45 Quotes Tema Kemerdekaan Ini Buat Merinding, Anak Bangsa Harus Dengar!

0
774
Quotes Tema Kemerdekaan Para Presiden Indonesia
Source: Pinterest

Mengobarkan semangat dalam tema kemerdekaan di setiap tahunnya, sudah menjadi hal yang wajib kita laksanakan. Bukan karena tuntutan, dan bukan hanya sebagai penghormatan untuk pahlawan. Namun itu sebuah rasa cinta terhadap bumi pertiwi kita, Indonesia.

Hai para pemuda penerus bangsa, mari bersama kita kibarkan bendera. Angkat tanganmu, berikan hormat yang mendalam untuk mereka. Ratusan nyawa pahlawan telah melayang, saatnya kini kita berjuang untuk jadikan Indonesia yang gemilang. Memang tak mudah, tapi patut dicoba.

Untuk itu ayo kumpulkan kembali semangat juang kita dengan beberapa quotes tema kemerdekaan yang diucapkan oleh para pemimpin Negara Kesatuan Replublik Indonesia.

Quotes Tema Kemerdekaan dan Semangat Juang dari Para Pemimpin Bangsa Indonesia yang Buat Merinding!

Hingga kini Indonesia telah melalui 7 pemimpin negara yang sangat bijak, cermat, adil, dan tulus dalam membina rakyatnya. Oleh sebab itu, demi membangun kembali rasa persatuan serta antusiasme memajukan negara saat HUT RI kali ini, mari kita simak beberapa quotes tema kemerdekaan dari pemimpin kita.

Quotes Soekarno Saat HUT Republik Indonesia

Quotes Presiden Pertam Ir Soekarno
Source: Jasmerah.org

1. “Kalau kita tidak bisa menyelenggarakan sandang, pangan di Tanah Air yang kaya ini, maka sebenarnya kita sendiri yang tolol, kita sendiri yang maha tolol.”

2. “Berikan aku sepuluh pemuda, akan ku goncangkan dunia.”

3. “Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.”

4. “Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.”

5. “Aku tinggalkan kekayaan alam Indonesia, biar semua negara besar dunia iri dengan Indonesia, dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya.”

6. “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”

7. “Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat.”

8. “Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati’!”

Soeharto

Quotes Bijak Soeharto
Source: Wikimedia

9. “Rasa syukur yang paling tepat adalah dengan jalan mempertahankan kemurnian cita-cita kemerdekaan dan bekerja keras, membangun bangsa ini sebagai pengisian kemerdekaan.”

10. “Saya ini tentara. Tentara itu pedoman hidupnya Sapta Marga. Kami patriot Indonesia, pendukung dan pembela ideologi negara yang bertanggung jawab dan tidak mengenal menyerah.”

11. “Prajurit yang mencintai rakyat jelata, akan disayangi rakyat dalam negara itu dan membuat kokohnya negara dan menjadi perisai negara.”

12. “Penguasa yang enak hidupnya hanya karena banyak harta bendanya, kelak matinya tidak akan terhormat. Oleh karena itu jangan kejam dan sewenang-wenang terhadap rakyatnya.”

13. “Kaya tanpa harta, menantang tanpa orang lain, berani tanpa gagang, dan menang tanpa membunuh.”

14. “Perubahan keadaan itu kehendak Tuhan. Tiada kesaktian yang menyamai kepastian Tuhan, karena tiada yang dapat menggagalkan kepastian Tuhan.”

15. “Orang baik tidak boleh makan daging yang tidak suci, harus pantang terhadap apa saja yang menjadikan badan kotor atau segala sesuatu yang mendekatkan/ menyebabkan ketidakjernihan lahir maupun bathin, termasuk makan dari yang bukan haknya, misalnya harta hasil korupsi.”

Quotes Bijak dari Bacharuddin Jusuf Habibie untuk Bangsa Indonesia 

Quotes B. J. Habibie untuk Bangsa Indonesia
Source: Pinterest

16. “Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita.”

17. “Demokrasi pada dasarnya berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia. Semakin baik kualitas sumber daya manusia, semakin terbuka untuk menyebarluaskan dan mempraktikkan gagasan demokrasi.”

18. “Indonesia tidak mengenal perbedaan, Indonesia harus buktikan apa saja yang bisa dibuat.”

19. “Tidak ada sesuatu yang datang dengan percuma, semua harus dilakukan melalui perjuangan yang dibarengi dengan pengorbanan, kita tetap harus optimistis terhadap masa depan bangsa.”

20. “Jangan lelah mencoba. Tidak ada jaminan kesuksesan, tetapi memilih untuk tidak mencoba adalah jaminan kegagalan.”

21. “Kalau bukan anak bangsa ini yang membangun bangsanya, siapa lagi? jangan saudara mengharapkan orang lain yang datang membangun bangsa kita.”

22. “Jika tidak ada bahu untuk bersandar, selalu ada lantai untuk bersujud”

Baca Juga: Kemeriahan Hari Merdeka 17 Agustus di Setiap Masa Presiden

Quotes Tema Kermedekaan dari Abdurrahman Wahid / Gus Dur

Quotes Tema Kermedekaan dari Abdurrahman Wahid
Source: Wikipedia

23. “Dalam hidup nyata dan dalam perjuangan yang tak mudah, kita bukan tokoh dongeng dan mitos yang gagah berani dan penuh sifat kepahlawanan.”

