Kenali Gejala Kerusakan pada Sepatu dan Cara Mengatasinya

0
140

Sepatu merupakan salah satu jenis alas kaki yang biasa kita gunakan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Zaman sekarang sneakers tidak hanya dipergunakan untuk alas kaki saja melainkan sebagai barang koleksi atau untuk investasi, yang dimana hal ini terjadi karena banyaknya brand sneakers yang mengeluarkan variasi sneakers yang limited edition ataupun kolaborasi dengan artis atau seniman ternama.

Sepatu yang sering digunakan ataupun yang hanya di koleksi rentan sekali mengalami kerusakan yang bisa mengurangi nilai pada sneakers tersebut. Ada dua gejala kerusakan yang biasanya dan sering terjadi pada spatu adalah sebagai berikut:

  1. Yellowing

yellowing pada sepatu

Yellowing merupakan kerusakan yang biasanya terdapat pada bagian midsole atau bagian sol sneakers. Penyebab terjadinya yellowing adalah karena kotoran yang menumpuk dan teroksidasi sehingga menyatu dengan sol sepatu yang terbuat dari bahan karet. Jika yellowing tidak segera di bersihkan hal terburuk yang akan terjadi adalah bagian sol yang menguning tersebut mengeras dan pecah.

Cara menanggulangi sol yang sudah menguning adalah dengan menggunakan cairan khusus unyellowing atau dengan menggunakan cairan hydrogen peroksida.

Cara mencegah menguningnya sepatu adalah dengan rutin membersihkan bagian sol dengan lap basah setelah dipakai sehingga mencegah penumpukan kotoran pada bahan karet pada sol.

  1. Crack/ Retak

crack pada sepatu

Keretakan pada sepatu sering terjadi pada bagian upper dengan bahan kulit (Finish Leather, Pull-Up Leather, Patent Leather) ataupun bagian telapak yang berbahan karet. Penyebab terjadinya keretakan pada sepatu berbahan kulit adalah karena jarang dibersihkan ataupun di beri pelembap, sama halnya seperti kulit manusia jika terlalu sering terkena panas dan tidak dilembapkan maka kulit akan pecah-pecah atau terkelupas dan begitu juga dengan sepatu berbahan kulit.

Cara merawat sepatu berbahan kulit adalah dengan memberikan pelembap kulit yang biasa kalian pakai setidaknya sebulan sekali, aplikasikan pelembap dengan cara digosok secara memutar lalu dibersihkan. Cara tersebut dapat melembapkan sepatu kalian dan memperpanjang umur pakainya. Berbeda halnya dengan pecahnya bagian telapak yang berbahan karet, hal tersebut terjadi karena umur karet yang sudah terlalu lama sehingga menyebabkan bahan karet tersebut menjadi getas dan pecah. cara menanggulangi hal tersebut adalah dengan melakukan penggantian bagian telapak dengan yang baru.

Itulah gejala kerusakan dan cara menanggulangi yang harus sahabat JD.ID ketahui, dengan memahami hal ini anda akan lebih bisa merawat sepatu anda, sehingga ketika timbul gejala seperti yang disebutkan diatas anda dapat menanggulanginya dan menghindari kerusakan yang lebih parah.