Mengenal 7 Penyebab Korsleting Listrik hingga Cara Menghindarinya!

0
52
Mengenal 7 Penyebab Korsleting Listrik hingga Cara Menghindarinya!- JD.ID
Source: Kompas.com

Salah satu penyebab kebakaran rumah adalah korsleting listrik. Hal ini sering terjadi di pemukiman padat penduduk di sekitar kota-kota besar. Pemicunya bisa beragam mulai dari terjadinya arus pendek hingga kabel listrik yang rusak.

Dua penyebab korsleting listrik di atas hanyalah segelintir saja dari beberapa penyebab yang kerap terjadi. Oleh karena itu, untuk menghindari penyebab kecelakaan tersebut, kali ini Sahabat JD akan diajak untuk mengetahui lebih jauh tentang kesalahan arus listrik ini serta cara mencegahnya.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak pembahasan tentang korsleting listrik!

Baca Juga: Hindari Kebiasaan yang Membuat Peralatan Rumah Tangga Cepat Rusak

Apa Itu Korsleting Listrik?

Apa Itu Korsleting Listrik - JD.ID
Source: Cselectric.co.in

Korsleting listrik adalah kondisi terjadinya kerusakan jaringan listrik yang menyebabkan arus listrik mengalir menjadi lebih pendek dari yang seharusnya, sehingga ini mengakibatkan lonjakan arus di satu sisi kabel yang bisa memicu percikan api hingga ledakan.

Meskipun sebenarnya penyebab percikan api ini bisa beragam, tidak hanya karena arus pendek saja tapi juga karena beban listrik yang berlebihan serta bocornya arus di sekitar bangunan atau peralatan listrik yang dipakai.

Penyebab Korsleting Listrik

Penyebab Korsleting Listrik - JD.ID
Source: Klik Dokter

Korsleting listrik tidak terjadi begitu saja. Umumnya ini bisa dipicu karena proses instalasi listrik yang tidak benar sampai kebiasaan kurang baik terhadap peralatan elektronik yang ada di rumah.

Agar kamu mendapat gambaran lengkap terkait penyebab korsleting listrik, berikut beberapa pemicunya di bawah ini.

1. Kabel listrik yang rusak

Seiring waktu kabel listrik yang biasanya digunakan bisa mengalami kerusakan akibat pergantian suhu, cuaca atau karena terlalu lama digunakan.

Ini menyebabkan cover dari kabel tersebut mudah terkelupas. Bahkan kerusakan kabel juga sering disebabkan oleh gigitan hewan pengerat seperti tikus. Kerusakan inilah yang pada akhirnya menyebabkan korsleting listrik.

2. Komponen listrik yang dipakai tidak sesuai dengan standarnya

Untuk menjaga keamanan pengguna, berbagai komponen listrik yang terjamin mutunya menerapkan tanda SNI (Standar Nasional Indonesia) pada produknya. Mengingat kebanyakan komponen listrik dibuat bukan dari material yang bagus dan awet sehingga mudah usang.

3. Kabel listrik terkena cairan

Air adalah penghantar arus listrik yang paling cepat. Cipratan air ini yang terlalu sering pada komponen listrik dikhawatirkan membuat kabel mudah rusak serta memicu percikan api hingga tersetrum.

4. Kesalahan dalam instalasi

Penyebab korsleting listrik lainnya bisa dikarenakan kesalahan dalam proses instalasinya. Mengingat tidak semua orang memiliki pengetahuan kelistrikan yang baik. Maka dari itu, sebaiknya agar aman lakukan penginstalan listrik oleh orang yang profesional.

5. Kapasitas kabel tidak sesuai

Kapasitas kabel yang tidak sesuai dengan besaran arus listrik juga bisa memicu terjadinya arus pendek. Mengingat arus yang semakin besar sebanding dengan ukuran kabel yang juga besar. Begitupun sebaliknya.

6. Sekring yang naik turun

Apakah kamu sering mengalami sekring turun di rumah ketika bersamaan memasak nasi di rice cooker sambil menyalakan mesin cuci atau menyetrika?

Sekring yang turun terjadi karena daya listrik yang terlalu sedikit ketika menggunakan peralatan elektronik rumah tangga bersamaan. Bila dibiarkan ini tidak baik untuk listrik di rumah karena bisa memicu korsleting listrik.

7. Sumber listrik dekat dengan api

Paparan panas yang terus menerus terjadi pada komponen listrik bisa menyebabkan hubungan arus pendek. Ada baiknya jauhkan sumber listrik dari alat-alat yang bisa memicu energi panas ini.

