Speaker Aktif VS Speaker Pasif, Mana Yang Lebih Baik?

0
29104
Speaker aktif vs speaker pasif
Souce: Pixabay

Bagi kamu yang hobi nonton Netflix di Smart TV engga lengkap rasanya kalau tidak dibarengi dengan keberadaan speaker aktif. Pasalnya speaker aktif dapat membuat suasana menonton jadi lebih seru. Apalagi kalau film yang kamu tonton adalah film horror atau film adventure . Kamu akan merasa ada di dalam film tersebut dengan keberadaan speaker aktif yang bagus.

Namun, apa itu speaker aktif?

Apa itu speaker aktif - JD.ID
Sumber: Freepik

Speaker aktif adalah perangkat alat sound system yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan woofer, tweeter, mono, amplifier stereo dan beberapa fitur menarik lainnya. Bentuk dari speaker aktif ini cukup beragam. Ada yang memiliki bentuk seperti kotak koper sehingga sehingga kamu bisa memindahkannya dengan mudah. Tapi ada juga yang memiliki bentuk kecil seperti speaker aktif bluetooth portable.

Di samping speaker aktif, ada juga speaker pasif yang dulu banyak dipakai oleh masyarakat. Speaker pasif adalah speaker yang tidak memiliki perangkat penguat suara di dalamnya atau amplifier. Sehingga kamu harus membeli amplifier secara terpisah yang nantinya bisa disambungkan dengan perangkat sound system lain.

Sebagaimana diketahui bahwa amplifier ini merupakan perangkat yang harus ada dalam speaker. Fungsinya cukup vital yakni sebagai penguat sinyal audio yang akan dikeluarkan melalui gelombang pada system load speaker. Selain itu, amplifier juga bekerja sebagai alat yang mengatur tentang karakteristik suara. Contoh mengatur ketinggian volume, bass, balance, middle dan sebagainya.

Apa perbedaan speaker aktif dan speaker pasif?

Apa perbedaan speaker aktif dan speaker pasif - JD.ID
Sumber: Pixabay

Walaupun sama-sama perangkat audio akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara perangkat speaker aktif dan pasif, di antaranya:

  • Komponennya

Di mana speaker aktif memiliki komponen amplifier yang sudah menyatu dengan perangkat sound system. Sehingga saat digunakan hanya tinggal menyambungkan dengan daya listrik saja. Sementara pada speaker pasif, komponen amplifier terpisah. Sehingga untuk menyambungkannya memerlukan kabel. Sering kali kabel-kabel ini yang membuat berantakan.

  • Daya

Dalam penggunaannya speaker aktif bisa digunakan tanpa menggunakan daya listrik. Asalkan perangkat sudah terisi baterai secara penuh. Sementara pada speaker pasif perangkat harus selalu tersambung ke listrik.

  • Bentuk speaker

Speaker aktif memiliki bentuk yang ringan atau kecil sehingga mudah untuk dibawa dan dipindahkan. Beberapa contoh speaker aktif seperti speaker bluetooth portable, speaker laptop, speaker hape dan sebagainya.

Tetapi jika speaker pasif umumnya memiliki bentuk yang besar. Contoh speaker home theater, speaker bioskop atau speaker pada event-event tertentu .

Mana yang lebih baik speaker aktif atau speaker pasif?

Mana yang lebih baik speaker aktif atau speaker pasif- JD.ID
Sumber: Freepik

Jika berdasarkan pada perbedaan di atas, speaker aktif lebih unggul dari pada speaker pasif. Terutama bagi kamu yang mengutamakan fleksibilitas pemakaian. Mudah dipindahkan dan tidak memerlukan banyak kabel. Terlebih speaker aktif juga sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, ada sedikit kekurangan dari speaker aktif, yaitu perangkat ini lemah dalam memperkeras suara. Terutama untuk pemakaian radius yang luas. Kamu hanya bisa memakai speaker ini sesuai daya internalnya saja. Sementara pada speaker pasif, kamu bisa menghasilkan gelombang suara yang lebih maksimal. Itulah mengapa speaker pasif banyak dipakai sebagai sound system di acara nikahan, di bioskop, hingga konser.

Jadi, sebenarnya menimbang mana yang lebih baik harus disesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri. Jika hanya untuk penggunaan pribadi dan sehari-hari maka, kamu bisa menggunakan audio speaker aktif. Tetapi jika untuk penggunaan acara tertentu, maka sangat direkomendasikan menggunakan speaker pasif untuk hasil sound system yang lebih baik.

Nah, dengan mengetahui perbedaan dari speaker aktif dan pasif ini, kini kamu bisa tahu mana speaker yang kamu butuhkan. Sehingga bisa disesuaikan dengan rencana penggunaanya.