Awas! Ciri-Ciri WhatsApp Disadap Ini Bisa Curi Data Kamu

0
8428
Ciri ciri whatsapp disadap
Source: Pixabay

Mengetahui ciri-ciri WhatsApp (WA) disadap menjadi hal yang perlu kamu waspadai ditengah maraknya kegiatan peretasan. Pasalnya, smartphone yang sudah kena hack akan memudahkan oknum tidak bertanggung jawab dapat mengakses semua informasi yang ada dalam perangkat kamu.

Beberapa data penting seperti galeri, pesan singkat, alamat, hingga panggilan telepon menjadi sasaran utama bagi para peretas. Bahkan, hal terparah yang akan terjadi, kamu bisa kehilangan kendali atas aplikasi WA yang digunakan.

Kegiatan hacking tentunya bisa datang kapan saja dan terjadi kepada siapa saja. Tapi, ada beberapa tanda yang muncul ketika WhatsApp diretas.

Baca Juga: Begini Cara Melacak Hp yang Hilang dengan Cepat dan Mudah

Ciri-Ciri WhatsApp Disadap

WA Disadap
Source: GuidingTech

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan untuk mengetahui WhatsApp di-hack atau tidak yaitu munculnya kode One Time Password (OTP) secara tiba-tiba. Selain itu, ada beberapa tanda lainnya yang perlu diwaspadai. Berikut lima di antaranya:

1. Profil Akun Mendadak Berubah

Salah satu ciri-ciri WhatsApp tersadap adalah berubahnya tampilan foto profil secara tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, maka ada kemungkinan WA sedang disadap.

2. Ciri-Ciri WhatsApp Disadap: Mendapat SMS OTP

OTP merupakan metode atau cara untuk mendapatkan akses terhadap sebuah aplikasi dengan mengirimkan Short Message Service (SMS). Jika kamu merasa tidak melakukan request OTP tetapi mendapat SMS tentang kode rahasia tersebut, sebaiknya diabaikan saja.

3. WhatsApp Logout Tiba-Tiba

Apabila WhatsApp ter-logout secara misterius, hal ini sudah menjadi indikasi yang paling berbahaya dan perlu diwaspadai karena kemungkinan besar HP sudah berhasil disusupi oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

4. Ciri-Ciri WhatsApp Disadap, Muncul Notifikasi Aneh

Saat mendapati notifikasi seperti “Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon” itu artinya hacker sudah berhasil masuk dan memegang kendali atas aplikasi WhatsApp yang kamu miliki. Misalnya terjadi demikian, tidak banyak hal yang bisa dilakukan. Akan tetapi, kamu bisa menginformasikannya kepada kerabat bahwa WA pribadi sudah tersadap.

5. Mengirim Pesan Tanpa Diketahui

Pernahkah kamu mengalami pesan singkat yang terkirim dengan sendirinya? Sama seperti di ciri nomor empat, kemungkinan besar smartphone milikmu sudah dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengantisipasi WhatsApp Disadap

Fitur Keamanan WhatsApp
Source: WhatsApphelpcenter

Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati! Agar tidak mengalami kejadian di atas, akan lebih baik jika mengantisipasinya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Gunakan Fingerprint Lock

Cara yang paling ampuh untuk terhindar dari peretasan yaitu dengan meningkatkan sistem keamanan yang ada pada aplikasi, salah satu cara yang wajib dilakukan adalah dengan mengaktifkan penguncian sidik jari pada aplikasi. Simak cara dan tahapannya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih simbol titik tiga yang terletak pada bagian kanan atas
  • Kemudian pilih “Setting
  • Pilh “Account
  • Kemudian pilih “Privacy
  • Lalu pilih “Fingerprint Lock” yang berada pada bagian paling bawah

Baca Juga: Cara Cek IMEI iPhone, Pastikan HP Kamu Original Apple!

Aktifkan Fitur Two-step Verification

Agar keamanan aplikasi WhatsApp semakin terjamin, fitur two-step verification bisa menjadi salah satu cara pencegahan yang ampuh. Sistem security ini sering disebut sebagai keamanan ganda yang menggunakan kode PIN untuk membuka akses aplikasi. 

Dengan mengaktifkan fitur ini, saat melakukan log in di perangkat yang berbeda akan muncul pop up untuk memasukan PIN yang telah dibuat. Tentunya untuk menghidupkan fitur keamanan ini tidaklah sulit, ikuti langkah ini:

  • Buka Aplikasi WA
  • Pilih lambang titik tiga yang terdapat pada bagian kanan atas layar
  • Pilih “Setting”
  • Kemudian pilih “Account
  • Lalu pilih “Two-step Verification
  • Kemudian tekan tombol “Enable” pada bagian bawah
  • Masukkan kode PIN yang ingin digunakan
  • Masukkan email sebagai pilihan untuk me-reset password
  • Two-step verification berhasil diaktifkan.

Itu dia beberapa ciri-ciri WhatsApp disadap serta cara untuk mencegah terjadinya peretasan. Untuk mendapatkan sistem keamanan yang lebih maksimal, dapat diwujudkan dengan meng-upgrade smartphone ke versi terbaru.

Kamu bisa membeli ponsel pintar terbaru dengan belanja online di JD.ID. Selain lengkap, seluruh produk yang tersedia juga #DijaminORI. Tak hanya itu, kamu juga bisa lebih hemat dalam berbelanja dengan menggunakan promo yang ditawarkan, diskon potongan harga, cashback, gratis ongkir ke seluruh Indonesia hingga cicilan 0%. Yuk, belanja sekarang!