Lengkap! Cara Menghubungkan HP ke TV dari Android hingga iOS

0
79
Lengkap! Cara Menghubungkan HP ke TV dari Android hingga iOS- JD.ID
Source: Home Theater Academy

Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk menonton YouTube atau program streaming dari smartphone ke layar yang lebih luas seperti televisi. Untuk melakukannya ini tidak sulit, hanya perlu mengulik sedikit cara menghubungkan HP ke TV.

Sayangnya tidak semua TV dan smartphone sudah mendukung fitur ini, hanya model tertentu yang umumnya sudah mendukung fungsi tersebut. Supaya kamu mendapat gambaran lebih jelas tentang bagaimana cara menyambungkan hape ke TV, selengkapnya bisa menyimak dalam tutorial berikut ini.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan- JD.ID
Source: Alphr

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses penyambungan hape dan TV ini, mulai dari spesifikasi hingga tipenya.

Untuk televisi, beberapa TV yang tersedia colokan port HDMI memang bisa memiliki fungsi ini. Namun, akan lebih baik bila menggunakan Smart TV yang sudah mendukung penyambungan menggunakan fitur mirroring.

Baca Juga: Perbedaan Smart TV dan Android TV yang Perlu Kamu Tahu

Fitur mirroring Smart TV adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menyambungkan tayangan di layar hape dengan TV sehingga terlihat lebih besar.

Hal sama pun terjadi untuk smartphone, bahwa tidak semua perangkat selular bisa tersambung dengan TV, biasanya hanya pada spesifikasi hape pintar tertentu saja dengan kriteria sebagai berikut:

  • Smartphone tersebut sudah mendukung versi Android minimal 4.2 Jelly Bean, atau akan lebih bagus lagi bila memiliki sistem Android terbaru. Untuk iOS, minimal sudah mendukung sistem operasi iOS 5 dan tentunya akan lebih baik bila menggunakan sistem iOS yang teranyar.
  • Tersedia fitur Miracast pada hape Android dan adanya fitur Airplay pada iOS.
  • Mendukung koneksi MHL (Mobile High Definition Link) yang memungkinkan pengiriman data visual lebih cepat untuk menghasilkan kualitas gambar atau video yang lebih baik.

Beberapa smartphone yang sudah memiliki fitur di atas di antaranya, Galaxy M30S, Galaxy A50S, Vivo X80 Pro, Samsung Galaxy S22 Ultra, Samsung Galaxy S22 Plus, Redmi Note 7, ASUS ROG Phone 5s dan 5s Pro dan sebagainya.

Apakah hapemu masuk salah satunya? Jika iya, setidaknya kamu bisa mengetahui bagaimana cara menyambungkan hape ke TV agar mendapatkan pengalaman menonton yang lebih nyaman. Untuk melakukan hal tersebut tersedia dalam dua cara yakni, menggunakan kabel data dan tanpa kabel data.

Cara Menghubungkan HP ke TV Menggunakan Kabel

Cara Menghubungkan HP ke TV Menggunakan Kabel- JD.ID
Source: Latest Phone Zone

Cara yang pertama ini cukup mudah hanya memerlukan media kabel HDMI atau MHL. Oleh karena itu, silakan periksa apakah televisi dan hape kamu sudah mendukung koneksi HDMI atau belum?

Nantinya kamu hanya perlu menghubungkan konektor micro HDMI di perangkat hape dan konektor HDMI di televisi. Setelah itu, hape dan TV akan terkoneksi dengan mudah, seperti tutorial berikut ini:

  • Sambungkan hape dengan TV menggunakan kabel HDMI/ MHL.
  • Lalu nyalakan TV dan nantinya akan muncul notifikasi koneksi HDMI di hape. Checklist kolom yang perlu diisi. Dengan begini hapemu sudah terhubung dengan TV.

Cara Menghubungkan Hape ke TV Tanpa Kabel Data

Cara Menghubungkan Hape ke TV Tanpa Kabel Data- JD.ID
Source: PCMAG.com

Bagi kamu yang belum berhasil dalam cara pertama, bisa mencoba opsi lainnya tanpa kabel data. Bedanya upaya ini menggunakan sejumlah perangkat tambahan seperti memakai Miracast Dongle dan Chromecast. Langsung saja kita simak step by step-nya di bawah ini!

Memanfaatkan Perangkat Chromecast

Chromecast Google adalah perangkat yang disediakan oleh Google berupa port HDMI yang berfungsi untuk menyambungkan TV ke smartphone menggunakan koneksi internet lokal.

