto: Freepik

Memiliki fungsi memberikan udara dingin nan sejuk, AC memang sudah menjadi perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan masyarakat. Agar produk tersebut dapat bekerja maksimal, maka freon AC harus diisi setidaknya enam bulan sekali.

Pasalnya, freon memiliki peran untuk mengubah udara menjadi lebih dingin. Apabila berkurang, secara otomatis kinerja AC akan tidak optimal.

Umumnya, penyebabnya dikarenakan adanya kebocoran pada sejumlah komponen seperti evaporator, kondensor maupun pipa AC. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perawatan agar AC lebih awet.

Soalnya, freon habis bukan hanya membuat AC menjadi tidak dingin tapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan, yaitu dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata, sesak nafas bahkan kematian.

Baca Juga: Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mudah Mengatasinya!

Cara Mengetahui Freon AC Habis

Cara Mengetahui Freon AC Habis
Foto: Freepik

Sekadar informasi, freon AC atau yang disebut juga dengan refrigerant R-22 adalah sebuah gas chlorofluorocarbon (CFC) yang memang digunakan sebagai pendingin. Meski begitu, sifatnya aman dan tidak beracun.

Itulah kenapa, freon menjadi salah satu komponen penting yang digunakan di alat elektronik pendingin ruangan, yakni AC. Lalu, bagaimana cara mengetahui freon AC habis?

1. AC Hanya Keluar Angin

Cara paling mudah untuk mengetahuinya yaitu dengan merasakan suhu atau udara yang dikeluarkan oleh AC. Jika hanya mengeluarkan angin saja, maka sudah dipastikan kalau freon habis.

Soalnya, salah satu penyebab AC tidak dingin adalah kurangnya tekanan pada freon yang membuat AC tidak dapat bekerja sesuai fungsinya.

2. Unit Outdoor Tidak Panas

Salah satu tanda AC berfungsi dengan baik yaitu unit outdoor di luar ruangan menghasilkan panas. Apabila freon normal atau tidak habis akan membuat putaran kipas outdoor menghasilkan panas.

Jika sudah timbul tanda tersebut sebaiknya segera diperbaiki karena dapat berisiko menyebabkan kerusakan pada kompresor.

3. Freon AC Habis Membuat Tagihan Listrik Membengkak

Tahukah kamu kalau freon AC habis ternyata juga dapat membuat tagihan listrik membengkak. Pasalnya, AC akan bekerja lebih ekstra dan hal itu dapat memengaruhi tagihan listrik.

4. Lampu Indikator Berkedip

Lampu indikator AC yang berkedip juga menjadi pertanda kalau pendingin ruangan kamu mengalami kesalahan pada komponennya, salah satu kekurangan freon.

5. Mengeluarkan Udara Panas & Suara Bising

Jika AC di rumah mengeluarkan udara panas dan suara bising, maka itu tanda bahwa freon habis karena AC tidak menyerap udara panas yang ada di dalam ruangan.

Selain itu, suara bising yang dihasilkan timbul karena freon menghindari gas. Kamu dapat mencoba untuk mendengarkan suaranya dari unit outdoor AC.

Baca Juga: 6 Penyebab AC Bocor di Rumah dan Cara Mengatasinya!

Kisaran Biaya Tambah dan Isi Freon AC

Kisaran Biaya Tambah dan Isi Freon AC

Untuk menghindari kejadian tidak menyenangkan, seperti kepanasan yang bikin keki hingga risiko terjadinya keracunan gas. Pentingnya kamu rutin melakukan service AC, salah satunya dengan menambah atau isi ulang freon.

Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah maupun memanggil jasa service profesional. Untuk harga tambah dan isinya terbilang berbeda-beda berdasarkan tingkatannya.

Berapa biaya yang perlu dikeluarkan? Berikut kisarannya:

  • Tambah freon R22 1/2-1 PK: Rp 150 ribu
  • Tambah freon R32 1/2-1 PK: Rp 175 ribu
  • Tambah freon R410 1/2-1 PK: Rp 195 ribu
  • Isi ulang R22 1/2-1 PK: Rp 300 ribu
  • Isi ulang R32 1/2-1 PK: Rp 350 ribu
  • Isi ulang R410 1/2-1 PK: Rp 390 ribu.

Kalau kamu masih bingung mencari jasa service AC profesional, kamu bisa melakukan pemesanan dengan membeli voucher di JD.ID. Selain harganya jauh lebih murah, pengerjaannya juga cepat dan dijamin terbaik.

Selain itu, buat kamu yang sedang mencari AC terbaik keluaran merek-merek ternama yang produknya sudah pasti #DijaminORI, tak perlu ragu untuk langsung berbelanja di website maupun aplikasi JD.ID.

Soalnya, di sini tersedia banyak sekali promo menarik yang membuat transaksi kamu semakin menguntungkan, seperti diskon potongan harga, gratis ongkir ke seluruh Indonesia hingga cicilan 0%. 

Nikmati juga promo 8.8 SUPER8 Electronic Mega Sale untuk mendapatkan diskon sampai 88%, JD Point 8x, 8x cashback, dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, beli AC impian kamu di JD.ID sekarang.