Life Hack Cara Mencuci Baju untuk Menghilangkan Noda di Pakaian

0
369
Life Hack Cara Mencuci Baju untuk Menghilangkan Noda di Pakaian- JD.ID
Source: Bobvila.com

Cara mencuci baju yang benar mungkin sudah tidak perlu diberitahukan pada Sahabat JD. Umumnya ini bersifat natural di mana kita bisa mencuci pakaian dengan sendirinya.

Namun berbeda halnya untuk pakaian yang terkena noda. Apalagi mengingat kemarin momen Lebaran, beberapa dari Sahabat JD mungkin bajunya kecipratan kuah opor atau saus kacang, maka hal ini kerap menjadi sulit untuk dibersihkan.

Tapi jangan khawatir, melalui beberapa Lifehack cara mencuci baju ini Sahabat JD bisa menemukan langkah yang lebih mudah menghilangkan berbagai noda di pakaian. Mulai dari noda minyak, tanah, darah, dan sebagainya. Oleh karena itu, jangan beranjak, Sahabat JD khususnya ibu-ibu harus menyimak Life Hack ini hingga selesai!

Baca juga: Pahami 5 Tips Merawat Jeans Berikut Ini

Mengenal Berbagai Jenis Noda Pada Pakaian  

Mengenal Berbagai Jenis Noda Pada Pakaian
Source; Dekoruma

Dalam beberapa hal kita tidak bisa menghindari ketika pakaian terkena noda. Sebab, apa yang kita lakukan semuanya adalah bentuk pergerakan.

Oleh karena itu, dari pergerakan tersebut kerap kali kita menyenggol sesuatu bahkan jatuh dari sesuatu. Sebagai contoh menyenggol gelas berisi kopi di atas meja tentu membuat pakaian kamu kotor atau menjatuhkan kuah baso tentu membuat celanamu bernoda juga.

Pada situasi ini, kita harus fokus pada bagaimana menghilangkan noda di pakaian tersebut, bukan kenapa kita bisa seceroboh itu.

Jangan sampai, pakaian yang kamu sukai tidak digunakan lagi karena memiliki noda yang tidak diinginkan. Adapun noda yang umumnya ditemui pada pakaian di antaranya:

  • Noda rumput biasanya didapatkan pada pakaian anak-anak yang biasanya bermain di tanah atau rerumputan. Jenis noda ini biasanya sulit dibersihkan karena termasuk noda pewarna apalagi bila menempel pada pakaian berserat kapas.
  • Noda minyak umumnya didapatkan melalui makanan yang terciprat. Ini juga termasuk noda yang membandel.
  • Noda darah bisa terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi terlalu banyak. Umumnya ini sulit dihilangkan pada celana dalam. Di sisi lain noda darah juga bisa terjadi karena memotong daging atau karena terjatuh.
  • Noda cokelat juga menjadi noda yang kerap muncul pada pakaian anak-anak, saat mereka memakan cokelat dan menyeka pada bagian baju.

Cara Mencuci Baju yang Benar untuk Menghilangkan Berbagai Macam Noda

Cara Mencuci Baju yang Benar untuk Menghilangkan Berbagai Macam Noda  - JD.ID
Source: Kompas.com

Kendati beberapa noda sulit untuk dihilangkan, bukan berarti kamu bisa menerima begitu saja kotoran yang menempel di pakaian. Setidaknya kamu bisa berusaha untuk memudarkan noda tersebut, dengan begitu perlahan-lahan warna pakaian akan kembali seperti semula.

Untuk beberapa jenis noda di atas, coba ikuti langkah-langkah cara menghilangkan nodanya seperti di bawah ini!

1. Cara Mencuci Baju untuk Menghilangkan Noda Minyak atau Make Up

Menggunakan Soda Kue dan Cuka

  • Dalam ember yang berisi air, taburkan soda kue dan beberapa tetes cuka, kemudian rendam pakaian yang terkena noda minyak atau make up selama beberapa menit. Kucek-kucek lalu lihat hasilnya.

Menggunakan Baby Powder

  • Pada pakaian yang terkena minyak, olesi bagian tersebut dengan baby powder. Ratakan hingga bekas minyak tersebut tidak terlihat. Bedak bayi akan membantu menyerap minyak di pakaian.
  • Lakukan step ini terus menerus dan sesekali kerik bagian bernoda, hingga noda minyak benar-benar tidak terlihat. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air dan deterjen.

Baca juga: Takaran Deterjen yang Benar untuk Mencuci Pakaian

2. Noda Darah

Cara menghilangkan noda darah menggunakan sabun batangan

  • Basahi pakaian yang terkena noda darah, kemudian gosokkan sabun batangan ke arah noda darah tersebut. Lalu kucek-kucek selama beberapa menit sampai berbusa dan noda darah akan menghilang perlahan-lahan.

Menggunakan Cuka Putih

  • Rendam pakaian yang terkena noda darah dengan menggunakan cuka putih selama 30 menit. Kemudian kucek-kucek perlahan dengan air dingin.

3. Noda Tanah / Rumput

    • Basahi pakaian yang terkena noda tanah atau rumput dengan air dingin. Lalu pada bagian noda tersebut gosokan sabun batangan serta kucek-kucek untuk mengangkat kotoran.
    • Siapkan ember kemudian masukkan 1 tutup botol deterjen dan ½ botol alkalite laundry rendam hingga beberapa menit dan bilas. Pakaian akan kinclong seperti semula.

4. Noda Cokelat

    • Cukup mudah dalam mempraktikan cara mencuci baju yang memiliki noda cokelat. Cukup dengan membasahi pakaian yang terkena noda dengan air dingin. Kemudian gosokkan sabun batangan pada bagian yang terdapat noda cokelat, kucek-kucek dan sikat hingga memudar.
    • Diamkan selama beberapa menit lalu bilas, noda cokelat akan menghilang.

5. Noda Karat pada Baju Putih

    • Sikat bagian kuning baju yang bernoda dengan menggunakan byclin (tanpa air dingin) menggunakan sikat gigi.
    • Bila masih belum hilang, lanjutkan dengan menggosokkan sabun batangan pada bagian noda tersebut. Setelah itu, kucek-kucek pakaian.
    • Terakhir rendam pakaian tersebut pada air dingin yang telah dicampur dengan deterjen selama beberapa menit.

Itulah Life Hack singkat tentang cara mencuci baju yang benar untuk menghilangkan berbagai macam noda. Kamu bisa mempraktikkan beberapa langkah di atas agar pakaian kembali kinclong seperti baru.

Adapun jika kamu sedang mencari kebutuhan rumah tangga seperti deterjen, pemutih hingga pelembut pakaian, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di platform e-commerce JD.ID. Di sini kamu bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga yang lebih murah dengan memanfaatkan diskon dan voucher yang diberikan.

Yuk belanja di JD.ID karena di sini GRATIS Ongkir, pengiriman cepat serta sudah mendukung opsi pembayaran COD. Tunggu apalagi? Belanja di JD.ID sekarang untuk melengkapi kebutuhan laundry di rumah!