Cara Cek IMEI iPhone, Pastikan HP Kamu Original Apple!

0
834
Cara Cek IMEI iPhone, Pastikan HP Kamu Original Apple!

Smartphone bergengsi yang sudah populer sejak dulu tentu saja iPhone pilihannya. Perusahaan asal Amerika Serikat ini merakit berbagai produknya di China. Sayangnya kini banyak sekali iPhone replika yang mengatakan original Apple. Salah satu cara untuk memastikan iPhone kamu original Apple, kamu bisa menggunakan cara cek IMEI.

iPhone sangat digemari dikalangan masyarakat dikarenakan modelnya yang sangat elegan dan banyak digunakan oleh para sultan Indonesia. Maka tak heran jika gadget ini dijadikan gadget bergengsi kelas atas.

Alasan Banyak Beredarnya iPhone Replika di Indonesia

Keunggulan utama dari iPhone yakni memiliki kualitas produk yang tinggi, dimana bahannya sangat kokoh dan premium, sehingga sangat jarang ditemukannya cacat produk. Selain dari modelnya yang elegan terkesan mahal, keunggulan lainnya yakni performanya.

Chipset yang digunakan iPhone yakni Apple Bionic yang memberikan kinerja sangat cepat. Sistem operasinya pun menggunakan IOS, dengan RAM yang cukup besar, sehingga produk Apple ini terkenal super mulus saat digunakan.

Dapat dikatakan gadget Apple juga lebih aman dibandingkan dengangadget merek lainnya. Hal ini dikarenakan pada App Store tentunya memiliki aplikasi yang cenderung lebih sedikit. Alasannya dikarenakan iPhone lebih selekltif dalam pemilihan aplikasi yang dapat diunduh. Dengan adanya selektif ini tentu saja untuk mencegah masuknya virus yang dapat merusak sistem.

Baca Juga: Cek iPhone Asli atau Palsu, Jangan Sampai Tertipu!

Keunggulan lainnya yakni terdapat pada kamera iPhone. Kualitas foto ataupun video yang dihasilkan iPhone selalu emberikan hasil yang memuaskan dan menjadi perhatian publik. Pasalnya ia mampu memberikan hasil yang sempurna, sangat canggih, dan selalu inovatif.

Nah karena banyak yang mengagumi iPhone ini, tak heran banyak oknum-oknum yang tak bertanggung jawab untuk membuat replikanya hingga kini banyak beredar di pasaran dan mengatasnamakan iPhone Original. Oleh karena itu, pastikan kamu mengeceknya saat hendak membelinya ya.

Cara Cek IMEI dengan Mudah dan Cepat

Cara mengecek yang paling mudah untuk mengecek keoriginalan Apple yakni kode IMEI. untuk mengetahui secara lengkap dalam mengecek IMEI simak bacaan dibawah ini!

1. Temukan IMEI pada Box

IMEI pada Box
Source: Panduanmac

Jika kamu hendak membeli smartphone Apple ini, periksalah terlebih dahulu box iPhone. Pastikan kamu telah menenukan Serial Number dan juga kode IMEI. Namun perhatikan juga lebih seksama, karena kini banyak pula oknum-oknum yang menjual sticker IMEI secara cuma-cuma.

2. Cara Cek IMEI pada Pengaturan iPhone

cek iPhone asli dengan IMEI MEID dan ICCID
Source: Apple

Selanjutnya setelah membuka segel green peel pada box, selanjutnya yakni segera menyalakan iPhone dan mencari aplikasi pengaturan. Berikut langkahnya:

  • Buka Pengaturan lalu klik “General” / “Umum”
  • Selanjutnya klik “About” / “Mengenai”, kemudian kamu akan menemukan “Serial Number” / “Nomor Seri”
  • Scroll kebawah untuk mendapatkan IMEI serta  ICCID

Pastikan Nomor Seri dan kode IMEI yang tertera pada layar sesuai dengan yang tertera pada box iPhone.

3. Temukan IMEI pada Slot SIM dan Fisik iPhone

sim IMEI iPhone
Source: Apple.com
Belkang Smartphone Apple
Source: Apple.com

Tips selanjutnya yakni kamu dapat mengambil SIM ejector dalam box. Gunakan untuk membuka slot SIM card. Kemudian periksalah. Selanjutnya kamu dapat memeriksanya pada Fisik iPhone, pada umumnya terletak di belakang smartphone. Namun ini hanya untuk beberapa tipe iPhone saja.

Baca Juga: Cari Tau Spesifikasi iPhone 13 Sebelum Membelinya!

4. Cara Cek IMEI dengan Website

imei.kemenperin.go.id
Source: imei.kemenperin

Setelah kamu mendapati kode IMEI untuk memastikannya kembali apakah iPhone kamu original Apple kamu dapat mengeceknya pada website imei.kemenperin.go.id. Berikut langkah-langkah yang musti kamu lakukan:

  • Pertama-tama buka papan nomor pada layar iPhone kamu
  • Kemudian, tekan *#06#, nantinya akan muncul 15 angka di layar
  • Catat kode tersebut, lalu kunjungi situs imei.kemenperin.go.id
  • Masukkan 15 angka yang sudah kamu catat tadi
  • Jika iPhone kamu original, maka akan muncul keterangan “IMEI terdaftar di database Kemenperin.”

5. Cara Cek IMEI melalui iTunes dan Finder

Finder iTunes IMEI
Source: Apple.com

Terakhir, kamu dapat melakukan cara cek IMEI iPhone melalui iTunes ataupun Finder. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak caranya dibawah ini:

Mac dengan macOS Catalina 10.15 atau versi lebih baru:

  • Sambungkan iPhone ke Macbook
  • Buka Finder
  • Temukan perangkat iPhone
  • Pastikan Anda berada di tab Umum pada Finder
  • Untuk iPhone, klik Nomor Telepon di bawah nama perangkat atau model perangkat untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID
  • Masukan kode IMEI melalui situs imei.kemenperin.go.id

Mac dengan macOS Mojave atau versi lebih lama, atau menggunakan PC:

  • Sambungkan iPhone ke komputer
  • Buka iTunes
  • Temukan perangkat iPhone
  • Klik tab Ringkasan untuk melihat informasi iPhone
  • Untuk iPhone, klik Nomor Telepon di bawah nama perangkat atau model perangkat untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID
  • Masukan kode IMEI melalui situs imei.kemenperin.go.id

Sungguh mudah dan praktis bukan? Namun untuk menghindari penipuan dalam pembelian iPhone, kamu bisa membeli iPhone di JD.ID atau official store Apple Indonesia. Dengan belanja iPhone di JD.ID pastinya dijamin ori 100%.

promo apple JD ID

Tak hanya itu saja, ada promo diskon melimpah juga yang bisa kamu dapatkan serta adanya layanan pengiriman gratis ongkir ke seluruh Indonesia dengan pengiriman yang cepat dan aman. Soal metode pembayaran pun sangatlah mudah dan terpercaya jadi kamu tak perlu khawatir.