Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Menarik!

0
2347
cara membuat surat lamaran kerja
Source: Unsplash

Bagi para pelamar kerja ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan ketika melamar ke sebuah perusahaan, salah satunya adalah cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Surat lamaran dengan template serta content yang menarik cenderung memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dilirik oleh HRD ataupun recruiter. Dengan begitu peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan idaman juga menjadi lebih besar.

Dokumen pendukung lainnya seperti riwayat hidup, riwayat pendidikan hingga pas foto dan berkas lainnya yang dibutuhkan juga perlu kamu persiapkan dengan baik agar memenuhi kriteria yang diberikan oleh recruiter.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Ngelag yang Ampuh dan Mudah

Membuat surat lamaran yang baik dan benar tentunya bisa kamu dapatkan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Source: Pixabay

Membuat surat lamaran yang benar dan menarik sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, karena struktur dan sistematika penulisannya sudah jelas dan kamu hanya tinggal mengikuti saja. ada beberapa komponen yang harus kamu cantumkan dalam sebuah surat lamaran, berikut penjelasannya.

1. Kepala Surat

Source: Merdeka

Pada bagian kepala surat kamu harus mencantumkan beberapa hal seperti tempat, tanggal, perihal dan kepada siapa surat tersebut akan dituju.

Cara membuat surat lamaran kerja tahap pertama ini harus sangat diperhatikan dan pastikan sebelum menulis kepada siapa surat ini dituju kamu mencantumkan “yang terhormat” baru diikuti dengan nama dan jabatan dari penerima surat tersebut.

Dibawah bagian kepada siapa surat ini dituju kamu juga harus menuliskan alamat lengkap dari perusahaan yang kamu lamar.

2. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja: Kata Pengantar

cara membuat surat lamaran pekerjaan bagian pembuka
Source: Kosngosan

Setelah mengisi bagian kepala surat, langkah kedua adalah membuat kata pengantar atau salam pembuka agar surat lamaran terlihat lebih professional dan berkesan baik.

Penggunaan kata dalam salam pembuka sebaiknya menggunakan Bahasa yang universal seperti “Dengan hormat”, setelah itu barulah kamu menjelaskan tentang informasi lowongan yang sedang kamu lamar.

3. Data Diri

Ilustrasi: Kosngosan

Cara membuat surat lamaran kerja selanjutnya adalah dengan mencantumkan data diri kamu sebagai pelamar. Informasi yang terdapat bagian ini antara lain seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir dan kontak yang bisa dihubungi.

4. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja: Cantumkan Pengalaman Kerja atau Keahlian

cara membuat surat lamaran pekerjaan bagian keahlian
Source: Kosngosan

Setelah mengisi data diri dengan lengkap, setelah itu kamu bisa menjelaskan secara singkat tentang pengalaman kerja yang kamu miliki jika pernah bekerja.

Bagi kamu yang baru lulus atau fresh graduate yang belum memiliki pengalaman, kamu juga bisa menuliskan keahlian yang kamu miliki terkait profesi dan bidang yang kamu lamar.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena pada bagian ini menjadi tolak ukur bagi HRD atau perekrut apakah kamu memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Agar lebih meyakinkan kamu bisa melampirkan beberapa berkas yang dibutuhkan seperti CV, Ijazah, atau surat pengalaman kerja ataupun sertifikat kursus tertentu.

5. Penutup

Bagian terakhir dari cara membuat surat lamaran kerja adalah penutup, pada bagian ini kamu bisa mengutarakan harapan sebagai pelamar kerja agar bisa dipertimbangkan dan mendapat kesempatan untuk menjalani tahap selanjutnya.

Jika pada awal kamu membuka dengan sopan dan juga formal, di bagian penutup kamu juga harus mengucapkan terima kasih kepada HRD karena sudah menyediakan waktu untuk membaca surat lamaran kerja yang dibuat. Jangan lupa juga memberikan tanda tangan dan nama lengkap di bagian bawah tepat setelah bagian penutup.

Baca Juga: Cara Mengganti Password Wifi Termudah, Ini Tutorialnya!

Media untuk Membuat Surat Lamaran Kerja

Source: Kompas

Membuat surat lamaran pekerjaan tentunya membutuhkan media untuk mengetik perihal yang dibutuhkan, untuk itu ada beberapa media yang bisa kamu gunakan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan sebagai berikut.

1. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Canva

Canva merupakan salah satu website desain yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah surat lamaran kerja. Bagi kamu yang gak mau ribet canva juga memiliki beberapa template surat lamaran pekerjaan yang bisa kamu gunakan dan tinggal dirubah kata-kata dan konten tulisannya.

Jika kamu membutuhkan tampilan surat lamaran atau cv yang lebih menarik, kamu juga bisa mendesainnya melalui canva. Hanya saja jika kamu membuat surat lamaran di canva, kamu hanya bisa mendownloadnya dengan format Jpg, atau PDF saja.

2. Word

cara membuat surat lamaran di word
Source: Kompas

Word merupakan salah satu aplikasi yang memang biasa digunakan untuk keperluan mengetik ataupun membuat sebuah dokumen. Cara membuat surat lamaran kerja dengan aplikasi word sangat mudah, kamu bisa langsung membuka program tersebut dan ketik semua informasi terkait surat lamaran yang ingin dibuat.

3. Badan E-Mail

Source: Suara

Membuat surat lamaran kerja yang paling mudah untuk dilakukan ketika sedang  adalah dengan menggunakan email. Sebelum mengirim email untuk melampirkan berkas terkait pekerjaan yang akan dilamar, kamu bisa membuat surat lamaran kerja di bagian badan email.

Dengan mengirimkan surat lamaran kerja dan melampirkan berkas lain yang dibutuhkan dalam satu email akan memudahkan recruiter atau HRD dalam membaca informasi terkait lamaran yang kamu kirimkan.

Nah.. itu dia cara membuat surat lamaran kerja dan juga media yang bisa kamu gunakan untuk membuat semua keperluan tersebut. sebaiknya ketika membuat surat lamaran kamu menggunakan perangkat seperti laptop atau komputer agar tampilannya lebih universal dan juga rapih.

Bagi kamu yang belum memiliki laptop atau sedang mencari laptop, kamu bisa menemukan semua kebutuhan tersebut di JD.ID.

Selain barangnya lengkap dan #DijaminORI kamu juga bisa belanja lebih murah dengan menggunakan promo menarik seperti voucher diskon, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Jangan sampai kelewatan dan belanja di JD.ID sekarang!