AirDrop iPhone Mudahkan Transfer File, Gimana Caranya?

0
126
AirDrop iPhone Mudahkan Transfer File, Gimana Caranya?
Foto: zdnet.com

Menjamurnya Apple user di Indonesia ternyata membuat fitur AirDrop iPhone semakin popular. Lho, kok bisa? Tentu saja, karena fitur ini pada dasarnya hadir untuk memudahkan aktivitas para penggunanya dalam mengirim dan menerima file.

Dengan catatan, fitur ini hanya tersedia dan bisa digunakan pada produk gadget dan komputer keluaran Apple seperti iPhone, iPad, MacBook, dan iMac. Jadi, kamu tidak perlu lagi bergantung pada kabel data maupun Bluetooth yang selama ini diandalkan masyarakat.

Tetapi, bagaimana ya cara menggunakannya? Daripada penasaran dan bingung harus memulai dari mana, yuk kita simak bersama-sama informasi lengkapnya pada artikel berikut ini!

Baca Juga: Ini Spesifikasi iPhone 13 Terlengkap dan Update Harga Terbarunya!

Pengertian AirDrop iPhone

Pengertian AirDrop iPhone
Foto: tapsmart.com

Sebagai salah satu fitur yang sangat berguna, AirDrop iPhone adalah layanan ad-hoc yang terdapat pada sistem operasi iOS dan macOS Apple Inc. Fitur ini pertama kali hadir pada 20 Juli 2011 dan baru bisa digunakan pada iOS 7, iPad OS 13, OS X 10.10, atau perangkat lain yang lebih baru.

Walau begitu, fitur ini mampu mengirimkan berbagai bentuk file dengan lebih mudah, baik itu foto, video, situs web, hingga lokasi secara nirkabel ke perangkat Apple lainnya.

Hanya saja, sebelum mulai menggunakan fitur ini kamu harus memastikan beberapa hal yang di antaranya, yaitu:

  • Pastikan kalau orang yang akan kamu kirimkan konten berada di sekitar serta dalam jangkauan Bluetooth dan Wi-Fi
  • Pastikan kamu dan orang akan dikirimkan konten telah menyalakan Wi-Fi dan Bluetooth
  • Matikan Hotspot Pribadi jika aktif
  • Pastikan orang yang akan kamu kirimkan konten telah mengatur AirDrop agar dapat menerima hanya dari Kontak. Apabila mereka telah melakukannya dan kamu ada dalam Kontaknya, maka mereka harus memiliki alamat email atau nomor ponsel ID Apple kamu di kartu kontak agar dapat menggunakan AirDrop
  • Jika kamu tidak ada di Kontak mereka, pastikan mereka mengonfigurasi pengaturan penerimaan AirDrop ke Semua Orang agar dapat menerima file.

Nah, itu semua adalah poin-poin yang dilansir dari situs resmi Apple yang harus kamu perhatikan dan lakukan sebelum mulai mengirim file. Tujuannya sendiri jelas, yaitu agar proses menghubungkan antar perangkat berhasil hingga proses pengiriman.

Cara Menyesuaikan Pengaturan AirDrop

Cara Menyesuaikan Pengaturan AirDrop
Foto: theverge.com

Ketika akan mengirim file menggunakan AirDrop, selain memperhatikan beberapa hal yang sudah diuraikan di pembahasan sebelumnya, kamu juga perlu menyesuaikan pengaturan AirDrop sesuai keinginan dan kebutuhan. Adapun cara yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Buka Pusat Kontrol dengan menggesek ke bawah layar iPhone X atau versi terbaru dari sudut kanan atas. Namun, untuk iPhone 8 dan versi lama lainnya bisa menggesek bagian bawah layar ke atas
  • Selanjutnya tekan kuat kartu pengaturan jaringan di sudut kiri atas
  • Sentuh dan tahan tombol AirDrop, lalu pilih satu dari tiga pengaturan AirDrop, yakni:
    • Penerimaan Mati: Kamu tidak bisa menerima permintaan AirDrop
    • Hanya Kontak: Hanya orang yang ada di dalam kontak kamu yang bisa melihat perangkat
    • Semua Orang: Semua perangkat Apple terdekat yang menggunakan AirDrop dapat melihat perangkatmu.

Itulah cara menyesuaikan pengaturan AirDrop yang bisa kamu ikuti langkahnya. Bagaimana, sangat mudah, bukan?

