Kartu SD Tidak Terbaca? Jangan Panik, Begini Solusinya

0
10441
Kartu SD Tidak Terbaca? Jangan Panik, Begini Solusinya-JD.ID
Source: Detik.com

Kartu SD tidak terbaca kerap menjadi masalah yang sering dijumpai ketika akan menggunakan kamera pocket atau DSLR. Pasalnya tidak ada kamera yang dilengkapi memori internal, sehingga kehadiran kartu SD sangat membantu untuk menaruh hasil jepretan kamera.

Biasanya jika kartu SD tidak terbaca akan muncul notifikasi ini,’Card can’t be accessed. Reinsert / Change the card or format card with camera’. Jika sudah begini pasti Sahabat JD sedikit was-was karena khawatir semua file foto hilang di kartu SD.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ya? Tenang saja, kamu bisa mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini terkait masalah yang dihadapi.

Apa itu kartu SD?

Apa itu kartu SD untuk kamera- JD.ID
Source: Gamebrott.com

Kartu SD atau singkatan dari Secure Digital Card (SD Card) merupakan media penyimpanan eksternal yang digunakan oleh perangkat kamera yang disebut juga dengan kartu memori.

Sebagian besar dari kamu pasti sudah familiar dengan kartu memori, karena ini tidak hanya ada di kamera saja, tapi juga sering disematkan di smartphone. Bedanya kartu memori smartphone bentuknya kecil yang sering disebut micro SD.

Sementara SD Card adalah bentuk kartu memori paling besar dengan ukuran sekitar 24 mm x 32 mm x 2,1 mm. Umumnya digunakan sebagai media penyimpanan untuk kamera pocket, mirroless, DSLR, hingga drone. Beberapa merek Kartu SD yang cukup terkenal seperti Sandisk, Trandscend, V-Gen dan sebagainya.

Baca Juga: Tertarik membeli kamera mirrorless? Yuk ketahui dulu kekurangan hingga kelebihannya

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca 

Cara mengatasi kartu SD tidak terbaca dengan beberapa langkah mudah- JD.ID
Source: Easeus.com

Mengingat pentingnya kartu ini dalam pemakaian kamera, sehingga bila terjadi masalah khawatir semua hasil foto dan videomu harus di format ulang. Yang artinya semua file akan hilang.

Namun, sebelum mengambil langkah tersebut beberapa cara ini mungkin bisa membantu memperbaiki kartu SD yang bermasalah.

1. Menghapus file corrupt

Ada banyak penyebab kartu SD tidak terbaca, salah satunya karena ukuran file rusak atau corrupt. Agar tidak merusak file lainnya sebaiknya hapus file ini bila menemukan notifikasi data atau pesan error pada salah satu file yang kamu klik.

2. Membersihkan konektor kartu SD yang kotor

Konektor SD Card yang berwarna kuning (lempengan kuningan) ternyata bisa kotor apabila pemakaian cukup sering. Masalah ini yang bisa membuat media tersebut tidak terbaca sama sekali.

Oleh karena itu, solusinya adalah bersihkan bagian konektor ini menggunakan tisu kering lalu setel ulang ke kamera.

3. Kartu SD tidak terbaca karena slot kamera telah rusak

Tidak melulu karena kartu SD yang bermasalah, SD Card tidak terbaca juga bisa karena slot kameranya telah rusak atau aus. Penyebabnya bisa terjadi karena kamera sudah cukup tua atau mengalami kerusakan di dalamnya. Jika begitu, coba pindahkan kartu SD ke kamera lain untuk melihat bagaimana responnya.

4. Cek SD Card di komputer

Jika beberapa langkah di atas tidak kunjung berhasil, coba deh kamu cek kartu SD kamu di laptop dengan menyambungkan menggunakan card reader. Kemudian ikuti langkah berikut:

  • Buka Windows Explorer, lalu pilih file Explorer
  • Klik kanan pada drive SD Card lalu pilih properties
  • Klik Check Now
  • Ceklis kolom yang bertuliskan ‘automatically fix systems errors’
  • Pilih scan for and attempt recovery of bad sector, kemudian klik start sampai proses scan selesai

Baca Juga: Cocok dimiliki, rekomendasi kamera murah yang mantul untuk travelling

5. Periksa ke layanan garansi

Kartu SD yang sering dipindahkan dari kamera ke media lain, atau dari sering dipakai memang rentan rusak. Terutama bagian lempeng kuningnya. Jika masih terbilang baru, biasanya kartu SD tersebut masih bisa diklaim garansi.

Kamu bisa mengecek kerusakannya langsung ke layanan servis resmi agar lebih jelas. Biasanya ini layanan garansi resmi akan mengusahakan agar file bisa kembali dengan utuh.

Tips Penggunaan Kartu SD Agar Tidak Bermasalah

Tips menggunakan kartu SD agar bisa menghindari masalah tidak terbaca- JD.ID
Source: Windowsreport

Supaya kamu bisa menghindari berbagai masalah pada kartu SD seperti di atas, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini.

  • Gunakan cara copy paste saat memindahkan file SD Card ke laptop bukan dengan cara cut paste.
  • Lebih dianjurkan menggunakan card reader saat memindahkan file kartu SD ke laptop dibanding dengan kabel data.
  • Jangan pernah mencabut secara tiba-tiba kartu SD di kamera pada saat sedang digunakan, khawatir ini merusak media tersebut.

Itulah beberapa hal penting sekaligus cara memperbaiki kartu SD tidak terbaca. Semoga dengan solusi di atas, media penyimpanan-mu tidak memiliki masalah yang serius.

Adapun jika kamu ingin membeli kartu SD atau memory card yang baru sebagai cadangan, kamu bisa dengan mudah menemukan produknya di JD.ID. Di sini tersedia berbagai pilihan kartu SD untuk kamera dari Sandisk, V-Gen hingga Trandscend yang bisa kamu beli dengan berbagai kapasitas yang bisa didapatkan.

Selain itu, JD.ID juga menjual beragam aksesories kamera lainnya berupa lensa kamera, kamera DLSR, kamera miroless dan lain-lain. Yuk belanja sekarang di JD.ID dan dapatkan jaminan barang original dengan kualitas terbaik dan harga yang lebih bersahabat!