Begini Cara Melacak Hp yang Hilang dengan Cepat dan Mudah

0
39306
Source: Pixabay

Kehilangan perangkat seperti handphone pasti pernah dialami oleh sebagian orang, untuk itu ada baiknya kamu mengetahui cara melacak hp yang hilang. Dengan mengetahui cara tersebut, kamu bisa memiliki kesempatan tambahan untuk bisa mendapatkan kembali perangkat yang hilang tersebut.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak sebuah handphone yang hilang. Kamu bisa melacaknya menggunakan email ataupun dengan bantuan aplikasi tambahan.

Bagi kamu yang masih bingung cara melacak handphone yang hilang, kamu bisa simak langkah dan cara berikut ini agar lebih mudah dipahami.

Baca Juga: Cara Cek IMEI iPhone, Pastikan HP Kamu Original Apple!

Cara-Cara Melacak Handphone

Source: Suatekno

Kehilangan sebuah perangkat seperti handphone tentunya akan sangat mengkhawatirkan karena didalamnya terdapat banyak data penting. Jadi untuk berjaga-jaga kamu bisa melacak hp yang hilang tersebut dengan langkah dan cara berikut ini.

1. Melacak Hp Menggunakan Email

Cara melacak hp yang hilang bisa kamu lakukan dengan menggunaakn email yang tersambung dengan perangkat yang hilang tersebut. Berikut ini adalah langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Lakukan Login ke akun gmail yang tersambung dengan hp yang hilang dengan menggunakan perangkat lain seperti pc ataupun laptop
  • Klik pada bagian icon titik Sembilan yang terletak pada bagian kanan atas layar
  • Pilih menu “Akun”
  • Lalu pilih “Keamanan”
  • Setelah itu scroll ke bagian “Perangkat Anda”
  • Lalu pilih tombol “Cari perangkat yang hilang”
  • Setelah itu pilih tipe perangkat hp yang hilang tersebut
  • Setelah itu barulah kamu bisa melihat lokasi dari hp yang hilang tersebut

2. Cara Melacak Hp yang Hilang dengan Aplikasi Find My Device

Source: Tribun

Cara mudah untuk melacak hp kamu yang hilang adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi tambahan yaitu “Find My Device”. Aplikasi tersebut bisa kamu download melalui Play Store, dan untuk langkahnya kamu bisa simak berikut ini

  • Pertama, buka aplikasi “Find My Device
  • Pilih “Sign in as Guest
  • Lalu masukkan email dan password yang terhubung ke hp yang hilang
  • Setelah berhasil masuk, kamu bisa langsung mengetahui lokasi dan juga bisa mengamankan file ataupun mengunci perangkat yang hilang tersebut

Cara melacak hp yang hilang ini cukup mudah dan cepat untuk dilakukan dalam keadaan yang darurat. Aplikasi ini bisa membantu melakukan beberapa kegiatan pengamanan seperti membunyikan perangkat, mengamankan perangkat dan juga menghapus data dalam perangkat tersebut.

Baca Juga: Fungsi NFC yang Wajib Kamu Tahu dan Miliki!

3. Cara Melacak Hp yang Hilang dengan IMEI

Source: iNews

IMEI atau International Mobile Equipment adalah tanda pengenal yang pasti dimiliki oleh setiap hp yang beredar di pasaran. Nomor ini adalah nomor unik yang dimana setiap hp memiliki nomor IMEI yang berbeda dan tidak bisa diubah atau dihilangkan. Untuk mengecek nomor IMEI ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai berikut.

  • Pertama, masuk ke menu keypad dan ketik *#06# lalu tekan tombol “call” setelah itu nomor IMEI akan otomatis muncul
  • Kedua, kamu bisa membuka menu “setting” lalu klik “About Phone” Lalu kamu tinggal cari informasi tentang nomor IMEI tersebut.

Ketika terjadi kehilangan hp kamu bisa menggunakan IMEI ini dan meminta bantuan pihan polisi untuk melacak hp kamu dengan nomor IMEI tersebut. atau kamu juga bisa meminta bantuan kepada pihak provider untuk membantu melacak perangkat tersebut.

Itu dia beberapa cara melacak hp yang hilang, semoga dengan cara tersebut bisa membantu kamu untuk menemukan hp kamu yang hilang. Tetapi bagi kamu yang sudah merelakan dan ingin mencari handphone baru yang berkualitas kamu bisa berbelanja di JD.ID

Khusus hari ini kamu bisa menikmati promo khusus perayaan ulang tahun JD.ID yang ke enam. Kamu bisa menikmati promo menarik seperti potongan harga, diskon besar-besaran hingga gratis ongkir tanpa minimum pembelian. Jadi tunggu apa lagi, jangan sampai ketinggalan dan belanja di JD.ID Sekarang