24. “Pertanyaan dasarnya adalah, sanggupkah kita sebagai bangsa mengembangkan sikap meninggikan kepentingan bersama itu dan mengalahkan kepentingan pribadi para pemimpin bangsa kita?”

25. “Bangsa ini menjadi penakut! Karena tidak berani dan tidak mau bertindak menghukum yang bersalah.”

26. “Mari kita tanya dalam hati kita, apakah kita ini berjuang untuk suatu kepentingan yang besar yaitu kedamaian dan keutuhan NKRI.”

27. “Saya tidak peduli, mau popularitas saya hancur, difitnah, dicaci maki, atau dituduh apapun. Tapi bangsa dan negara ini harus diselamatkan dari perpecahan.”

28. “Demokrasi harus berlandaskan kedaulatan hukum dan persamaan setiap warga negara tanpa membeda-bedakan.”

29. “Pemahaman apa pun yang berbeda apalagi bertentangan bisa menjadi bibit – bibit perpecahan apalagi bertentangan, bisa menjadi bibit-bibit – bibit perpecahan dan persatuan bangsa.”

Megawati Setiawati Soekarnoputri

Quotes Megawati Setiawati Soekarnoputri
Source: Pinterest

30. “Nasib umat manusia tidak dapat ditentukan oleh hanya segelintir bangsa atau golongan yang merasa dirinya besar dan kuat, paling benar dan suci. Setiap bangsa, sekecil apapun, berhak bersuara.”

31. “Kepada anak-anakku di seluruh Tanah Air, saya minta untuk bekerja kembali dengan tulus. Jangan melakukan hal-hal yang bersifat emosional, karena di dalam mimbar ini, kamu melihat ibumu berdiri di sini.”

32. “Aku ingin mendorong masyarakat kita untuk mendidik dirinya agar memiliki keberanian dalam memahami dan memperjuangkan hak-hak mereka.”

33. “Berdirilah tegak kaum perempuan tiang Negara Kesatuan Republik Indonesia”

Susilo Bambang Yudhoyono

Quotes Kemerdekaan Susilo Bambang Yudhoyono
Source: Youtube/Susilo Bambang Yudhoyono

34. “Kemerdekaan adalah warisan pejuang. Kita memikulnya dengan tanggung jawab sejahterakan masa depan anak cucu.”

35. “Hakekat pembangunan bangsa adalah proses panjang yang berlanjut dari satu generasi ke generasi berikutnya.”

36. “Reformasi di negeri kita masih muda. Jangan goyah atau berbalik arah. Jika ada kekurangan, koreksi dan perbaiki bersama.”

37. “Ada yang bilang berpolitik itu tidak perlu baik, yang penting menang. Padahal, dengan berpolitik yang baik kita tetap bisa menang.”

38. “Orang cerdas selalu berpikir cara mengubah krisis jadi peluang. Jangan cepat menyerah ketika ada masalah.”

39. “Emosi adalah bagian dari kehidupan manusia. Tetapi menjadi terlalu emosional dan tidak rasional itu keliru.”

40. “Kita bersyukur masyarakat Indonesia kini bebas berekspresi. Protes & kritik wajar, selama tidak memfitnah & merusak.”

41. “Perjuangan panjang bangsa ini terasa ringan jika dilakukan bersama-sama. Mari satukan langkah demi kemajuan.”

Baca Juga: Lomba 17 Agustus yang Populer Ini Rupanya Punya Filosofi Lho!

Quotes Semangat Juang dari Joko Widodo

Quotes Semangat Juang dari Joko Widodo
Source: Darwis Triadi

42. “Kehormatan hidup bukanlah ditentukan seberapa tinggi pendidikan, seberapa banyak ijazah akademismu, seberapa banyak bintang-bintang jasa bertaburan di dadamu, tapi kehormatan hidup itu ada ketika namamu melekat di hati orang-orang sekitarmu, kerjamu bermanfaat untuk rakyat banyak, dan doamu tiap bangun tidur memohon agar hari ini lebih baik dari hari kemarin.”

43. “Kita masuk dalam era kompetisi antarnegara yang semakin sengit. Kita tidak boleh berhenti berkreasi dan berinovasi.”

44. “Perbedaan adalah sebuah keniscayaan. Tetapi bukan alasan bagi kita untuk saling menghancurkan. Jika perbedaan itu kita kelola dalam satu visi besar, maka menjadi kekuatan untuk mencapai Indonesia Maju.”

45. “Otak sebagai sumber pikiran harus selalu terkoneksi dengan hati, hati yang bersih dan pikiran yang jernih akan hasilkan ide-ide besar yang mampu mengubah kehidupan.”

Itu dia quotes tema kemerdekaan dari para pemimpin Indonesia yang buat bulu kuduk kita merinding. Jika kamu ingin tahu quotes lainnya atau informasi lengkap mengenai sejarah kemerdekaan hingga reformasi dan politik Indonesia saat ini. Kamu bisa membaca berbagai bukunya di JD.ID.

Selain menyediakan buku sejarah dan literatur, JD.ID juga menyediakan buku lainnya seperti buku untuk motivasi dan inspirasi untuk meningkatkan rasa semangat juang untuk memajukan Indonesia. Nikmati harga spesial dengan voucher diskon tambahan serta layanan pengiriman yang cepat, aman, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia.