5 Cerita Nabi Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya yang Istimewa

0
20336
5 Cerita Nabi Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya yang Istimewa
Foto: tafsiralquran.id

Setiap cerita nabi memang perlu diketahui oleh umat manusia, mengingat di dalam Al-Qur’an disebutkan ada 25 nabi yang harus dipercaya. Ya, termasuk lima nabi ulul azmi di antaranya yang memiliki kelebihan khusus.

Adapun kelebihan yang dimaksud tersebut, yaitu ketabahan yang sangat besar dalam menghadapi berbagai cobaan. Dengan begitu, saat dihina dan diancam akan dibunuh mereka tetap sabar menghadapinya.

Lantas, siapa saja lima nabi yang mendapatkan julukan ulul azmi, dan apa saja kelebihan khusus atau mukjizat yang dimilikinya? Daripada penasaran, pada artikel kali ini akan dibahas semuanya melalui cerita nabi yang akan diulas lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Baca Juga: Mengulik Kisah Nabi Ismail AS dan Sejarah Munculnya Ibadah Kurban!

5 Cerita Nabi Ulul Azmi

5 Cerita Nabi Ulul Azmi
Foto: popbela.com

Mengulas tentang kisah nabi ulul azmi, apakah sebelumnya kamu sudah mengetahui arti dan maksud dari julukan atau gelar tersebut? Kalau belum, yuk cari tahu informasi singkatnya, sebelum mengetahui kisah perjalanannya.

Jadi, ulul azmi adalah gabungan dari kata ‘Ulul’ dan ‘Azmi’. Ulul sendiri pada dasarnya berasal dari kata ‘ulu’ atau ‘uli’ yang artinya memiliki, dan ‘Azmi’ yang berarti keteguhan hati.

Dengan begitu, jika digabungkan kedua kata tersebut memiliki arti orang yang mempunyai ketabahan, kesabaran, dan keteguhan hati yang luar biasa dalam menjalankan tugas suci sebagai nabi dan rasul.

Maka dari itu, jangan heran apabila Allah SWT memberikan gelar itu kepada lima nabi pilihannya, untuk sekaligus menjadi Rasul kepercayaannya. Lantas, siapa saja lima nabi yang dimaksud? Yuk, cari tahu daftarnya beserta mukjizatnya dalam cerita nabi berikut ini.

1. Nabi Nuh AS

Cerita Nabi Nuh AS
Foto: islam.nu.or.id

Nabi pertama yang mendapatkan gelar ulul azmi dan akan kamu ketahui ceritanya, yaitu nabi Nuh AS. Buat kamu yang belum tahu, nabi Nuh sudah menghabiskan banyak waktu untuk berdakwah, yaitu hampir sekitar 1.000 tahun, namun hanya sedikit yang mengikutinya.

Hal itu tak lain karena, nabi Nuh diutus oleh Allah SWT untuk berdakwah kepada anak-anak Rasib. Ya, mereka adalah orang-orang yang sulit dipercaya karena menyembah berhala, termasuk anaknya Kan’an dan istrinya Wali’ah.

Suatu waktu, nabi Nuh diutus untuk membuat kapal karena akan banjir besar. Saat itu, ia tetap dicaci maki bahkan dianggap tidak waras karena membuat kapal saat keadaan tidak mungkin banjir.

Namun, realita berkata lain karena banjir besar ternyata datang, dan seluruh umat yang menolak ajarannya tersapu habis oleh banjir, tidak terkecuali anak dan istrinya yang memberontak.

2. Nabi Ibrahim AS

Cerita Nabi Ibrahim AS
Foto: dongeng.kamikamu.co.id

Berikutnya ada nabi Ibrahim AS. Kisah nabi yang satu ini tak kalah menakjubkan dari nabi Isa AS, karena mendapatkan ujian kesabaran berupa perintah untuk menyembelih putra kesayangannya, yaitu nabi Ismail.

Tetapi keajaiban terjadi, karena saat ingin menyembelih, anaknya diganti dengan domba dari surga. Selain itu, nabi Ibrahim juga pernah dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrud, namun tetap bertahan dengan baik karena keteguhannya, dan api berubah menjadi dingin.

3. Nabi Musa AS

Cerita Nabi Musa AS
Foto: haibunda.com

Nabi ketiga yang diberi gelar ulul azmi oleh Allah SWT, yaitu nabi Musa AS. Memiliki cerita yang sangat mengagumkan, karena nabi ini lahir ke dunia saat Firaun bermimpi akan ada seorang putra yang melawannya.

Karena mimpinya tersebut, Firaun pun akhirnya memerintahkan agar semua bayi laki-laki yang lahir dibunuh. Namun, ibu nabi Musa, yaitu Yukabad tidak ingin bayinya dibunuh, sehingga menyembunyikannya di sungai Nil.

Hal menarik pun terjadi, karena istri Firaun menemukan bayi nabi Musa dan merawatnya. Karena itu, Musa pun tumbuh menjadi pria yang cerdas dan rajin berdakwah.

Ia selalu bertemu dan berhadapan dengan penyihir istana. Tetapi, berkat kuasa Allah ia selalu bersama mukjizat. Sampai suatu hari, ia melarikan diri ke laut merah dan membelahnya dengan izin Allah, yang saat ini dikenal sebagai mukjizatnya.

4. Nabi Isa AS

Cerita Nabi Isa AS
Foto: blog.elevenia.co.id

Nabi Isa AS adalah nabi keempat yang mendapatkan gelar ulul azmi, dengan mukjizat yang diterimanya sangat banyak. Beberapa di antaranya, yaitu ia bisa berbicara saat masih bayi, dan mampu menyembuhkan orang buta, serta memiliki penyakit kulit.

Hanya saja, cobaan selalu datang menghampiri. Salah satunya, yaitu Yahuza melaporkan tempat persembunyian nabi Isa ketika ia sedang bersembunyi dari serangan musuh.

Saat ia ditemukan dari tempat persembunyiannya, dan hendak ditangkap untuk disalibkan oleh pasukan musuh, Allah SWT mengubah wajah Yahuza mirip dengan nabi Isa. Dengan demikian, yang akhirnya ditangkap dan disalibkan adalah Yahuza.

Baca Juga: Syarat Hewan Kurban Menurut Ajaran Islam Saat Idul Adha

5. Cerita Nabi Muhammad SAW

Cerita Nabi Muhammad SAW
Foto: kalam.sindonews.com

Terakhir ada nabi Muhammad SAW, yang mendapatkan gelar ulul azmi dari Allah SWT, dan perlu kamu ketahui kisahnya sebagai umat Islam. Sebenarnya, cerita nabi yang satu ini sangat banyak, namun salah satu yang paling teringat adalah kesabarannya terhadap nenek yang membencinya.

Alkisah, ada seorang nenek yang sudah sangat lelah dan lemas karena memikul beban berat, kemudian nabi Muhammad datang untuk membantunya. Saat itu, sang nenek menyambut bantuan yang ditawarkan dengan senang hati.

Tetapi uniknya, selama perjalanan sang nenek selalu memperingatkan pemuda yang membantunya tersebut untuk menjauhi seseorang yang bernama Muhammad. Dalam kondisi itu, nabi Muhammad terus mendengarkan apa yang disampaikan nenek dan tidak marah.

Sampai akhirnya di ujung jalan, sang nenek menanyakan nama dari pemuda yang membantunya tersebut. Lalu, pemuda itu berkata “Muhammad”, dan akhirnya sang nenek pun masuk ke agama Islam.

Nah, itulah lima cerita nabi dengan gelar ulul azmi yang sudah kamu ketahui lengkap di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, sangat menarik untuk dicari tahu dan dipelajari lebih dalam, bukan?

Semua kisah tersebut memiliki keistimewaannya masing-masing, sehingga sangat disayangkan jika kamu tidak mencari tahu, untuk memperkaya pengetahuan mengenai nabi, bahkan agama Islam itu sendiri.

Hal itu pun, bisa kamu jadikan kegiatan selama menunggu waktu berbuka. Selain melalui internet, kamu juga bisa mengulik sejumlah informasinya dari buku agama Islam, seperti Al-Qur’an maupun buku sejarah Islam.

Adapun, buku tersebut saat ini sudah tersedia banyak di pasaran. Kamu tinggal mencari saja jenis buku yang diinginkan, lalu membelinya secara online, agar lebih praktis dan mudah.

Salah satunya, yaitu melalui e-commerce terbaik dan terpercaya seperti JD.ID. Karena di sini, pilihan buku yang tersedia banyak dan beragam, sehingga kamu bisa memilihnya sesuai keinginan, kebutuhan, dan budget yang ada.

Lalu, agar lebih hemat kamu juga bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, maupun gratis ongkir, Dengan begitu, kegiatan membeli produk yang sudah #DijaminORI menjadi lebih menyenangkan!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, beli buku pilihan terbaikmu sekarang juga, dan bayar menggunakan metode yang diinginkan sebelum kehabisan!