Cara Mengganti Background Zoom di HP dan PC, Gampang!

0
2854
Cara Mengganti Background Zoom di HP dan PC, Gampang!
Foto: baranews.id

Cara mengganti background Zoom ternyata masih banyak dicari orang, terutama mereka yang tidak update dengan perkembangan teknologi. Pasalnya, Zoom sendiri merupakan sebuah aplikasi meeting online yang belakangan ini sedang populer digunakan berbagai kalangan.

Maka dari itu, jangan heran apabila cara mengganti latar aplikasi meeting ini banyak dicari tahu. Walaupun, pada dasarnya cukup mudah dilakukan, karena pengaturannya sudah tersedia di ruang meeting online.

Baca Juga: 2 Cara Mengganti Password WiFi, Mudah dan Cepat!

Lantas, apa saja langkah-langkah yang harus diketahui dan di aplikasi tersebut? Nah, daripada penasaran, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap cara-caranya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Aturan Gambar Background Zoom

Sebelum membahas tentang cara mengganti background Zoom Cloud Meetings, pertama-tama ada baiknya kamu ketahui dulu aturan gambarnya. Kalau dilihat dari laman resmi Zoom, sebenarnya tidak ada batas ukuran tertentu untuk dimensi background yang digunakan.

Akan tetapi, untuk memaksimalkan fungsi gambar, maka kamu perlu menyesuaikannya dengan perangkat yang dipakai. Seperti contoh, kamera yang digunakan disetel ke ukuran 16:9, maka gambar yang kamu pilih sebaiknya berukuran 1280 x 720 piksel atau 1920 x 1080 piksel.

Namun, jika kamu tidak mengetahui pengaturan kamera, maka kamu bisa menggunakan background yang memiliki resolusi minimal, yaitu 1280 x 720 piksel.

Selain itu, apabila kamu menggunakan video background, maka format yang digunakan sebaiknya MP4 atau MOV dengan resolusi minimum 480 x 360 piksel, dan 1920 x 1080 untuk resolusi maksimum.

Cara Mengganti Background Zoom

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui aturan gambar background Zoom, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui cara menggantinya. Saat ini, ada dua cara yang perlu kamu ketahui dan bisa dilakukan, yaitu:

1. Cara Mengganti Background Zoom di HP

Cara Mengganti Background Zoom di HP
Foto: portaljember.pikiran-rakyat.com
  • Unduh dan install aplikasi Zoom di ponsel
  • Jika sudah, buka link Zoom untuk mengikuti meeting, kelas, dan keperluan lainnya
  • Setelah itu, klik More pada ikon titik tiga yang terletak di bagian pojok bawah
  • Untuk kamu pengguna Android, maka bisa klik Virtual Background
  • Sementara bagi pengguna iOS, kamu bisa klik Background and Filters
  • Selanjutnya, klik gambar yang ingin digunakan sebagai background
  • Untuk menambahkan gambar, klik ikon +
  • Setelah selesai, kamu bisa langsung memilih menu Close untuk diarahkan kembali ke ruang meeting, dan background pun sudah terpasang otomatis.

Baca Juga: Cara Download Zoom di Laptop Windows dan Mac, Ini Tutorialnya!

2. Cara Mengganti Background Zoom di PC/Laptop

Cara Mengganti Background Zoom di PC/Laptop
Foto: syaffi.com
  • Unduh dan install aplikasi Zoom di PC/Laptop
  • Jika sudah, buka link Zoom dan login (masuk ke akun yang sudah dimiliki)
  • Pilih menu Profile, lalu klik Settings yang terletak di bagian sudut kanan atas
  • Setelah itu, klik tab Virtual Background di bagian kiri dan centang opsi ‘I Have a Green Screen’
  • Selanjutnya, pilih gambar yang ingin digunakan sebagai latar video Zoom
  • Untuk menambahkan gambar, klik ikon +
  • Apabila rapat online sedang berlangsung dan kamu ingin mengganti background, maka bisa mengklik ikon ‘^’
  • Kemudian, klik Choose Virtual Background, dan nantinya gambar latar yang dipilih akan terpasang otomatis.

Bagaimana, cara mengganti background Zoom sangat mudah kan? Kalau begitu, kamu bisa langsung mencobanya sendiri di rumah saat meeting pekerjaan, maupun rapat organisasi dilangsungkan.

Hanya saja, biasanya terjadi kendala berupa gambar terbalik, akibat sistem mirroring pada Zoom diaktifkan. Sehingga, kamu perlu menggantinya dengan cara klik simbol panah ke atas yang terletak di samping logo video, lalu pilih pengaturan video dan klik bagian ‘Mirror My Video’.

Jika hal itu sudah kamu lakukan dengan benar, maka selanjutnya kamu tinggal memastikan gambar yang digunakan memiliki kualitas dan resolusi besar. Selain itu, jangan lupa juga untuk membeli perangkatnya, seperti notebook atau PC.

Nah, agar proses pembelian berlangsung mudah dan cepat, sebaiknya kamu melakukannya secara online, salah satunya melalui e-commerce terbaik dan terpercaya seperti JD.ID. Karena di sini, pilihan produk yang tersedia banyak dan beragam.

Dengan begitu, kamu bisa memilihnya sesuai keinginan, kebutuhan, dan budget yang ada. Namun, agar lebih hemat kamu bisa membelinya menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan nol persen.

Dengan semua promo tersebut, kegiatan belanja sudah pasti semakin menyenangkan. Terlebih, produk-produk yang dijual juga sudah #DijaminORI, dan kamu juga bisa melakukan pembayaran secara fleksibel, dengan memilih satu metode yang ingin digunakan, baik itu transfer bank, e-money, atau COD.

Bagaimana, benar-benar sangat mudah kan berbelanja di JD.ID? Kalau begitu, tunggu apalagi? Sebelum kehabisan, yuk beli sekarang!