Cara Menambah RAM Laptop, Dengan atau Tanpa Slot Tambahan

0
840
Cara Menambah RAM Laptop Anti Ribet, Gak Pake Lama!
Source: Freepik

Random Access Memory atau yang biasa kita kenal dengan RAM merupakan hardware pada suatu perangkat, salah satunya yakni pada laptop. Sayangnya tak semua RAM pada laptop berukuran besar, sehingga bisa membuat kinerja laptop terganggu. Lalu bagaimana cara menambah RAM laptop agar tidak lemot?

Seperti yang kita tahu fungsi RAM sebagai wadah menyimpan segala jenis data saat perangkat tersebut sedang beroperasi. Nah penyebab kapasitas RAM cepat full ini beraneka ragam. Misalnya akibat terdapat permasalahan pada memory RAM, bayak aplikasi yang di download, program antivirus yang terlalu berat, banyak plug in di browser kamu.

Meski demikian bukan berarti tak ada solusinya, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan menambahkan RAM pada laptop lho! Cara menambahnya pun tak sulit kok. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa ikuti beberapa cara dibawah ini.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Ngelag yang Ampuh dan Mudah

Cara Menambah RAM Laptop Dengan Mudah, Cepat, dan Praktis

Terdapat dua cara dalam menambahkan RAM, virtual dan dengan membongkar laptop. Keduanya cara ini sama praktisnya. Tapi pertama-tama kita bahas terlebih dahulu cara menambah RAM laptop dengan virtual.

Tambah RAM dengan Virtual Memory

Cara Menambah RAM dengan Virtual Memory
Source: WinPoin

Cara ini biasa digunakan untuk laptop kamu yang tak memiliki slot RAM tambahan. Nah cara ini bisa jadi alternatif yang tepat juga, jikalau kamu belum bisa membeli memori RAM. Meski sangat disayangkan hal ini akan mengorbankan kapasitas hard disk-mu. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti:

Baca Juga: HDD dan SSD Hardisk Laptop Mana yang Terbaik?

  1. Klik “File Explorer” lalu menuju ke “This PC”  pada layar laptop
  2. Pada bar yang bertuliskan “This PC”, klik kanan dan pilih properties. 
  3. Cari dan klik “advanced system setting”.
  4. Pada tabel “performance options” tekan opsi setting. Lalu klik “advanced” dan cari opsi “change” pada tabel “virtual memory”. 
  5. Uncheck pada tulisan “automatically managing paging size for all drives”.
  6. Kemudian ceklis “custom size” dan tentukan sendiri jumlah yang diinginkan. Untuk pengisian Initial Size (kapasitas RAM x 1,5) sedangkan untuk Maximum Size (kapasitas RAM x 3). Misalnya kapasitas laptop kamu 4 GB, maka Initial Size (4000 MB x 1.5 = 6000MB) dan untuk Maximum Size (4000 MB x 3 = 12000 MB).
  7. Terakhir klik OK dan segera restart laptopmu.

Menambahkan RAM dengan Bongkar Laptop

Cara Menambah RAM dengan Bongkar Laptop
Source: Freepik

Sebenarnya cara menambah RAM laptop dengan cara membongkar itu sangat mudah. Dimana cukup membuka baut di belakang laptop dan mengganti atau menambahkan slot yang ada.

Namun untuk cara yang kedua sebelum melakukan penambahan RAM pada laptop, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Apa aja sih?

1. Pastikan Ada Slot Tambahan dan Tidak Disolder

Tidak semua laptop dapat di tambahkan RAM lho! Kamu harus pastikan bahwa laptop kamu memiliki slot tambahan. Cek juga RAM pada laptop kamu disolder apa tidak.

Jika disolder artinya permanen dan tak dapat kamu ganti ya. Akan tetapi jika ada dua slot dan hanya satu saja yang disolder, artinya kamu bisa tambahkan RAM. Sedikit informasi, jika kamu mengganti atau menambahkan RAM laptop biasanya segel laptop akan rusak, yang berarti garansi bisa hilang.

2. Kapasitas Harus Memadai

Untuk pengisian RAM, sangat dianjurkan untuk menggunakan RAM yang sama pada bawaan laptopnya. Tujuannya agar tidak menimbulkan kerusakan ataupun hal lain yang tidak diinginkan pada performa laptop.

Hal ini berlaku untuk laptop yang memberikan dua slot ya. Satu slot dari bawaan laptopnya dan satu slot lagi yang kosong. Cukup cek saja kapasitas RAM yang sudah terpasang. Rata-rata RAM bawaan pabrik memiliki ukuran 4 GB hingga 8 GB. Bila hendak menambah RAM laptop sendiri, pastikan memasangnya dengan ukuran yang sama.

3. Carilah Jenis dan Merk yang Sama

Cara menambah RAM laptop juga dipengaruhi oleh jenis dan merk RAM ya, dimana kamu wajib menggunakan yang sama. Misalnya RAM bawaan laptop menggunakan jenis DDR4 dengan merk CORSAIR, maka saat menambahkan gunakan yang sama pula.

Itu dia cara menambah RAM laptop, mudah dan praktis bukan? Nah buat kamu yang ingin membeli RAM laptop dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau bisa kamu dapatkan di JD.ID!

Gak cuman terjamin produk original saja, tapi kamu juga bisa dapatkan layanan pengiriman yang cepat, aman, dan gratis ke seluruh Indonesia. Yuk buruan tunggu apalgi upgrade RAM kamu sekarang juga!