Pasang AC Sendiri? Siapa Takut! Cara ini Dijamin Aman

0
767
Pasang AC Sendiri Siapa Takut! Cara ini Dijamin Aman
Foto: Freepik

Pasang AC sendiri kira-kira bisa gak ya buat orang yang belum berpengalaman? Eits, gak perlu khawatir karena kamu cukup mengikuti arahan yang ada agar bisa memasangnya dengan benar dan tepat.

Secara waktu mungkin pengerjaannya cenderung lebih lama dibandingkan teknisi profesional. Tapi setidaknya kamu bisa coba memasang AC sendiri, sehingga memiliki pengalaman baru dan tentunya hemat bujet!

Apalagi, setiap pembelian unit biasanya diberikan buku kecil yang berisi panduan untuk memasang produk, cara merawatnya, serta informasi tambahan lain yang membantu para pemilik menggunakan AC tersebut dengan lebih mudah.

Baca Juga: Waspada! 6 Penyebab AC Bocor Ini Bikin Cepat Rusak

Cara Pasang AC Sendiri

Cara Pasang AC Sendiri
Foto: Samsung

Air Conditioner (AC) merupakan salah satu perangkat elektronik yang mampu menyejukkan suhu ruangan, karena di dalamnya terdapat sistem atau mesin yang dirancang khusus untuk menstabilkan keduanya.

Maka dari itu, tak heran apabila produk ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat, terutama yang tinggal di kota-kota besar. Tetapi di luar itu, apakah mereka tahu bagaimana cara pasang AC yang benar agar udara yang dihasilkan dingin dan tahan lama?

Daripada penasaran dan terus bertanya-tanya, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Tentukan lokasi pemasangan AC di dalam ruangan.
  • Pasang bracket tempat AC dengan cara melubangi dinding untuk menaruh fisher.
  • Membuat lubang kanan breket untuk jalur keluar pipa AC, pipa pembuangan air, serta kabel daya dari komponen indoor ke outdoor.
  • Ukur posisi yang benar agar tidak melenceng.
  • Pasang indoor pada bracket dan lubang yang sudah dibuat.
  • Pasang MCB (pemutus arus kecil) sebagai sumber listrik.

Cara Merawat AC Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat AC Agar Tidak Cepat Rusak
Foto: Siantarac.com

Pasang AC sudah bisa, namun bagaimana dengan cara merawatnya? Hmm, bisa dibilang susah-susah gampang karena kamu harus melakukan hal-hal di bawah ini agar AC terjaga dengan baik dan bekerja semestinya.

  • Besar PK AC harus sesuai dengan luas ruangan.
  • Tidak memasang suhu di bawah 22 derajat Celsius.
  • Gunakan fitur timer setiap lima jam sekali agar AC mati otomatis dan istirahat.
  • Rutin membersihkan kondensor dan filter AC minimal 1-2 bulan sekali.
  • Memeriksa kipas AC dan mata pisaunya untuk memastikan kondisinya baik.
  • Melakukan service berkala.

Rekomendasi AC Hemat Listrik Harga Terjangkau

Rekomendasi AC Hemat Listrik Harga Terjangkau
Foto: Freepik

Kamu tertarik pengin membeli AC hemat listrik setelah mengetahui cara pasang AC dan merawatnya yang benar? Kalau begitu, kamu bisa menyimak beberapa rekomendasi terbaiknya di bawah ini.

1. DENPOO DDS 05 CTL

Pasang AC - DENPOO DDS 05 CTL
Pasang AC - DENPOO DDS 05 CTL
DENPOO DDS 05 CTL-1
DENPOO DDS 05 CTL-2
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Kisaran harga: Rp 3,7 jutaan

AC hemat listrik pertama yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Denpoo tipe DDS 05 CTL. Memiliki konsumsi daya yang sekitar 380 Watt, produk ini sangat wajar untuk direkomendasikan.

Terlebih, kualitas yang ditawarkan pun unggulan dengan kapasitas pendinginan mencapai 5000Btu/H. Selain itu, fitur Wide Big Body yang disematkan juga membuat proses pendinginan udara jadi lebih kuat, sehingga suhu ruangan semakin sejuk.

Nah, di luar itu AC ini juga memberikan banyak fitur yang mampu meningkatkan kenyamanan para penggunanya, seperti filter karbon yang aktif, ionizer, hingga rangka yang kokoh. Jadi, dengan harga sekitar Rp 3,7 jutaan kamu sudah bisa mendapatkan AC andal kualitas jempolan.

2. Samsung AR05TGHQASINSE 1/2 PK

Pasang AC - Samsung AR05TGHQASINSE 1/2 PK - 1
Pasang AC - Samsung AR05TGHQASINSE 1/2 PK - 2
Pasang AC - Samsung AR05TGHQASINSE 1/2 PK - 3
Pasang AC - Samsung AR05TGHQASINSE 1/2 PK - 4
Pasang AC - Samsung AR05TGHQASINSE 1/2 PK - 5
Samsung AR05TGHQASINSE 1 2 PK-1
Samsung AR05TGHQASINSE 1 2 PK-2
Samsung AR05TGHQASINSE 1 2 PK-3
Samsung AR05TGHQASINSE 1 2 PK-4
Samsung AR05TGHQASINSE 1 2 PK-5
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Kisaran harga: Rp 3,6 jutaan

Produk selanjutnya yang bisa kamu pilih, yaitu Samsung AR05TGHQASINSE 1/2 PK. AC ini dikenal sebagai produk yang mampu menyejukkan suhu ruangan dengan cepat menggunakan mode fast cooling.