Jika kamu mengalami kendala berupa Penerimaan Mati dan kamu tidak bisa mengetuk panel untuk mengubahnya, maka kamu bisa buka Pengaturan > Durasi Layar > ketuk Pembatasan Konten & Privasi > ketuk App yang Diizinkan dan pastikan AirDrop menyala.

Cara Menggunakan AirDrop

Cara Menggunakan AirDrop
Foto: islabit.com

Untuk bisa menggunakan fitur AirDrop langkah-langkah yang perlu dilakukan sangat mudah. Kamu bisa mengetahuinya secara rinci pada uraian berikut ini.

  • Buka aplikasi yang item-nya ingin dibagikan
  • Pilih item apa saja yang ingin dibagikan lalu pencet tombol Bagikan (simbol berbentuk kotak dengan tanda panah ke atas)
  • Setelah itu klik logo AirDrop dan nantinya akan muncul nama pengguna AirDrop yang aktif
  • Pilih pengguna yang dituju, lalu klik untuk mengirim file.

Sebagai informasi tambahan, pastikan kalau AirDrop perangkatmu sudah aktif sebelum mengirim file ke perangkat Apple lainnya.

Cara Menerima AirDrop iPhone

Cara Menerima AirDrop iPhone
Foto: radenbro.com

Meski cara menggunakan AirDrop iPhone sudah kamu ketahui, namun belum lengkap rasanya jika cara menerimanya belum kamu pahami. Pasalnya, langkah-langkah yang perlu dilakukan sangat mudah, yaitu:

  • Pertama akan muncul pemberitahuan dengan pratinjau dalam bentuk “Pop Up
  • Tekan tombol Terima jika ingin menyimpan file yang dikirim, atau Tolak jika tidak ingin menerimanya
  • Apabila menekan tombol Terima, AirDrop akan masuk melalui aplikasi yang sama dengan yang mengirimnya, seperti foto akan ditampilkan di aplikasi Foto dan situs web akan tampil di aplikasi Safari
  • Jika ingin mengirim file melalui AirDrop ke perangkat pribadi lainnya, seperti foto dari iPhone ke Mac, kamu tidak bisa melihat pilihan Terima atau Tolak karena konten akan dikirim secara otomatis ke perangkat yang dikirimkan file
  • Kamu cukup memastikan kalau kedua perangkat tersebut menggunakan ID Apple yang sama.

Baca Juga: Gampang! Ini Cara Cek IMEI iPhone yang Benar

Beberapa informasi terkait AirDrop iPhone kini sudah kamu ketahui dengan lengkap. Gimana, sangat mudah dipahami dan dilakukan, bukan?

Kamu bisa mencobanya sekarang juga untuk memastikan proses transfer file di perangkat Apple berhasil dengan cepat. Kalau sudah begitu, kamu akan menikmati pengalaman memakai iPhone yang menyenangkan.

Namun, jika ternyata perangkat yang dimiliki saat ini tidak mendukung dan berencana ingin membeli iPhone baru, maka kamu bisa mulai mencari produk terbaiknya secara online agar lebih praktis dan mudah.

Salah satu, yaitu JD.ID yang merupakan e-commerce terpercaya andalan masyarakat Indonesia. Pasalnya, JD.ID menyediakan berbagai tipe dan seri iPhone yang bisa kamu pilih dan beli sesuai keinginan dan kebutuhan.

Gak cuma itu, di platform belanja ini kamu juga bisa banjir untung, karena banyak promo menarik yang bisa kamu nikmati, mulai dari diskon, cashback, gratis ongkir, hingga cicilan 0%.

Belum lagi diskon besar-besaran yang dihadirkan JD.ID di bulan Agustus ini, tepatnya dalam kampanye SUPER8 Electronic Mega Sale yang berlangsung sejak 1-10 Agustus 2022 sangat menggiurkan!

Jadi, buat kamu yang ingin mendapat keuntungan maksimal saat berbelanja di JD.ID, bisa langsung menambahkan produk yang ingin dibeli ke dalam keranjang belanjamu, lalu checkout di periode tanggal yang sudah ditentukan.

Soal pembayaran? Jangan khawatir, karena kamu bisa memilih satu metode yang diinginkan. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengangkut barang impian di JD.ID yang sudah #DijaminORI secepatnya sebelum kehabisan. Happy shopping!