Kemeriahan Hari Merdeka 17 Agustus di Setiap Presiden

0
424
Kemeriahan Hari Merdeka 17 Agustus dari Soekarno hingga Jokowi- JD.ID
Source: Pikiran Rakyat

Hari Merdeka 17 Agustus selalu dirayakan dengan meriah oleh sebagian besar masyarakat. Bentuk perayaan tersebut bermacam-macam, mulai dari tradisi menghias gapura desa, membuat perlombaan seperti panjat pinang, balap karung, makan kerupuk hingga perlombaan baris berbaris.

Tradisi perayaan seperti di atas bukanlah hal baru yang kita alami. Mengingat sejak tahun pertama Indonesia merdeka, kita terbiasa merayakan momen kedaulatan tersebut dengan suka cita.

Untuk mengingat kembali momen-momen bahagia dan gegap gempita perayaan HUT Republik Indonesia, melalui ulasan berikut ini Sahabat JD akan diajak untuk flash back mengingat momen perayaan kemerdekaan RI tersebut melalui beberapa foto lawas yang berhasil di kumpulkan oleh tim JD News.

Baca Juga: Cara jual foto di internet dijamin, Cuan!

Nah, dari pada penasaran terkait bentuk hiburannya, yuk kita intip beberapa momennya di bawah ini mulai dari Soekarno hingga Jokowi.

Ragam Perayaan Hari Merdeka 17 Agustus dari Soekarno hingga Jokowi

Ragam Perayaan Hari Merdeka 17 Agustus dari Soekarno hingga Jokowi - JD.ID

Untuk sedikit informasi saja, bahwa sebagian dari lomba-lomba 17-an yang selalu kita rayakan pada awalnya ada yang terilhami dari kolonial. Baik oleh Belanda atau pun Jepang. Sebab pada masa itu sering juga diadakan berbagai perlombaan sejenis yang menarik. Berikut beberapa bentuk perayaaannya diurutkan dari kini hingga masa lalu.

7. Masa Presiden Joko Widodo (20 Oktober 2014 – sekarang)

Masa Presiden Joko Widodo (20 Oktober 2014 – sekarang)
Source: Intifocus

Pada masa pemerintahan Jokowi saat ini, perayaan kemerdekaan terasa begitu menyatu dengan masyarakat, bahkan Presiden pun terlihat turut serta merayakan 17-an dalam iring-iringan pawai bersama dengan beberapa pejabat di Bandung Jawa Barat.

Seperti terlihat pada tangkapan kamera di atas, presiden mengenakan pakaian perjuangan seperti Bung Tomo, dengan warna pakaian coklat muda lengkap dengan sepatu booth coklat tua, Presiden Jokowi juga tidak lupa mengayuh sepeda ontel bersama iring-iringan pejabat seperti Pramono Anung, Moeldoko hingga Ridwal Kamil dalam pawai tersebut.

Terlihat suasana hati beliau saat itu cukup baik, terpancar dari raut wajah yang sumringah sambil sesekali melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyapa.

Pada kesempatan saat itu, dirinya berpesan bahwa dengan kostum yang dikenakan diharapkan bisa menggelorakan semangat pahlawan pada masa lalu, khususnya untuk anak muda agar terus maju dan membangun negara ke arah yang lebih baik.

6. Masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (20 Oktober 2004 – 20 Oktober 2014)

Masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (20 Oktober 2004 – 20 Oktober 2014)
Source: Tribun News

Bentuk perayaan Hari Merdeka 17 Agustus di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) cukup beragam. Masyarakat lebih berani untuk mengekspresikan diri dan lebih kreatif.

Salah satu lomba yang cukup menarik perhatian adalah perlombaan lintas gender. Dengan beberapa bapak-bapak bermain bola, tetapi menggunakan daster batik perempuan dan gelembung balon di perutnya.

Tentunya ini cukup sulit dilakukan terutama dalam melakukan berbagai manuver bola yang diperlukan. Namun, inilah hal yang membuat unik dan menghibur penonton. Pernah mencoba perlombaan ini?

5. Perayaan Hari Merdeka 17 Agustus Pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri (23 Juli 2001 – 20 Oktober 2004)

Perayaan Hari Merdeka 17 Agustus Pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri (23 Juli 2001 – 20 Oktober 2004)
Source: Kompaspedia

Setelah peristiwa kerusuhan 1998, pemerintah banyak merangkul berbagai kalangan, satu di antaranya kalangan dari suku Tionghoa di Tanah Air yang diakui secara negara sebagai bagian dari masyarakat Indonesia. Sehingga mulai banyak budaya Tionghoa yang diperkenalkan kepada masyarakat, seperti pertunjukkan Barongsai ini.

Atraksi tersebut tidak hanya ditunjukan pada Hari Imlek saja, tetapi digelar juga pada momen kemerdekaan. Terlihat di foto masyarakat berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan yang satu ini sambil mengabadikan momen momen aksi akrobat tersebut.

