Cara Mengatasi Laptop Lemot dari Windows hingga MacBook

0
405
Cara Mengatasi Laptop Lemot dalam 7 Langkah Dijamin Ngebut!- JD.ID
Source: Detik.com

Pernah mengalami laptop lemot saat dinyalakan atau mungkin mengalami freeze dan loading lama ketika akan membuka sesuatu? Kejadian ini bisa sangat menjengkelkan bila sering terjadi. Untuk menghentikannya, kamu bisa menemukan jawaban dari cara mengatasi laptop lemot baik versi Windows 10, 8, 7 hingga MacBook.

Pada laptop yang sudah berusia tua alias dimiliki bertahun-tahun, gangguan ini memang sering ditemukan. Tapi, jangan buru-buru dulu, “melembiru” alias melempar beli yang baru karena melalui tutorial ini kamu akan diajak menemukan solusi dari masalah tersebut. 

Jadi, pastikan pantengin ulasannya hingga akhir!

Cara Mengatasi Laptop Lemot pada Sistem Operasi Windows

Cara Mengatasi Laptop Lemot- JD.ID

Umumnya penurunan kinerja laptop yang lamban pada Windows bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya karena komputer jinjing ini mengalami penuhnya memori RAM sampai terserang virus. Lalu apa jalan keluarnya? Coba ikuti beberapa langkah berikut ini. 

1. Menghapus hard drive yang penuh

Kebiasaan memindahkan file foto dan video ke laptop ternyata tidak cukup bagus lho! Pasalnya dokumen yang terus disimpan akan membuat hard drive atau perangkat penyimpanan menjadi penuh. Tanda-tandanya bisa dilihat saat kamu melakukan pencarian file tertentu, di mana program membutuhkan waktu agak sedikit lama untuk menemukannya.

Cara mengeceknya bisa dilakukan dengan step ini: Buka File Explorer pada laptop, lalu klik kanan di hard drive bawaan Windows yang disebut This PC (C:), pilih properties. Nanti akan terlihat kapasitas file yang sudah digunakan dan sisanya yang kosong.

Sebagai saran, baiknya simpan saja dokumen foto, video atau film kamu melalui hard drive eksternal atau pada perangkat cloud seperti Google Cloud atau iCloud agar laptop tidak lelet. 

2. Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Beberapa aplikasi yang diinstal kerap menyedot memori besar bisa sampai 1 GB bahkan ada yang lebih dari itu. Padahal kapasitas RAM komputernya mungkin hanya 4GB saja, tentu masalah ini akan membuat laptop menjadi lelet karena program yang berjalan menghabiskan semua RAM yang tersisa.

Oleh karena itu, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut jika tidak penting melalui pengaturan Control Panel > Program > Program & Feature. Nantinya akan muncul daftar aplikasi yang bisa kamu hapus dengan mengklik kanan Uninstal aplikasi.

Sebenarnya ada solusi lain jika kamu tidak mau menghilangkan aplikasi tersebut di laptop, yakni dengan cara menambah RAM. Namun, sebelum mengaplikasikannya cek dulu apakah perangkat tersebut sudah mendukung penambahan RAM atau tidak? Yang mana ini bisa dilakukan dengan penambahan slot RAM atau virtual RAM. 

Baca Juga: Cara Menambah RAM Laptop, Dengan atau Tanpa Slot Tambahan

3. Menghapus File Temporary Overload

File temporary overload mengacu pada file sementara yang dipakai ketika sebuah aplikasi sedang berjalan. Nah, jika jumlahnya terlalu besar tentu akan memperlambat laptop. Solusinya adalah dengan menghapus dokumen tersebut dengan cara pergi ke menu Start, lalu ketikkan Disk Clean Up, kemudian pilih Drive yang ingin dibersihkan dan cari file temporary untuk dihapus, terakhir klik OK. 

4. Mengamankan Laptop yang Terserang Virus

Seperti dibocorkan di atas, jika salah satu penyebab laptop lemot adalah virus yang bersarang disistem komputer jinjing. Ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan, contohnya sering menginstal aplikasi bajakan, mengklik iklan saat berselancar internet, sampai perangkat yang tidak dilengkapi antivirus. 

Oleh sebab itu, gunakan antivirus yang original dengan jaminan resmi agar laptop terhindar dari bahaya tersebut. Walaupun harus mengeluarkan kocek, tetapi setidaknya laptopmu akan aman dari virus, dimana salah satu produknya bisa kamu temukan di JD.ID.

Solusi Laptop Lemot untuk Perangkat MacBook

Solusi Laptop Lemot untuk Perangkat MacBook- JD.ID
Source: 9to5toys

Sebagian dari kita mengenal sistem MacBook cukup andal untuk digunakan. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi hal serupa, berupa penurunan kinerja laptop yang lemot. Jika itu sedang kamu alami, mungkin beberapa cara ini bisa membantu.  

1. Melakukan Restart 

Saat MacBook mulai ngadat dengan tidak menyala beberapa detik hingga menit, tidak ada salahnya  melakukan restart atau mulai ulang untuk menghidupkannya. Caranya yaitu dengan menekan tombol daya selama 10 detik kemudian tunggu hingga layar menyala kemudian. 

2. Mengatur Ulang melalui System Management Controller

Melakukan reset system management controller memungkinkan kamu mengatur ulang sistem operasi MacBook ke pengaturan sebelumnya, sehingga program berat yang dijalankan bisa kembali seimbang sesuai kebutuhan. Walaupun begitu, jangan khawatir terhapusnya pengaturan pengguna atau file karena ini tidak akan terjadi.

Caranya cukup mudah, dengan mematikan MacBook lalu charge  laptop tersebut, tekan dan tahan Shift Left + Option + Control + Power selama 10 detik, baru setelah itu nyalakan layar MacBook-mu agar program kembali berjalan lancar. 

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Ngelag yang Ampuh dan Mudah

3. Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Memperbarui MacOS 

Salah satu penyebab MacBook lamban saat dioperasikan adalah sistem program yang dipakai sudah jadul alias zaman dulu. Padahal dengan meng-update program MacOs, ini bisa memberikan perbaikan mengatasi bug dan masalah lainnya. 

Maka dari itu, jangan abaikan notifikasi pembaruan jika muncul di laptopmu. Adapun untuk melakukannya cukup dengan mengklik ikon Apple di atas layar sebelah kiri, klik software update, dan terakhir klik upgrade now. Secara otomatis MacBook-mu akan diperbarui. 

Itu dia tujuh cara mengatasi laptop lemot baik Windows hingga MacBook yang bisa kamu usahakan. Dengan mengetahui penyebab dan solusinya, kamu bisa memperbaiki kemampuan laptop tersebut dari sebelumnya. 

Jangan lupa juga untuk memerhatikan berbagai aplikasi yang kamu instal di laptop terutama hindari program bajakan. Adapun untuk berbagai kebutuhan laptop lainnya yang kamu perlukan seperti antivirus, Microsoft, aksesori laptop, keyboard, layar, hingga perangkatnya sendiri bisa kamu dapatkan di JD.ID. 

Berbagai pilihan produk elektronik laptop tersedia di sini dengan jaminan produk original dan kualitas terbaik. Dapatkan penawaran yang menguntungkan karena JD.ID selalu memberikan berbagai diskon sehingga dibanderol dengan harga terjangkau. Jadi, yuk berbelanja di JD.ID sekarang!