Jangan Takut dan Larang Saat Anak Bermain Gawai, ini Alasannya

0
357

Kecanduan gadget atau gawai menjadi masalah yang banyak terjadi pada anak di era digital seperti saat ini. Sebagian orangtua berpikir untuk menjauhkan anak dari gadget. Namun ternyata, itu bukanlah solusi pencegahan yang tepat. Memberikan instruksi untuk menghindari gadget di era seperti sekarang ini adalah hal yang tidak mungkin. Hal ini didukung oleh sejumlah penelitian bahwa anak-anak di era digital memang tak bisa dipisahkan dari gadget.

Sebab, mereka memerlukannya untuk belajar menyelesaikan berbagai tantangan kehidupan. Akhirnya ada riset-riset pengembangan bagaimana caranya untuk meng-utilize (memanfaatkan) gadget. Jadi kalau kita halang-halangi (dari gadget), justru kita menghambat kemampuan anak untuk tumbuh secara adaptif.

Adaptif di sini artinya adalah mengatasi berbagai tantangan di usianya dengan memanfaatkan gadget. Alih-alih melarang, orangtua sebaiknya melakukan pendampingan dan memastikan anak menggunakan gadget sesuai tahapan perkembangannya. Setiap usia punya tahapan dan batasan yang berbeda Misalnya, mengenal berbagai macam warna dan bentuk berbeda hingga belajar mengikuti gerakan di layar.

Sementara ketika berusia 3-5 tahun, anak sudah mulai bisa diajarkan berkreasi, seperti menggambar, melalui gadget mereka. Fungsi gadget di usia ini pun bertambah dengan fungsi hiburan. Misalnya, dengan menonton video dan bermain games. Namun, orangtua harus tetap melakukan pendampingan dan membatasi waktu layarnya. Batasan yang dianjurkan oleh American Psychological Association (APA) bahwa waktu gadget anak sebaiknya tak lebih dari satu jam sehari.

Baru-baru ini Huawei juga memperkenalkan MatePad T10 Kids Edition, tablet ramah anak yang diklaim dapat mendukung pembelajaran online anak secara optimal. Sebab, berdasarkan data Badan Pusat Statistik per Desember 2020, sekitar 29 persen anak usia dini sudah menggunakan ponsel pintar selama tiga bulan terakhir, 25,9 persen adalah anak usia 1-4 tahun dan 47,7 persen anak usia 5-6 tahun.

Memilih tablet yang didesain khusus untuk anak dapat membantu mengurangi dampak penggunaan gadget terhadap fisik dan mental anak. HUAWEI MatePad T10 Kids Edition dilengkapi dengan fitur Kids Corner dan Parental Assistant untuk memastikan lingkungan gadget yang aman dan sehat bagi anak.

Tablet ini juga memiliki fitur pelindung mata yang diklaim mampu secara efektif menyaring sinar biru berbahaya dan mencegah kelelahan. Fitur lainnya adalah Posture Alert dan Bumpy Road Alerts yang akan mengingatkan anak untuk membiasakan diri menjaga posisi dan mata secara lebih baik, serta fitur-fitur lainnya.

Dapatkan segera HUAWEI MatePad T10 Kids Edition secara mudah dan tentunya eksklusif hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here