Meski begitu, daya yang dihabiskan tidak begitu besar, yakni 350 Watt saja. Padahal, fitur-fitur yang dimilikinya cukup lengkap antara lain HD Filter untuk membuat udara selalu bersih, bebas debu dan alergen, bahkan serbuk sari.

Kemudian, teknologi 2 Way Auto Swing yang tersemat juga menambah kenyamanan pengguna saat berada di dalam ruangan karena udara yang diberikan terasa lebih sejuk dan merata.

3. TCL TAC-05CSA/X5

Pasang AC - TCL TAC-05CSA/X5 - 1
Pasang AC - TCL TAC-05CSA/X5 - 2
Pasang AC - TCL TAC-05CSA/X5 - 3
Pasang AC - TCL TAC-05CSA/X5 - 4
Pasang AC - TCL TAC-05CSA/X5 - 5
TCL TAC-05CSA X5-1
TCL TAC-05CSA X5-2
TCL TAC-05CSA X5-3
TCL TAC-05CSA X5-4
TCL TAC-05CSA X5-5
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Kisaran harga: Rp 3,5 jutaan

Selain dua merek AC di atas, kamu juga bisa menjadikan TCL TAC05CSA/X5 sebagai pilihan yang tepat. Pasalnya, produk ini mempunyai konsumsi daya yang hemat, yakni 390 Watt untuk 1/2 PK.

Daya tersebut sudah mencakup berbagai fitur favorit dan terbaik, seperti 30s Fast Cooling yang mampu menyesuaikan suhu sesuai keinginan, perintah pembersihan filter yang secara otomatis akan mendeteksi waktu dan memberi peringatan, serta Healthy Filter yang dapat menyaring kotoran hingga partikel terkecil.

Sementara, yang menarik dari AC ini adalah fitur Sleep Mode yang jika diaktifkan bisa membuat suhu berfluktuasi secara perlahan, dan penyegaran udara pun berlangsung sesuai durasi tidur. Bagaimana, sangat worth it kan untuk AC seharga Rp 3,5 jutaan?

4. AC Hemat Listrik LG T06EV4

Pasang AC - LG T06EV4 - 1
Pasang AC - LG T06EV4 - 2
Pasang AC - LG T06EV4 - 3
Pasang AC - LG T06EV4 - 4
LG T06EV4-1
LG T06EV4-2
LG T06EV4-3
LG T06EV4-4
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Kisaran harga: Rp 3,3 jutaan

Sebagai brand elektronik ternama, LG mengeluarkan produk unggulan untuk para konsumen setianya, yaitu LG T06EV4. Ini adalah salah satu AC inverter terbaik karena memiliki fitur Watt Control yang memungkinkan kamu mengatur konsumsi daya listrik sesuai keinginan.

Mengingat, produk ini menawarkan tiga tingkatan untuk situasi berbeda mulai dari 215 Watt, 312 Watt, hingga 419 Watt. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mematikan perangkat elektronik lain untuk menyalakan AC.

Soalnya, brand ini mengutamakan kenyamanan para penggunanya melalui udara sejuk yang dihadirkan dalam waktu cepat dari AC LG T06EV4 yang dibanderol sekitar Rp 3,3 jutaan.

5. Sharp AH-A5UCY 1/2 PK

Pasang AC - Sharp AH-A5UCY 1/2 PK - 1
Pasang AC - Sharp AH-A5UCY 1/2 PK - 1
Sharp AH-A5UCY 1 2 PK-1
Sharp AH-A5UCY 1 2 PK-2
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Kisaran harga: Rp 2,8 jutaan

Produk terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi, yaitu Sharp AH-A5UCY 1/2 PK. AC ini hadir dalam desain modern berwarna putih sehingga cocok ditempatkan di ruangan apapun.

Kemudian, secara spesifikasi pun terbilang unggulan karena menggunakan jenis freon R32, tengaga 0,5 HP, berat 20,5 kilogram, serta berbagai fitur menarik seperti lampu LED pada bagian indoor yang berfungsi sebagai penunjuk suhu di setting mode.

Tapi, selain itu juga kamu bisa menikmati fitur turbo cooling yang mampu menyebarkan udara dingin ke seluruh ruangan secara merata, self diagnosis, hingga pengunci remot agar AC tidak dapat merespon perintah apapun kecuali penguncinya dibuka.

Baca Juga: AC Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Itulah beberapa informasi terkait cara pasang AC sekaligus merawat dan beberapa rekomendasi produk terbaik yang sudah kamu ketahui lengkap di pembahasan sebelumnya. Lantas, apakah kamu tertarik untuk coba membeli AC baru dan memasangnya sendiri?

Kalau iya, maka kamu perlu mencari AC yang dibutuhkan terlebih dahulu secara online agar lebih praktis dan mudah. Salah satunya melalui e-commerce terpercaya andalan masyarakat, yaitu JD.ID.

Di sini, kamu tidak hanya menemukan banyak pilihan AC berkualitas, namun juga bisa membelinya dengan lebih hemat menggunakan sejumlah promo yang tersedia seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan 0%.

Gimana, benar-benar seru dan menguntukan kan berbelanja di JD.ID? Apalagi, semua produk yang dijual sudah #DijaminORI. Jadi, tunggu apalagi? Sebelum kehabisan, yuk beli sekarang!