Brand Lokal Kini Berlomba Gunakan Teknik Marketing Ini!

0
409
brand lokal fashion
Source: Freepik

Seiring berjalannya waktu, teknik marketing di Indonesia sering mengadakan endorsement serta collaboration. Meskipun keduanya mirip namun ini merupakan hal yang sangat berbeda. Collaboration artinya suatu brand akan bekerjasama dalam merilis sebuah produk yang nantinya tentu saja ada sistem bagi hasil. Sedangkan untuk endorsement yakni suatu brand menyewa tokoh selebriti yang terkenal serta memiliki pengakuan dan kepercayaan bagi masyarakat untuk mempromosikan produk tersebut. Sistem pembayaran endorsement ini pastinya harga sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Dalam dunia fashion di Indonesia banyak sekali brand lokal yang memulai untuk collaboration dengan para selebgram. Meskipun pada umumnya harganya jauh lebih mahal dibandingkan endorsement, akan tetapi lebih efektif loh! Kok bisa?

Nah hal tersebut dikarenakan ada berbagai macam feedback dan lebih banyak mendapati positive impact. Jika kamu melakukan endorsement berarti kamu hanya membayar serta memberikan produk brand lokal kamu hanya terhadap tokoh selebgram tersebut saja, dimana engagement yang kamu dapatkan hanya dari pengikut selebgram tersebut. Sedangkan apabila kamu menggunakan teknik collaboration, maka produk tersebut bukan hanya milik kamu saja, melainkan milik selebgram yang kamu ajak berkolaborasi juga. Sehingga untuk mengusahakan terjadinya sales, mereka akan cenderung berusaha lebih keras.

Pada umumnya mereka akan menyebarkan produk tersebut kepada teman,teman atau circle mereka untuk ikut mempromosikan juga. Hal tersebut akan terjadi dikarenakan dalam circle tersebut akan saling bekerja sama untuk meningkatkan rate mereka. Dari hal inilah engagement yang di dapatkan untuk brand lokal kamu tentunya akan lebih banyak karena berasal dari pengikut para selebgram yang ada dalam circle tersebut.

Sehingga bisa kita simpulkan bahwa penggunaan teknik collaboration ini jauh lebih efektif.  Hanya dengan collaboration dengan satu selebgram saja, kamu akan mendapatkan banyak promosi bukan hanya dari dia melainkan teman,teman di circlenya juga ikut mempromosikan produk brand lokal kamu. Berikut beberapa contoh brand lokal dalam dunia fashion yang mengadakan collaboration dengan selebgram Indonesia.

Kolaborasi Brand Lokal dengan Selebgram Indonesia

  1. Jovi Adhiguna X Christin Wu
JOVI ADHIGUNA X CHRISTIN WU
Source: Instagram

Christin Wu ini merupakan brand lokal yang memproduksi berbagai macam footwear khusus kalangan menengah keatas. Produk tersebut meliputi heels, slip on, sandals, flat shoes, dll. Brand ini sempat mengkolaborasikan dengan selebgram Jovi Adhiguna. Dari kolaborasi tersebut ada banyak feedback serta engagement yang di dapat dari masyarakat Indonesia. Hal tersebut tentunya mendapatkan dukungan dari circle Jovi Adhiguna sendiri yakni seperti Cantika Abigail, Caroline Robianto Kokasih, Kallula, Anastasia Siantar, Michelle Hendra Park, Karla Jasmina, Andien, Elxi Elvina, Cathy Sharon, Margenie MG.

  1. The Widiras X Bebeplum
THE WIDIRAS X BEBEPLUM
Source: Instagram

Bebeplum merupakan new brand asal Indonesia yang berkecimpung dalam penjualan konveksi melalui retail. Ada berbagai macam produk yang diproduksinya seperti masker, cardigan, vest, hingga set pakaian pun ada. Ciri khas dari Bebeplum yakni terdapat berbagai macam bordiran puppy yang mengundang para dog lovers untuk memilikinya. Namun produk yang ia kolaborasikan dengan The Widiras yakni berupa set pakaian dan juga cardigan dengan tema Christmas. Kolaborasi ini tentunya mendapatkan impact yang sangat besar dari segi sales maupun brand awareness dari masyarakat. Hal ini pastinya karena di dukung juga oleh circle The Widiras yang ikut mempromosikan produk Bebeplum seperti Sandra Dewi, Titan Tyra, Juliana Stephanie, Inez Siantar, dll.

  1. Anastasia Siantar X COTTONINK
COTTONINK X ANASTASIA SIANTAR
Source: Instagram

Brand online shop yang sudah sangat di kenal oleh wanita Indonesia yakni pastinya COTTONINK. Dengan harga yang cukup affordable COTTONINK mampu memberikan kualitas yang sangat baik. Meskipun banyak new brand yang bermunculan, ia tetap bertahan dan akhir-akhir ini pun ia melakukan teknik collaboration dengan beberapa selebgram salah satu contohnya yakni Anastasia Siantar. Berbagai macam pilihan model pakaian kekinian pun menjadi produk kolaborasi. Hasilnya tentu saja meraih banyak sales, engagement, serta feedback yang sangat baik. Circle dari Anastasia Siantar juga sangat meluas tak heran jika banyak temannya yang ikut mempromosikan seperti Elizabeth Rahajeng, Michelle Hendra Park, Keshia Nathania, Cindy Karmoko, Elxi Elvina, Maria Rahajeng, dan masih banyak lagi.

Jadi bagaimana sudah ingin memulai berkolaborasi dengan para selebgram di Indonesia? Atau ingin memiliki koleksi dari mereka? Bagi kamu yang ingin memilikinya bisa langsung saja kunjungi JD.ID untuk menemukan berbagai macam fashion dari brand lokal yang berkolaborasi dengan selebriti favorit kamu. Jangan takut akan barang palsu karena dijamin produk 100% original. Dapatkan juga berbagai promo diskon untuk harga yang lebih murah.