25 Quotes Bijak Cinta Sahabat Nabi, Jodoh Tak Akan Tertukar!

0
2500
quotes bijak cinta
Foto: Pinterest

Meski hanya kata-kata, tapi quotes bijak cinta para sahabat Nabi Muhammad SAW bisa menjadi penyejuk hati terutama buat kamu yang sedang ikhtiar menjemput jodoh.

Dalam ajaran Islam, jodoh merupakan misteri yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Manusia tugasnya hanya berikhtiar, berdoa, dan terus memantaskan diri hingga Allah SWT mendatangkan jodoh terbaik untuk kamu.

Bahkan, pada Alquran terdapat beberapa kumpulan ayat suci yang membahas tentang jodoh. Salah satunya pada Surat Az-Zariyat ayat 49.

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Artinya:

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).”

Dari ayat tersebut dijelaskan, bahwasanya Allah menciptakan manusia berpasangan-pasangan sebagai penenang hati, baik di dunia maupun di akhirat agar senantiasa bersyukur dan mengingat kebesaran Allah SWT.

Baca Juga: 5 Cerita Nabi Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya yang Istimewa

Tak hanya itu, para sahabat Nabi Muhammad SAW seperti Ali bin Abi Thalib, Umar bin Khattab, hingga Abu Bakar As Siddiq juga turut memberikan quotes bijak cinta kepada umat Rasulullah agar senantiasa tenang dalam menanti sang pujaan hati.

25 Quotes Bijak Cinta Para Sahabat Rasulullah

25 Quotes Bijak Cinta Para Sahabat Rasulullah
Foto: bsmu

Semasa hidupnya, Nabi Muhammad SAW dikelilingi oleh orang-orang terbaik yang selalu setia dan membela Rasulullah di garis terdepan. Dikenal memiliki sifat dan akhlak yang mulia, umat muslim dapat memetik banyak pelajaran berharga tentang kehidupan, salah satunya adalah cinta.

Berikut adalah 25 quotes bijak cinta dari Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya yang telah dirangkum oleh tim JD.ID dari beberapa sumber.

Kata Mutiara Rasulullah Tentang Cinta

Quotes Bijak Rasulullah Tentang Cinta

1. “Pria yang baik memperlakukan wanita dengan hormat.”

2. “Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya cinta adalah cinta kepada sesama.”

3. “Ulurkan cintamu karena Tuhanmu dan tariklah cintamu karena Tuhanmu, kamu tentu tak akan kecewa.”

Quotes Bijak Cinta Umar bin Khattab

Quotes Bijak Cinta Umar bin Khattab

4. “Barangsiapa yang jernih hatinya, akan diperbaiki pula oleh Allah pada apa yang nyata di wajahnya.”

5. “Jangan berlebihan dalam mencintai sehingga menjadi keterikatan, jangan pula berlebihan dalam membenci sehingga membawa kebinasaan.”

6. “Jika pasanganmu sedang marah, maka kamu harus tenang. Karena ketika satu di antaranya adalah api, maka satu yang lainnya harus bisa menjadi air yang bisa meredam amarah tersebut.”

7. “Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu kenakan dan kamu tanggalkan sesuka hati. Wanita itu terhormat dan memiliki haknya.”

8. “Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku.”

Baca Juga: Doa Meluluhkan Hati Seseorang: Buat Dia Mabuk Kepayang

Kata-Kata Ali bin Abi Thalib Tentang Jodoh

Kata-kata Ali bin Abi Thalib Tentang Jodoh

9. “Lebih mudah mengubah gunung menjadi debu daripada menanamkan cinta di hati yang dipenuhi dengan kebencian.”

10. “Berikan perhatian dan bersikap baiklah kepada istrimu. Dia adalah bunga yang lembut, bukan budak rumah tanggamu.”

11. “Cintailah kekasihmu sekadarnya saja, siap tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu.”

12. “Jadilah seperti bunga yang memberikan keharuman bahkan kepada tangan yang telah merusaknya.”

13. “Ada dua cara untuk menjalani hidup agar menyenangkan, baik di dalam hati seseorang maupun dalam doa seseorang.”

14. “Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang.”

15. “Cinta tidak pernah meminta untuk menanti karena cinta hanya mengambil kesempatan atau tentang merelakan.”

16. “Wanita mampu menyembunyikan cinta selama 40 tahun, tetapi tidak bisa menyembunyikan kecemburuan bahkan untuk sesaat.”

17. “Tubuh dibersihkan dengan air. Jiwa dibersihkan dengan air mata. Akal dibersihkan dengan pengetahuan. Dan jiwa dibersihkan dengan cinta.”

18. “Jika kamu bahagia dan mengingat seseorang, itu berarti kamu mencintai orang tersebut. Jika kamu sedih dan mengingat seseorang, itu berarti orang tersebut mencintaimu.”

19. “Hati manusia adalah seperti binatang buas. Barangsiapa hendak menjinakkannya, akan diterkamnya.”

20. “Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kau cintai.”

21. ”Apa yang menjadi milikmu, akan menemukanmu.”

22. “Jangan biarkan hatimu berlarut-larut dalam kesedihan atas masa lalu, atau itu akan membuatmu tidak akan pernah siap untuk menghadapi apa yang akan terjadi.”

23. “Abaikan rasa sakit, atau jika tidak maka kamu tidak akan pernah merasa bahagia.”

24. “Yakinlah, ada sesuatu yang menantimu setelah sekian banyak kesabaran yang kau jalani, yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit.”

25. “Ya Allah, saat aku kehilangan harapan dan rencana, tolong ingatkan aku bahwa cinta-Mu jauh lebih besar dari pada kekecewaanku. Dan rencana yang Engkau siapkan untuk hidupku, jauh lebih baik dari pada impianku.”

Itu dia 25 quotes bijak cinta dari Nabi Muhammad SAW serta para sahabatnya yang bisa kamu terapkan dalam menanti jodoh. Jangan putus asa dalam berikhtiar, teruslah memperbaiki dan memantaskan diri hingga datang jodoh terbaik dari Allah SWT.

Untuk memperdalam ilmu agama Islam, kamu bisa membaca kitab suci Alquran, buku hadist, maupun buku sejarah Islam untuk lebih mengenal Baginda Rasullah dan para sahabat setianya. Kamu dapat menemukan buku yang kamu butuhkan di situs belanja online di JD.ID.

Selain produknya #DijaminORI, kamu juga bisa membeli seluruh buku tanpa perlu mengeluarkan bujet besar. Soalnya, JD.ID menawarkan banyak sekali promo menarik seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan lain sebagainya. Tak perlu ragu lagi, yuk belanja di JD.ID sekarang.