Alat-alat Elektronik yang Sering Menyebabkan Korsleting Listrik

Alat-alat Elektronik yang Sering Menyebabkan Korsleting Listrik- JD.ID
Source: Tribun

Tidak hanya tujuh penyebab di atas saja, korslet listrik juga banyak terjadi karena kelalaian dalam menggunakan alat elektronik sehari-hari. Dengan membiarkan tercolok seharian atau semalaman.

Padahal ini bisa memicu penumpukan arus terus menerus pada alat tersebut. Beberapa alat elektronik yang sering kita jumpai di antaranya:

  • Charger ponsel yang sering dibiarkan terhubung dengan listrik semalaman untuk mengecas. Padahal ini bisa menyedot energi listrik yang lebih besar dan memicu arus pendek.
  • Kabel ekstensi yang lama tidak dicabut juga bisa membuat body kabel menjadi panas karena terus-terusan memberikan energi listrik pada semua kabel yang terhubung. Dikhawatir ini akan menimbulkan percikan api.
  • Membiarkan televisi hidup semalaman. Ini tidak hanya membuat TV mudah rusak juga bisa memicu korslet.
  • Setrika atau teko katel listrik yang lupa dicabut juga bisa menimbulkan panas yang terus menerus pada alat elektronik tersebut, memungkinkan terjadinya percikan api hingga ledakan.

Baca Juga: Review Smart TV Terbaik Murah Meriah dan Hemat Listrik

Umumnya beberapa tanda peralatan elektronik mengalami korsleting listrik bisa diperhatikan dari tiga hal di bawah ini yaitu:

  • Penyetelan kabel listrik yang mulai longgar, ini berbahaya karena memungkinkan bertemunya arus listrik dan arus netral.
  • Mencium bau kabel yang terbakar, biasanya di awali dari cover kabel yang terbuat dari karet dan tembaga akibat energi panas yang muncul karena lonjakan tegangan listrik.
  • Lampu di rumah tidak menyala padahal saklar sudah On.

Cara Mencegah Korsleting Listrik   

Cara Mencegah Korsleting Listrik - JD.ID
Source: Inews.com

Mengingat listrik adalah sumber energi yang penting dan dampaknya cukup besar bila terjadi korsleting listik, jadi sebaiknya mulai dari sekarang lebih bijak lagi dalam pemakaiannya.

Sahabat JD bisa menghindari terjadinya arus pendek dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Menggunakan komponen listrik seperti terminal, saklar, hingga kabel yang sesuai standar SNI, untuk mendapatkan kualitas produk yang kuat dan tahan lama.
  • Menjauhkan alat-alat elektronik seperti dispenser, aquarium, mesin cuci, kompor, hingga microwave dari sumber listrik agar tidak terjadi arus pendek.
  • Memilih kapasitas kabel listrik yang sesuai dengan daya yang dibutuhkan.
  • Menambah daya listrik bila diperlukan agar sekring listrik tidak terus menerus turun naik.
  • Melakukan penginstalan jaringan listrik kepada mereka yang profesional dan telah memiliki pengetahuan tentang kelistrikan.
  • Mencabut alat-alat elektronik yang tidak digunakan. Selain untuk menghemat energi juga untuk mencegah alat tersebut panas dan bisa menimbulkan arus pendek.

Upaya terakhir yang sering terlewat dalam mencegah korsleting listrik adalah selalu melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin terhadap kondisi kabel yang ada di rumah.

Jika ini tidak dilakukan, dikhawatirkan ada sambungan kabel yang telah lapuk atau mungkin digigit oleh hewan pengerat yang tidak kamu ketahui.

Dengan upaya-upaya di atas, diharapkan kamu bisa terhindar dari arus pendek atau korsleting listrik.

Nah berbicara tentang alat-alat elektronik, bagi kamu yang ingin mendapatkan perangkat elektronik yang aman serta hemat energi, mulai dari TV, Setrikaan, Mesin Cuci hingga Kulkas, kamu bisa dengan mudah mendapatkan produk ini di JD.ID.

Tersedia beragam pilihan alat-alat elektronik yang terbaik dan aman untuk kamu miliki. Dengan membeli di JD.ID dapatkan produk original dengan harga yang terjangkau.

Apalagi hingga 10 Agustus 2022 ini, JD.ID sedang menggelar diskon besar-besaran dalam ‘Super8 Electronic Mega Sale’. Untuk berbagai alat elektronik hingga gadget dari beragam macam merek. Jadi, tunggu apalagi? Yuk belanja sekarang di JD.ID produk #DijaminORI.