Uniknya tidak hanya televisi yang bisa tersambung dengan alat ini, tetapi juga layar komputer hingga laptop. Untuk menggunakannya cukup mudah, yakni:

  • Sambungkan alat Chromecast ke port HDMI yang ada di televisi.
  • Lalu download dulu aplikasi Google Home di smartphone kamu, supaya bisa gampang mengatur perangkat Chromecast ini.
  • Masuk ke menu ‘Wireless Display’ kemudian pilih menu ‘Screen Mirroring’. Pastikan bila hape sudah terkoneksi dengan wifi.
  • Step terakhir adalah memasukkan kode yang ada pada layar TV untuk diinput dalam aplikasi Google Home yang ada pada hape. Baru kemudian kedua perangkat ini bisa tersambung satu sama lainnya.

Cara Menghubungkan HP ke TV Menggunakan Miracast Dongle

Hampir sama seperti Chromecast, Miracast Dongle atau disebut juga Any Cast, menggunakan teknologi yang memungkinkan penyambungan konten secara nirkabel, dari satu layar ke layar lainnya atau ke proyektor.

Untuk menggunakannya kamu harus memiliki perangkat Miracast terlebih dahulu. Yang nantinya alat ini akan dicolokkan ke port HDMI yang ada di TV. Pastikan juga smartphone kamu sudah mendukung fitur Miracast (Android) atau Airplay (iOS).

Pada tiap hape pengaturan fitur ini sedikit berbeda-beda. Namun, umumnya fitur Miracast bisa ditemukan di menu ‘Setting’ dan lanjutan dari menu ‘Connection and Sharing’ atau ‘Network and Wireless’.

Nah bagi yang masih bingung menemukan fitur tersebut, tutorial di bawah ini akan memberikan panduan yang lengkap untukmu!

Cara Menyambungkan Hape Samsung ke TV

    1. Sambungkan perangkat Miracast Dongle ke port HDMI TV.
    2. Lalu pada smartphone masuk ke menu ‘Setting’.
    3. Pilih ‘Wireless and Network’ kemudian klik ‘More Setting’ lalu tekan ‘All Share Cast’.
    4. Setelah itu akan muncul menu ‘Connect and Share’ kemudian sambungkan dengan menu ‘Screen Mirroring’ lalu pilih nama perangkat Smart TV yang kamu sambungkan, sampai di sini hape Samsung sudah berhasil terhubung dengan TV.

Baca Juga: Review Smart TV Terbaik Murah Meriah Komplit dengan Kualitas Jempolan

Cara Menyandingkan Hape Xiaomi ke TV

    1. Setelah Miracast berhasil tersambung di port HDMI TV, kemudian masuk ke menu ‘Setting’ yang ada pada smartphone Xiaomi.
    2. Lalu pilih ‘Connection and Sharing’, nantinya akan muncul pilihan ‘Wireless Display’.
    3. Geser menu ke kanan untuk menghidupkan sambungan wireless (ON). Terakhir pilih nama Smart TV yang digunakan untuk tersambung.

Cara Menghubungkan Hape iPhone ke TV

    1. Sambungkan perangkat Miracast atau Any Cast pada port HDMI yang ada di TV.
    2. Di bagian samping perangkat ini terdapat tombol, tekan tombolnya untuk berpindah ke menu Air Play pada Smart TV.
    3. Tidak lama setelah itu akan muncul SSID dan password di layar TV.
    4. Kemudian sambungan Wifi iPhone kamu dengan menggunakan SSID dan password yang terdapat pada layar TV. Sampai di sini iPhone kamu sudah terhubung dengan TV.

Itulah beberapa cara menyambungkan HP ke TV yang bisa kamu coba lakukan. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa lebih nyaman menonton tayangan Streaming Netflix di TV karena bisa mendapatkan layar yang lebih luas dan audio yang lebih kencang.

Adapun jika kamu ingin mengganti TV lamamu dengan Smart TV yang baru, dapatkan dengan mudah produknya hanya di aplikasi JD.ID. Tersedia berbagai macam Smart TV hingga Android TV yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa membeli Google Chromecast dan Miracast di sini.

Dengan jaminan produk original, bergaransi resmi dan harga yang terjangkau dapatkan segera produk yang kamu inginkan di JD.ID! Apalagi sampai 10 Agustus 2022 ini, JD.ID sedang memberikan diskon besar dalam gelaran Super8 Electronic Mega Sale. Yang mana kamu bisa memperoleh berbagai peralatan elektronik di rumah lebih murah dan terjamin kualitasnya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk belanja sekarang di JD.ID produk #DijaminORI.