Cek iPhone Asli atau Palsu, Jangan Sampai Tertipu!

0
343
Cek iPhone Asli atau Palsu, Jangan Sampai Tertipu!
Source: Apple

iPhone merupakan salah satu smartphone bergengsi. Tak hanya dari modelnya saja yang berkelas, akan tetapi fitur-fitur yang ada pada iPhone juga sangatlah canggih. Sayangnya banyak oknum yang tidak bertanggung jawab, dimana ia menipu dengan membuat tiruannya. Oleh sebab itu pentingnya kamu cek iPhone yang kamu miliki asli atau palsu.

Banyak sekali replika yang telah beredar dan berhasil meniru smartphone berlogo Apple ini. Sekilas memang mirip dengan aslinya. Maka dari itu kamu wajib cek iPhone yang hendak kamu beli apakah asli atau tiruan. 

Umumnya smartphone replika ini memberikan tawaran harga yang sangat murah dibandingkan dengan yang asli. Namun tak sedikit pula yang menipu memberikan harga setara dengan iPhone original namun rupanya tak asli.

Baca Juga: Cari Tau Spesifikasi iPhone 13 Sebelum Membelinya!

Ini Dia Cara Cek iPhone Asli atau Replika yang Harus Kamu Ketahui agar Tak Tertipu! 

Ada beberapa cara yang bisa membuktikan iPhone kamu asli. Untuk itu ketahuilah beberapa caranya dibawah ini.

1. Temukan Nomor Seri, IMEI, MEID, serta ICCID

cek iPhone asli dengan IMEI MEID dan ICCID
Source: Apple

Untuk menemukan nomor tersebut pelajari langkah-langkah berikut.

  • Buka Pengaturan lalu klik “General” / “Umum”
  • Selanjutnya klik “About” / “Mengenai”, kemudian kamu akan menemukan “Serial Number” / “Nomor Seri”
  • Scroll kebawah untuk mendapatkan IMEI serta  ICCID

Dibeberapa tipe kamu dapat mengecek pada fisik iPhone. Misalnya pada slot SIM card iPhone dan belakang smartphone. Periksa pula pada bagian box iPhone pastikan kamu mendapati nomor IMEI yang sama.

2. Mendukung App Store

App Store
Source: Youtube

Jika iPhone yang kamu miliki asli tentunya akan mendukung aplikasi App Store. Pasalnya aplikasi ini hanya didukung oleh perangkat asli made by Apple saja. Jika smartphone kamu justru mendukung Google Play dapat dipastikan bahwa iPhone kamu replika.

3. iPhone Asli Selalu Gunakan OS

Selanjutnya yakni adanya iOS sebagai sistem operasinya. Untuk mengeceknya kamu dapat ikuti langkah berikut.

  • Masuk ke Pengaturan, lalu klik “About” / “Mengenai”
  • Kemudian lihatlah “Software Version” / “Versi Perangkat Lunak”

4. Periksa Material yang Digunakan

material iPhone
Source: Apple

Kamu bisa periksa berbagai material yang digunakannya. Sangat disarankan untuk melihat, menyentuh, dan melihat berbagai macam aplikasi seperti kamera, pengaturan, dan app store, dan lain sebagainya. Pastikan pula kamu memeriksa secara detail mengenai material yang digunakan, bobot dari tipe yang kamu inginkan, serta kualitas layarnya.

Jika kamu sudah memeriksa hal berikut, kamu dapat compare secara langsung dan cek iPhone tersebut asli atau tiruan. Pada umumnya jika replika akan menggunakan material yang murahan. Bahkan dari segi warna saja, biasanya ada perbedaan.

Baca Juga: Apple Persiapkan iPhone SE 5G Untuk di Luncurkan Maret 2022

Hal yang paling berbeda yakni dari tampilan kamera, karena kamera iPhone memiliki tampilan yang khas dan kamera yang jernih. Tak lupa pula dengan compare kualitas dan ketajaman layar iPhone.

5. iCloud dan Memory External dalam iPhone

icloud iPhone
Source: Apple

Terakhir kamu dapat memeriksa apakah iPhone kamu memiliki dukungan untuk iCloud atau tidak. iCloud yang kamu dapat hanyalah 5GB, akan tetapi kamu dapat menambahnya dengan cara berlangganan untuk menambahkannya.

Sedangkan untuk memory external, iPhone menyediakan storage hanya terdapat 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB saja. Sehingga jika terdapat memory selain itu dapat dipastikan itu bukanlah iPhone yang asli.

Lima cara diatas sudah cukup membuktikan. Nah untuk itu bagi kamu yang hendak membelinya pastikan cek terlebih dahulu iPhone tersebut asli atau tiruan. Apabila kamu membeli secara online sangat disarankan membelinya pada official store atau untuk memastikan jaminan original kamu dapat mengunjungi aplikasi JD.ID.

JD.ID akan memastikan bahwa iPhone yang dijual pada aplikasi ini terbukti 100% original. Gak cuma itu saja dengan berbelanja smartphone di JD.ID kamu juga mendapati berbagai promo diskon spesial yang pastinya memberikan harga yang lebih terjangkau.

promo apple JD ID

Metode pembayarannya pun sangatlah banyak pilihan mulai dari debit, menggunakan kredit dengan cicilan 0%, virtual account, online payment, COD, dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting pengirimannya dijamin aman, cepat, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia!