Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Ngelag yang Ampuh dan Mudah

0
2557
cara mengatasi laptop ngelag
Source: Orami

Laptop yang lemot atau ngelag adalah masalah yang cukup serius bagi para penggunanya, oleh karena itu ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop ngelag. Lagging atau lemot adalah sebutan untuk perangkat yang memiliki respon atau waktu loading yang lama.

Masalah tersebut tentunya akan sangat mengganggu pola kerja dan aktivitas yang sedang dilakukan, dan terkadang membuat waktu pengerjaan jadi lebih lama.

Laptop yang ngelag disebabkan oleh banyak faktor seperti debu yang menumpuk, usia, dan juga cara penggunaanya. untuk itu simak penjelasan berikut ini tentang cara mengatasi laptop ngelag yang ampuh dan mudah untuk dilakukan.

Cara Mengatasi Laptop Ngelag atau Lemot

Laptop yang sudah berumur biasanya akan mengalami penurunan performa atau ngelag ketika digunakan. untuk itu kamu bisa melakukan beberapa kegiatan berikut ini untuk mengatasi laptop yang ngelag.

1. Gunakan Aplikasi yang Sesuai dengan Spesifikasi

Source: Tekno Kompas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop ngelag adalah dengan mendownload atau menggunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. itulah sebabnya ketika membeli sebuah laptop ada baiknya kamu mengetahui kebutuhan dan menyesuaikan laptop dengan kebutuhan tersebut.

2. Cara Mengatasi Laptop Ngelag dengan Menggunakan Antivirus

cara mengatasi laptop ngelag dengan antivirus
Source: Banten News

Salah satu penyebab laptop ngelag biasanya disebabkan oleh virus yang menempel di dalam sistem laptop kamu. untuk mencegah penurunan performa tersebut, sebaiknya kamu menggunakan antivirus yang bagus agar terhindar dari virus.

Setelah mendownload antivirus, kamu juga harus rutin melakukan inspeksi dan melakukan update agar antivirus tersebut bisa mendeteksi virus yang menyerang.

3. Menghapus atau Uninstall Program atau Aplikasi yang Tidak Digunakan

Source: TrickiKnow

Menginstall atau mengunduh aplikasi yang banyak akan membuat kapasitas memory laptop mu menjadi menurun dan mengakibatkan laptop menjadi lemot dan sering mengalami ngelag ketika digunakan.

Cara mengatasi laptop ngelag yang diakibatkan oleh penuhnya memory penyimpanan adalah dengan menghapus program yang sudah tidak terpakai. Dengan kapasitas penyimpanan yang lega, laptop akan mampu membaca dan memproses data lebih cepat.

4. Cara Mengatasi Laptop Ngelag dengan Melakukan Pembersihan Rutin

Source: Harapan Rakyat

Laptop yang sering digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama biasanya akan mengalami penurunan performa karena banyak kotoran yang menumpuk. Kotoran yang menumpuk tersebut akan mengakibatkan terhambatnya udara untuk masuk ke dalam mesin.

Oleh karena itu sebaiknya kamu melakukan pembersihan atau service laptop minimal satu bulan satu kali. Dengan kondisi laptop yang bersih semua komponen yang terdapat di dalamnya bisa bekerja dengan optimal.

5. Gunakan Cooling Pad untuk Airflow yang Maksimal

Source: Jalan Tikus

Suhu laptop yang panas akan mempengaruhi kinerja dan performa yang dilakukan oleh laptop. untuk itu kamu perlu menggunakan bantuan cooling pad agar bagian mesin laptop bisa mendapatkan udara yang lebih maksimal.

Itu dia cara yang bisa kamu lakukan ketika laptopmu ngelag ataupun lemot. Cara-cara tersebut cukup mudah dilakukan oleh semua kalangan, sehingga kalian semua bisa mendapatkan performa laptop yang lebih baik. selain itu bagi kamu yang sedang mencari laptop pengganti, kamu bisa mencarinya dengan berbelanja online di JD.ID

Selain menawarkan produk yang #DijaminORI kamu juga bisa menikmati berbagai macam promo menarik seperti potongan harga hingga gratis ongkir. Masalah metode pembayaranya, kamu tidak perlu takut karena disini menyediakan berbagai macam metode pembayaran mulai dari transfer antar bank hingga COD. Nikmati keseruan berbelanja di JD.ID Sekarang.