4. Masa Pemerintahan Abdurrahman Wahid (20 Oktober 1999 – 23 Juli 2001)

Masa Pemerintahan Abdurrahman Wahid (20 Oktober 1999 – 23 Juli 2001)
Source: Antara Foto

Hampir semua kalangan ikut serta dalam semarak perayaan Hari Kemerdekaan, termasuk di dalamnya anak-anak.

Umumnya mereka dilibatkan dalam lomba 17 an ini di sekolah, seperti yang terlihat dalam foto yang satu ini tampak dua anak kecil perempuan berbalut pakaian kebaya yang cantik mencoba berjoget sambil mempertahakan keseimbangan balon yang ditaruh di atas kepala mereka.

Untuk memenangkan lomba ini, tiap peserta harus terus bergerak hingga ke garis finish sambil terus berjoget dan mempertahankan keseimbangan balon.

Dalam perlombaan ini tidak diperkenankan bagi peserta lomba untuk memegang balon tersebut. Bila dilakukan maka bisa di diskualifikasi.

3. Masa Pemerintahan Presiden B.J. Habibie (21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999)

Masa Pemerintahan Presiden B.J. Habibie (21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999)
Source: Twitter Pemkab Pacitan

Panjat pinang menjadi perlombaan tradisional kemerdekaan yang khas ada di setiap daerah. Tidak ada yang pasti menyebutkan dari mana aktivitas ini berasal. Namun, ketika masa pemerintahan Presiden Habibie, banyak masyarakat juga yang mengikuti lomba ini dan cukup meriah di selenggarakan.

Ini terlihat dari banyanya hadiah yang disematkan di atas batang pohon pinang tersebut serta kehadiran beberapa batang pohon lainnya dalam satu wilayah lomba. Nantinya yang menang dalam perlombaan ini harus sampai atas batang pohon dan berhak untuk membagikan hadiahnya kepada anggota lainnya di bawah.

Seperti foto di atas, yang mana terlihat seorang bapak sangat sumringah mengibarkan bendera sebagai bentuk kemenangan telah berhasil memanjat pohon pinang. Sebagaimana filosofi tentang permainan ini juga sangat mendalam sebagai refleksi perjuangan masyarakat Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

2. Pemerintahan Presiden Soeharto (27 Maret 1968 – 21 Mei 1998)

Pemerintahan Presiden Soeharto (27 Maret 1968 – 21 Mei 1998)
Source: Kompas

Presiden kedua di Indonesia yakni Soeharto, terkenal sebagai bapak pembangunan Indonesia. Banyak perubahan yang telah terjadi ketika pemerintahan di masa Orde Baru ini. Termasuk berbagai perayaan kemerdekaan yang cukup beragam dan kreatif.

Contohnya lomba tarik tambang yang diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat khususnya para wanita.

Tak hanya untuk melatih tubuh agar lebih aktif bergerak. Lomba tarik tambang ini juga memiliki makna gotong royong, kebersamaan dan solidaritas.

Baca Juga: 5 Ide Lomba Agustusan yang Membuat Tubuh Lebih Aktif Bergerak

1. Perayaan Hari Merdeka 17 Agustus 1945, Masa Presiden Ir. Soekarno (18 Agustus 1945 – 12 Maret 1967)

Perayaan Hari Merdeka 17 Agustus 1945 Presiden Ir. Soekarno (18 Agustus 1945 – 12 Maret 1967)
Source: Brillio.net

Sempat disebutkan di atas bahwa perlombaan perayaan HUT RI tidak sepenuhnya kreasi lokal, melainkan ini ada unsur akulturasi budaya yang dibawa oleh kolonial. Salah satunya lomba mengambil koin dari buah semangka yang telah lumuri oleh oli, merupakan warisan kolonial yang diperkenalkan ke masyarakat Indonesia.

Seperti pada foto lawas ini terlihat beberapa tentara kolonial Belanda turut mengikuti lomba ambil koin dengan tangan di belakang tanpa menyentuh. Perlombaan ini pun menarik atensi masyarakat karena menjadi hiburan tersendiri.

Itu dia beberapa perayaan Hari Merdeka 17 Agustus yang kerap dilakukan dari berbagai periode pemerintahan Indonesia yang sempat dilakukan. Pada tahun ini dalam perayaan HUT RI ke 77 ini juga pastinya akan berlangsung dengan meriah. Mengingat PPKM juga mulai dilonggarkan sehingga pastinya banyak pesta kemerdekaan yang dilakukan.

Nah pastinya ada banyak momen seru yang dilakukan pada momen HUT RI ini, bagi kamu yang berniat hunting foto kemerdekaan, kamu bisa mengabadikan berbagai momen semarak kemerdekaan dengan menggunakan kamera yang bagus.

Miliki produknya dengan membeli berbagai kebutuhan kamera, lensa hingga aksesori lainnya yang dibutuhkan hanya di JD.ID. Supaya momen tersebut bisa tertangkap dengan baik.

Dengan berbelanja JD.ID dapatkan jaminan kualitas produk original, bergaransi dan mutu terjamin. Belanja sekarang di JD.ID dan dapatkan produk #DijaminORI.