HDD dan SSD Hardisk Laptop Mana yang Terbaik?

0
4524
hardisk laptop illustration
Source: Pixabay

Berbicara tentang hardisk laptop, kamu pasti pernah merasa bingung sebenarnya apa sih hardisk itu? Bagi kamu yang belum tau hard disk drive atau HDD adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data dalam sebuah laptop. Dengan perangkat tersebut kamu bisa menyimpan berbagai macam file seperti aplikasi, foto, video atau dokumen-dokumen lainnya.

Berbicara tentang hardisk, kamu pasti pernah mendengar tentang jenis hardisk lainnya seperti SSD atau yang biasa disebut Solid State Drive. Perangkat ini memiliki fungsi yang sama seperti hardisk, yaitu berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dalam laptop.

Lalu apa bedanya HDD dan SSD? Untuk hal ini tentunya terdapat beberapa perbedaan antara kedua media penyimpanan tersebut. oleh karena itu kamu perlu mengetahui hal apa saja yang menjadi pembeda, dan hardisk laptop mana yang terbaik untuk dipilih. Berikut penjelasannya.

Perbedaan HDD dan SSD

Dalam memilih sebuah hardisk atau tempat penyimpanan pada laptop, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Untuk bisa memilih antara HDD dan SSD kamu perlu mengetahui perbedaan antara kedua perangkat tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Perbedaan HDD dan SSD: Cara Kerjanya

Source: Pixabay

Perbedaan yang menonjol dari kedua hardisk laptop ini adalah cara kerjanya, yang dimana HDD menggunakan cakram sedangkan SSD menggunakan chip. Dengan kata lain HDD masih memproses data dengan sistem mekanik yang memiliki jeda setiap pemprosesan data. Sedangkan SSD pemprosesan datanya sudah menggunakan sistem digital sehingga tidak ada jeda dalam memproses sebuah data.

2. Perbedaan Hardisk Laptop HDD dan SSD: Kecepatan Proses Data

Source: Pixabay

Pada aspek yang pertama kamu sudah mengetahui bahwa HDD memiliki cara kerja yang cukup tertinggal dari SSD. Sama halnya dengan perbedaan yang kedua ini dimana SSD memiliki pemprosesan data yang 25 hingga 50 kali lebih cepat dibandingkan HDD. Dengan demikian SSD dapat memproses data dengan cepat, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama ketika sedang membuka program dalam laptop.

3. Perbedaan HDD dan SSD: Konsumsi Energi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa hardisk laptop SSD menggunakan chip untuk memproses berbagai macam data. Dengan begitu kegiatan proses data yang dilakukan SSD tidak membutuhkan daya listrik yang terlalu besar.

Seperti yang sudah disebutkan juga bahwa HDD menggunakan sistem mekanik dan memiliki piringan yang harus berputar untuk memproses data. Oleh karena itu HDD membutuhkan daya yang lebih besar untuk memutar piringan yang ada agar semua data bisa di proses.

4. Perbedaan HDD dan SSD: Perbedaan Kapasitas

Hardisk Laptop Comparation
Source: Kingston.com

Perbedaan yang ke empat adalah dari segi kapasitas, yang dimana HDD memiliki kapasitas paling kecil sebesar 500GB dan ukuran yang paling besar sekitar 2TB. Sedangkan SSD hanya memiliki kapasitas sekitar 128GB hingga 512GB.

5. Perbedaan Hardisk Laptop HDD dan SSD: Dari Segi Harga

Jika membandingkan soal harga, dengan harga kisaran 1jutaan kamu bisa mendapatkan HDD dengan kapasitas 1TB. Sedangkan dengan budget yang sama kamu hanya bisa mendapatkan SSD dengan kapasitas 500GB saja.

Kesimpulannya kamu bisa mendapatkan kenyaman yang lebih ketika menggunakan SSD, tetapi kamu harus mengeluarkan budget sedikit lebih besar. Sedangkan untuk hardisk laptop HDD kamu bisa menikmati kapasitas yang super luas dengan harga yang cukup terjangkau.

Apa pun media penyimpanan yang akan kamu pilih, kamu harus tetap waspada ketika membeli alat elektronik seperti hardisk. Untuk mendapatkan barang yang berkualitas dan terjamin originalitasnya kamu bisa berbelanja secara online di JD.ID. disini kamu bisa menikmati berbagai macam promo menarik yang ada setiap harinya. Kamu bisa menikmati gratis ongkir keseluruh Indonesia dan juga rasakan mudahnya bertransaksi dengan berbagai macam pilihan metode pembayaran. Dengan JD.ID semua kegiatan belanja kamu menjadi lebih mudah, jadi tunggu apa lagi? Belanja sekarang!